5 Situs Belanja untuk Pecinta Buku

By Miyosi Ariefiansyah - December 17, 2018

Gramedia online, gramedia digital


Adakah yang berpikir beli buku enggak kalah pentingnya dengan beli baju? Atau bahkan, ada yang enggak masalah bajunya itu-itu aja yang penting bisa beli buku? Teman-teman termasuk tim yang mana? Apa pun itu, yang jelas siapa pun yang sukaa baca pasti sepakat kalau membeli buku "hukumnya" wajib, lebih-lebih bagi yang berprofesi sebagai penulis.

Itu sebabnya, toko buku online, selain belanja di offline juga, seolah menjadi bagian tak terpisahkan. Saya pun cukup akrab dengan 5 situs belanja buku online ini. Apa saja? Jangan-jangan kita sama.

1. Bukukita.Com
2. PalasariOnline.Com
3. Gramedia.Com

Poin 1 - 3 ini punya beberapa kesamaan:

1. Banyak diskon, tinggal rajin-rajin nengok aja
2. Responnya cepat
3. Ada konfirmasi pembayaran yang kita lakukan via email

Konfirmasi dari bukukita

Konfirmasi dari Palasari

Konfirmasi dari Gramedia Online

4. Untuk pembayarannya sendiri ada beberapa metode, kalau saya selalu pakai sms banking
5. Lumayan banyak buku yang udah enggak ada di toko buku fisik, di mereka adaa, termasuk... buku saya 🤣 (ealah ujung-ujungnya modus) 😁

Beberapa buku saya di bukukita

Beberapa buku saya di palasari

Buku saya di Gramedia Online


Tapii, sejak jadi nomaden mengikuti dinas suami, jujur aja saya jadi rada malas belanja buku fisik. Saat pindahan benar-benar rempong. Kerasa banget pas kemarin pindah dari Balikpapan. Apalagi, kalau bukunya banyaak. 😂 Kenapa enggak didonasikan? Udah adaa kok pos untuk donasi buku. Tenang saja. 😂 Beberapa buku saya (banyak sih sebenarnya) bahkan masih ada yang di Cikarang Pusat (Deltamas). Sedih banget rasanya berpisah sama mereka. Kami ada rencana menjual rumah di sana plus isinya, kecualii... buku plus keyboard (Ada yang berminat? Yang serius boleh email, yaa. Udah tercantum kan email saya di sisi kanan blog ini. Harga bisa dinego, kok. Maaf, jadi promosi terselubung gini. LOL). Dua item tsb akan kami ambil dan letakkan di rumah sini (Beji, Batu). Selanjutnya, saya akan sangat mengurangi belanja buku fisik di tempat perantauan dan lebih memilih beli buku elektronik LEGAL. Sebenarnya, hal ini sudah saya mulai sejak meninggalkan Balikpapan. Itu sebabny, saya akan lebih banyak membicarakan poin 4 dan 5.


4. Gramedia Digital

Ini FAVORIT bangettt... bangett... bangett. Hahahah. Harus berkali-kali nulisnya biar afdol. Duluuu, Gramedia Digital ini bernama Scoop. Pasti udah pada familiar. Yekan.

Yang paling saya sukaa darinyaa adalah... hanya dengan bayar Rp89.000 per bulan, kita sudah bisa download ebook sampai pegel. Nama programnya "premiumm". Lumayan baangett, nggak. Buat saya sih, iyaa. Bayangin aja kalau kita harus beli buku fisik. Berapa duit yang harus kita keluarkan. Meski di sisi ini, saya kok jadi merasa iba ya sama penulis karena royalti dari ebook ini jadi dikit, termasuk iba sama saya sendiri. Nulis buku itu enggak gampang. Butuh mikir, riset, dll. Belum lagi masalah harus sabar nunggu kabar dari penerbit yang kadang jauh lebih lama daripada nunggu jodoh. Maaf, jadi curhat.

Ehh, tapi tenang yaa, semua ebook yang dijual di sini LEGAL. Jadi enggak usah merasa bersalah sebegitunya juga sama penulis karena mereka pasti ada rezeki dari arah yang enggak terduga. Pengalaman pribadi saya sebagai penulis sih gitu dan saya yakin enggak hanya saya aja yang gini. Dan lagi, masih banyak kok yang enggak suka baca ebook dan lebih suka baca buku secara fisik. Masih baanyaak. :)

Oh iyaa, bedanya gramedia online (poin nomor 3) sama gramedia digital (poin nomor 4) ini apa? Mungkin masih ada yang nanya gitu. Ehm, sudah jelas terpampang nyataa: gramon jualan buku fisik tapi belinya secara online, gramdig jualan ebook yang dibeli secara digital alias online jugaa.

Jika kelebihan pertama, ada di masalah program premiumnya, maka kelebihan kedua dari gramedia digital yang aplikasinya bisa di-download di playstore ini adalah... bayarnya bisa pakai pulsa. Lebih enggak ribet lagi kalau menurut saya.

Tergoda? :)

Buku saya versi digital


5. Play Book-nya Google Play

Kalau ini udah pada tahu, kaan. Di semua HP android pasti ada yang namanya Play Book.

Jadii, selain beli ebook di gramdig, saya juga suka beli ebook di google play.

Kelebihannyaa? Ada contoh 10 - 20 halaman dari buku yang akan kita beli. Kalau sekiranya tertarik ya bisa lanjut beli. Kalau enggak, ya udah. Xixixi. Enakk, kaan. Kelebihan lain, di sini ada ebook gratisnya jugaa. Wiiihh, makin manja, dehh.

Buku saya di Google Play


Nahh, itu tadi kelima situs belanja buku online yang biasanya saya gunakan. Nomor 4 dan 5, FAVORIT bangett. Teman-teman sendiri, gimana? Mau dong rekomendasi situs belanja buku online kerenn yang lain. Xixixi. Makasihh, yaa.


  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. kak gramedia digital harus pakai kredit card sekarang :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan memperpanjang status premium 89rb
      Iyaa mbaaa
      T_T
      Pdhl bln kmaren msh bisa pulsa T_T
      Kagett
      Makasih infony mb
      Nanti aku edit tulisanku

      Delete
    2. Di gugelplay orang2 pada komplen bayarny pake CC trus pada error pulaa
      Huhuhu moga2 balik lagi

      Delete
  2. Wah.. terima kasih banyak rekomendasinya mbak.. selama ini saya barunya Books and Beyond aja. Belum yang lainnya. Hihi.. love banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka books and beyond mbaa tp versi yg tobuk fisikk sm periplus 😁

      Delete