Menulis di 111 Situs Ini Memberimu Keuntungan, Salah Satunya Uang

By Miyosi Ariefiansyah - July 31, 2018

Menulis di 111 Situs Ini Memberimu Keuntungan, Salah Satunya Uang


Zaman sekarang, kita enggak cuma bisa nonton TV atau baca koran saja untuk bisa tahu informasi terkini, entah itu yang sifatnya penting atau sekadar gosip receh. Cukup pantengin media sosial atau media online, segalanya ada. Ketika pengin tips tertentu, misal pengin tahu resep cantik alami dari dalam, cukup gugling, maka dalam waktu kurang dari semenit -dengan asumsi kalau koneksi internetnya cepat-, akan tersedia beragam situs yang siap menjawab semua kegalauan kita. 

Selain berbagai macam media sosial, kita mungkin sudah enggak asing lagi kan dengan media online seperti Idntimes, Brilio, sampai lambeturah (eh ini bukan, sih). Mereka adalah beberapa di antara sekiaaann baanyaak media online yang ada di Indonesia yang memberikan kontribusi informasi pada pembaca, salah satunya mungkin kita.

Jika dulu atau selama ini, kita mungkin hanya sebagai pengguna pasif, dalam artian cuma jadi pembaca aja, sekarang kita bisa ikut menjadi bagian di dalamnya. Kita bisa menjadi pengguna aktif alias penulisnya atau istilah lainnya.. kontributor. Kita bisa menulis untuk berbagi informasi dan mendapatkan bonus yang bisa berupa uang atau hal lain.

Nah, dari hasil pantauan saya beberapa waktu belakangan ini (edisi niat), ada sekitar 111 situs bahasa Indonesia dari berbagai bidang yang bisa kita coba. Memang, tidak semua situs tersebut memberikan bonus berupa uang, ada yang berupa merchandise atau yang lain.

Apa saja? Langsung aja, ya. Ini dia... mereka.... (plus link untuk gabung)

  1. Tripcanvas. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan traveling, perjalanan, dan hal-hal seputar keindahan wisata Indonesia. Kita bisa menawar berapa kompensasi yang ingin kita dapatkan. 
  2. Traveloka. Jika memiliki tulisan seputar perjalanan yang enggak biasa dan menyenangkan, kita bisa mengirimkannya ke sini. Kontributor mendapatkan bayaran untuk setiap tulisan yang dimuat.
  3. Traveler. Bagi yang hobi traveling dan punya banyak informasi mengenai kuliner, budaya, dan hal apa pun tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi, bisa menjadi kontributor di situs ini. Kontributor akan mendapatkan fee. Namun sebelum bergabung, calon kontributor akan di-review terlebih dahulu.
  4. Melalay. Menerima tulisan seputar wisata, perjalanan, budaya, dan hal-hal yang berhubungan dengan itu. Untuk setiap artikel yang dimuat akan mendapat fee plus bonus berdasarkan page view.
  5. Jalanbareng. Pernah melakukan perjalanan seru bareng teman atau keluarga kan ya pastinya. Nah, kita bisa menceritakan pengalaman seru tersebut di situs ini.  Dan, untuk setiap tulisan yang dimuat, akan diberikan kompensasi.
  6. Mataarah. Menerima tulisan jalan-jalan baik dalam maupun luar. Tulisan dibayarkan per view.
  7. HolidayisLombok. Sesuai namanya, tulisan yang diterima tentu yang berhubungan dengan Lombok. Kontributor tidak langsung diberikan fee untuk setiap tulisan yang dimuat, namun berhak ikut undian untuk mendapatkan hadiah setiap bulannya. Selain itu, kontributor juga mendapat kesempatan untuk meliput kegiatan yang diadakan situs ini.
  8. Dolanyuk. Menerima tulisan yang berhubungan dengan promosi tempat wisata atau perjalanan menuju tempat wisata. Kontributor dibayar per tulisan yang dimuat.
  9. Phinemo. Berbeda dengan situs serupa lainnya, situs ini menerima tulisan khusus yang membahas tentang daerah. Entah itu wisata lokal, makanan khas, event di daerah, atau hal-hal yang berhubungan dengan itu. Kontributor tidak mendapat fee, namun merchandise menarik setelah menulis minimal 5 artikel.
  10. Travelingyuk. Menerima tulisan yang berhubungan dengan wisata atau promosi tempat wisata.
  11. Ted Wego Indonesia
  12. Airport. Kontributor dibayar sesuai jumlah kata. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan bandara, traveling, dan eksplore Indonesia.
  13. Mongabay. Kontributor dibagi dua: resmi dan lepas. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan lingkungan. Kontributor, baik resmi maupun lepas, akan mendapatkan fee untuk setiap artikel yang dimuat dengan penghitungan per kata.
  14. Paktani Digital. Sesuai namanya, situs ini berisi informasi seputar pertanian. Untuk setiap artikel yang dipublikasikan akan diberikan bayaran sejumlah tertentu.
  15. Zonkeu. Website seputar keuangan, investasi, manajemen, dan yang sejenis. Artikel yang dimuat mendapat honor.
  16. Agen Asuransi. Situs ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan asuransi. Fee diberikan berdasarkan jumlah kata.
  17. Abisnis. Menyediakan informasi seputar ekonomi, gaya hidup, fotografi, teknologi, otomotif, dan pendidikan. Kontributor mendapatkan fee.
  18. Portal berita buku. Website seputar dunia kepenulisan. Kontributor bisa mengirimkan karya berupa esai, opini, resensi, fiksi, kisah inspirasi, dan tokoh. Untuk setiap artikel yang tayang akan ada fee.
  19. ResensiWebsite khusus review buku. Penulisnya dibagi tiga kategori: kontributor (jika meresensi 1 - 10 buku), tidak mendapat honor; resentor (jika meresensi 11 - 100 buku), dapat honor; dan editor/penulis tetap (jika meresensi 100 - 1000 buku), dapat honor & bukunya akan diterbitkan oleh Resensi Press. Untuk mengirim karya, bisa melalui email resensiinstitute@gmail.com.
  20. Kertasbuku. Membahas tentang hal-hal seputar buku dan penulisan. Kontributornya dapat honor. Jika ingin bergabung, kita bisa menghubungi WA 082138893127.
  21. Karepe. Berisi seputar resensi buku dan film. Kontributornya mendapatkan honor.
  22. Obetu. Menerima tulisan tentang review toko online dan jasa online.
  23. Ultima Music Indonesia. Membahas tentang musik dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Kontributor tidak mendapatkan honor, tapi souvenir. Karya bisa dikirim melalui info@multimamusicindonesia.com.
  24. The Inigo
  25. Nyonthong. Ingin mengirimkan cerita dalam bahasa Jawa, tapi enggak tahu ke mana? Coba saja ke Nyonthong yang menerima karya fiksi enggak hanya yang berbahasa Indonesia, tapi juga bahasa Jawa. Kontributornya dapat honor.
  26. Storial. Di sini, kita bisa menjual cerita per bab. 
  27. LiniFiksi. Menerima puisi dan fiksi mini. Kontributor yang tulisannya dimuat akan mendapatkan honor.
  28. Basabasi
  29. Mojok
  30. Animelovers. Pecinta anime, game, manga, atau segala sesuatu tentang Jepang bisa menyalurkan hobinya tersebut dengan menjadi kontributor di sini. Sistem fee-nya adalah dengan bagi hasil.
  31. Japanese station. Menerima tulisan seputar Jepang. Kontributornya dapat honor.
  32. IdHarvest. Menerima tulisan seputar game, utamanya sih tentang Harvestmoon (jadi ingat masa lalu). Kontributornya dapat uang.
  33. Kotak game. Menerima tulisan yang berhubungan dengan game, HP, PC, tekno, dan hal-hal yang berkaitan. Kontributor harus mendaftar dulu untuk kemudian diseleksi.
  34. Duniaku. Menerima tulisan tentang game, Jepang, anime, manga, dan hal-hal yang berkaitan. Kontributor akan dibayar per artikel.
  35. Bukugue. Website yang membahas seputar media sosial untuk awam. Kontributornya dapat fee. 
  36. Revival TV. Menerima segala macam tulisan yang berhubungan esport dan game. Kontributor akan mendapatkan bayaran. Dan jika dianggap mumpuni, kontributor bisa diangkat menjadi penulis tetap.
  37. Jalan Tikus. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan teknologi, gadget, dan seputar itu.
  38. Klikmania
  39. Zonamania
  40. UcNews. Kontributor yang bergabung di sini di bagi dua: pemula dan lanjutan. 
  41. Kaskus kreator.
  42. Brilio 
  43. Nulis
  44. Ceritakita. Di sini, kontributor dibagi menjadi empat jenjang: junior, kontributor, senior, dan co-editor. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan remaja.
  45. Kolom detik
  46. The Smarter Way by Shopback
  47. Idntimes
  48. Isigood
  49. Doripos
  50. Voxpop
  51. Takaitu
  52. Vebma
  53. Plukme
  54. Meltik
  55. Antvklik
  56. Remotivi
  57. Ofiskita
  58. Indovoices
  59. Geotimes
  60. Maxnyoos
  61. Beautynesia
  62. Spicee
  63. Popbela
  64. Womantalk
  65. Saliha
  66. Zalora
  67. Tuturmama
  68. Rimma
  69. Cutecoconut
  70. Popmama
  71. Parentalk
  72. Bixbux
  73. Opini
  74. Desakabut
  75. Lpmedukasi
  76. Bisa kimia
  77. Serempak
  78. Info Astronomi
  79. Kata
  80. Dental
  81. Masyarakat Sehat
  82. Wtimes website tentang tips diet dan semacamnya. Dapat fee? Ho oh
  83. Sobatask
  84. Run society
  85. Dafunda
  86. Dee-nesia
  87. Famous
  88. Selipan
  89. Caper
  90. Ruang Inspirasi
  91. Bagooli
  92. Steemit
  93. Keepo
  94. Inspirasi
  95. Ilmuwp
  96. Plimbi
  97. Inwepo
  98. Warnabiru
  99. Janang
  100. Nyimpang
  101. IIC
  102. Careernews
  103. Anaslee
  104. Nyoozee
  105. Teraju
  106. Ugetuget
  107. Carayang
  108. Gadget review
  109. Desantara
  110. Winnetnews
  111. Sumber
Untuk sementara ituu. Gimana? Lumayan banyak, ya. Kita bisa memilih yang sesuai bidang, kebutuhan, keyakinan, dan hati. Hehehe. Mungkin, Teman-teman ada yang ingin menambahkan? Silakan, yaa.

**


Tambahan per 22 September 2018:

112. MyJKT Tulisan tentang Jakarta dari berbagai macam "gaya". Penulis dapat fee berupa pulsa gopay.
113. Estrilook Aku dapat info ini dari salah satu teman, Mas Huri
114. Widiynews
115. Smallphreaker
116. Cerdaskan
117. Kuotamedia
118. Animenyus
119. Tangga
120. Detik_org
121. Milenial
122. Reviensmedia
123. Sriwijaya
124. MoneyInsight
125. The Shonet

  • Share:

You Might Also Like

28 comments

  1. Astagaaaa, banyak yaaaa. Udah happy aja nih pingin nyoba satu2 ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk
      hayukkk
      khusus jeng uphiet yg keuangan y esp akuntansi wkkk peace

      Delete
  2. Banyak juga ya ternyata kereeen siap siap nulis kalo gitu :)

    ReplyDelete
  3. Mantep ada banyak banget..
    Peluang nih buat para content writer.
    Sembari melatih dan mengasah kemampuan menulis..

    Yok akh dicoba..

    ReplyDelete
  4. pertama kali liat hasil share di twitter, ada 111 situsss... wow banyak sekali...

    bisa dipilih sesuai dgn bidang ya

    ReplyDelete
  5. Woow banyak pilihan nih asyiik. aku bookmark ah...

    ReplyDelete
  6. wowowow komplit banget mbaa sampe 111 :D

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah langsung tak bookmark mbak wkwk. Syukron mbak.

    ReplyDelete
  8. Saya familiar dengan beberapa situs ini. Menarik mencoba mengirim tulisan di situs2 lain yang saya baru tau. Terima kasih ingin ya,mbak 😊

    ReplyDelete
  9. Wah, keren banget nih! Terima kasih ya, Kak?

    ReplyDelete
  10. Banyak bangetttsss
    Bingung LOL

    ReplyDelete
  11. Mbak Yosi kasih keterangan dong jangan cuma judul dan linknya

    ReplyDelete