Berlibur ke Malaysia? Yuk Cicipi Sajian ‘Kembaran’ Milik Indonesia di Sana!

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - December 23, 2018



Bagi masyarakat kita, Negeri Jiran Malaysia masih menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit. Jarak yang tidak terlalu jauh serta suasananya yang sekilas mirip dengan negara kita menjadikan Malaysia sebagai negara yang ramah untuk turis Indonesia. Apalagi dengan semakin banyaknya penawaran menarik dari Malaysia Airlines, jalan-jalan ke Malaysia semakin menjadi opsi pengisi liburan yang terjangkau dan mengesankan.

Selain suasananya, Malaysia ternyata punya sajian yang mirip dengan masakan Nusantara. Apa saja? Simak beberapa di antaranya berikut ini!


1. Nasi Lemak dengan Nasi Uduk
foto:tripcanvas.com
Makanan kebanggaan Malaysia ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan, nasi lemak sangat mirip dengan nasi uduk yang juga diberi aneka topping mulai dari ayam goreng, sambal teri hingga telur dadar iris. Kamu bisa buktikan sendiri mana yang lebih cocok dengan lidahmu.


2. Apam Balik dengan Martabak Manis
foto:craftlog.com
Pancake dengan topping kacang dan gula ini di Indonesia kita kenal dengan nama martabak. Dengan bentuk yang mirip, di Malaysia kudapan ini dinamai apam balik. Uniknya lagi apam balik di Malaysia sekarang juga sudah diberi aneka topping yang lebih beragam seperti halnya martabak di Indonesia.


3. Pasembur dengan Gado-gado
foto:roadsandkingdoms.com
Kalau kamu sudah memesan tiket penerbangan ke Penang dengan Malaysia Airlines liburan ini, berarti kamu punya kesempatan untuk mencicipi langsung hidangan bernama pasembur. Makanan yang disebut sebagai kembarannya gado-gado Jakarta ini adalah makanan khas masyarakat Penang yang disajikan dengan kentang, timun, tauge, udang rebus, cumi dengan kuah kacang di atasnya.


4. Kek Lapis Sarawak dengan Lapis Legit
foto:travelguidekuching.com
Kalau lapis legit yang kita kenal hanya terdiri dari dua warna, coklat muda dan tua, maka kek lapis Sarawak yang merupakan kembarannya ini punya warna-warna yang lebih meriah. Coraknya pun tidak monoton membentuk garis horizontal saja tapi ada yang membentuk lingkaran bahkan hati. Soal rasa? Coba saja bedakan sendiri.


5. Nasi Kandar dengan Nasi Padang
foto:homestaymy.com
Kalau Indonesia punya kebanggaan tersendiri dengan rumah makan Padang, maka Malaysia punya nasi kandar yang mirip. Menggunakan cara penyajian mirip dengan restoran Padang di Indonesia, warung yang umumnya buka 24 jam ini juga menyajikan aneka menu yang mirip: ayam pop, cumi hingga rendang.


6. Nasi Kerabu dengan Nasi Pecel
foto:journey.ca
Kalau melihat penampilannya sekilas, nasi kerabu sangat mirip dengan nasi pecel khas Nusantara. Aneka sayuran disajikan dengan nasi, sayur taoge, telur rebus dan ayam goreng berkuah saus kacang yang manis dan gurih. Satu-satunya yang membedakan kedua varian kuliner ini adalah warna nasinya. Nasi kerabu berwarna biru yang dihasilkan dari warna kelopak kembang telang.


7. Cucur Udang dengan Bakwan Udang
foto:m4ash.3d
Siapa yang tak suka dengan sedapnya bakwan udang? Kalau sedang di Malaysia dan kamu merasa rindu dengan camilan ini, cucur udang adalah jawaban yang paling sempurna untuk mengobatinya.  Agak berbeda dengan bakwan udang yang tipis, cucur udang dibuat dengan bentuk bulat gendut dan empuk disajikan dengan saus tomat. Kamu juga bisa menyantapnya dengan cabai rawit agar sensasinya seperti bakwan udang Indonesia.


Dengan aneka sajian yang mirip di atas, Malaysia tampaknya akan jadi opsi liburan yang paling pas, terutama untuk kamu yang sering mencemaskan soal makanan. Terbang sekarang juga bersama Malaysia Airlines dan nikmati kekayaan rasa 7 kuliner Negeri Jiran ini langsung di tempatnya!

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)