Plus Minus Kerja dari Rumah

By Miyosi Ariefiansyah - December 03, 2018

Plus minus kerja dari rumah

Plus Minus Kerja dari Rumah


"Eh, kamu enggak kerja, ya!"
"Kamu aja yang bikin kan enggak ngapa-ngapain!"

Kalimat di atas dulu sempat membuat saya sensitif, sekarang sih bodo amat. Dan lagi, yang komen gitu udah mulai sedikit seiring berjalannya waktu. 

Memilih profesi dan pekerjaan yang enggak populer memang siap-siap dikomen macam-macam. Teman-teman yang ingin melakukannya mesti siap mental. Kuat, nggak? Hehe.

Bersyukur, zaman sekarang enggak kolot-kolot amat. Apalagi beberapa waktu belakangan ini, istilah bekerja jarak jauh atau bekerja dari rumah atau bekerja dari mana saja sudah enggak terlalu membuat masyarakat terkejut, lebih-lebih mereka yang melek teknologi.

Saat ini, komen pun berganti, misal,

"Enak, kamu enggak lihat macet!"
"Enak lhoh kamu kerja bisa sambil momong anak!"
Dan, yang serupa.


Kerja dari rumah, seperti halnya kerja di kantor atau di sawah atau di mana pun, pasti punya sisi PLUS MINUS, kok. 

Sisi PLUS-nya:

1. Bisa hemat uang transport dan uang makan. Kalau dikalkulasikan, dua jenis pengeluaran ini bisa bernilai material, lhoh. Nah, kalau kerja dari rumah, dua hal tsb bisa ditiadakan.

2. Bagi yang udah punya anak, bisa kerja sambil momong anak. Cuma kalau saya, mindset-nya saya balik, momong anak sambil kerja. Jadi yang utama tetap momong anak. 

3. Lebih fleksibel masalah waktu. Ini saya rasakan ketika di Balikpapan dan harus bolak balik Balikpapan Malang untuk suatu urusan. Saya bisa dengan mudah pergi tanpa harus izin atasan karena toh pergi ke mana pun ya selalu bawa kerjaan.

4. Bisa menggunakan pakaian apa pun, enggak perlu repot-repot pakai baju kerja. Bagi pekerja seperti saya, yang paling penting kan hasil kerjanya. Klien mana peduli pas kerja saya pakai daster apa gamis apa rok panjang atau apa. Mereka mah bodo amat. LOL.

5. Bisa lebih mudah berekspresi. Entah, saya merasakannya sih gitu.

6. Bisa memilih kerjaan. Misal, kayaknya enggak ambil proyek nulis buku ini deh soalnya lagi ribet momong anak. Nah, kan.

7. Terhindar dari macet yang bikin stress

8. Enggak ngalamin office politic. Bye byee penjilat... ehh. LOL.

9. Kalau menggunakan link dengan baik dan benar juga istiqomah, wuihh... teman bisa dari mana aja dan siapa aja. Banyak teman, banyak ilmu.


Sedangnya sisi MINUS-nya

1. Dianggap enggak kerja padahal kerjaan lagi banyak-banyaknya. Ya, masih ada yang berpikir gitu kenyataannya. Sabarin aja. Ngelus dada aja.

2. Enggak ada jenjang karier. Bagi pekerja kantoran, jenjang karier adalah salah satu daya tarik. Bagi pekerja jarak jauh, yang salah satunya kerja dari rumah, jenjang karier seperti di kantor enggak ada. Yang ada itu... semakin banyak karya, semakin menjual.

3. Enggak kerja ya enggak dapat uang.

4. Kalau enggak mau bergaul, bisa-bisa enggak kenal siapa pun di dunia ini. Lebay nggak, sih. Xixixi. 

5. Kalau manja alias nunggu dicolek, yahh... sampai ubanan juga gak bakal dapat job


Itulah, plus minusnya kerja dari rumah. Sejauh ini, saya menikmati. Tapi beda orang, beda pendapat. Kalau teman-teman gimana?

  • Share:

You Might Also Like

28 comments

  1. Sisi minusnya nohok, bikin ngakak tapi bener hehehe

    ReplyDelete
  2. Semuanya betul, terasa banget sama saya. Tambahannya, kalau saya kesulitan konsisten dengan target, kecuali pas ada deadline๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  3. Minusnya berasa bangget k saya
    Gara2 tinggal aj drumah dibilank gk kerja apa2 ๐Ÿ˜ฉ

    ReplyDelete
  4. Iyaa...bener pake kebangetan...saya yang termasuk kerja di rumah ngerasain banget plua minusnya. Eh ya tapi plusnya nomer 2 itu adalah alasan terbesarnya.

    ReplyDelete
  5. Me! Aku sekarang lagi nikmatin kerja dari rumah. Masya Allah beberapa celetukan kadang bikin sensi, namun ada kepercayaan diri yang kuat untuk konsisten dijalan ini hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mb
      Inilah pentingny punya komunitas yg satu frekuensi: sama2 kerja dr rumah
      Bisa saling ngasih semangat saat yg lain g mudeng xixixi
      Semangat, Kk

      Delete
  6. Bener mba. Tiap kerjaan ada plus minusnya. Baik di rmh atau di luar. Kita yg menentukan pilih yg mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em mb
      Sbenerny saya terserah aja mo kerja d rumah ato kantoran, yg penting poinnya adalah punya duit dr kringet sendiri (slain dapet dr suami), ya bisa dibilang alasan "feminis" kali yes hahah

      Delete
  7. Kalau pendapat Salbiah. Memang antara kerja dirumah dan di luar rumah terdapat plus minusnya mbak. Saya yg sudah terbiasa dengan bekerja di luar rumah, kalau lagi rumah di hari kerja berasa gimana gitu kecuali weekend memang harus dirumah. Yang paling saya rasakan, kalau bekerja di rumah yang pasti anak bisa kita didik sesuai keinginan. Pengalaman saya, anak yang paling kecil diasuh sama kaka ipar yang nota bene orang betawai sekarang medok bener ngomng betawinya, hahaha, kek kaya nggak bisa bahasa indonesai yang baik dan benar. Saya jadi lucu ajja kalau anak saya lg ngoceh dengan bahasa betawi, pdahal yng saya inginkan anak saya bisa berbahsa indonesia dengan baik dan benar seperti kakanya yang pertama. Tapi ya sudahlah, masih bisa diarahkan hal seperti itu. Plusnya kalau kerja diluar menurut saya, koneksi jadi lebih luas dan ilmu jadi lebih variatif. Alhamdulillah skrg tahu beragam hal dri teman-teman dibidang lainnya dr pekerjaan saya. Hidup adalah pilihan. Semoga yang kita pilih membawa keberkahan dan kebaikan untuk semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maa syaa Allah salut sm mb dan smuaa wanita yg kerja kantoran yg juga seorang ibu
      Kalian luar biasa sungguh
      Semangat selalu y, Mbaa

      Delete
  8. Akan lebih kalau ibu rumah tangga bekerja dari rumah karena setahu ibu bisa memberikan perhatian lebih pada buah hati sehingga in syaallah bisa berdampak pada psikologis anak.
    Ibu juga seoranh penulis masyaallah bisa menjadikan anak anaknya penulis
    Aminnn

    ReplyDelete
  9. Kerja dari rumah saya ingat ibu saya juga bekerja dari rumah. Jadinya ibu saya bisa mantau saya ngapain aja,
    Lepas dari itu ibu adalah orang terdekat dari anak yang jika ibu memeperhatikan memberikam apreasiasi pada anak. Anak akan merasa berharga

    ReplyDelete
  10. Hehe,bener tuh ada yg pernah bilang ke saya: "...kan cuma di rumah aja, udah gak ngapa2in." *Bletaak! :D

    Dulu saya pernah sewot, sekarang biasa aja. Saya akan jelasin dg senang hati krn biasanya yg komen gitu mah kudet, ups :D

    Alhamdulillah, intinya saya pun menikmati kondisi kerja dari rumah spt sekarang. Udah pernah ngerasain 14 th kerja di luaran. Iyes,ada plus minusnya.

    Tetep, sih. Kerja dari rumah pun butuh keluar rumah juga, kok. Now, I enjoy it much :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. He em mbaa
      Kalau dalam rumah terus jadi tape dunk y wkkkk

      Iya bener
      Yg ngomong gitu kudet wkkk ehh

      Delete
  11. Plus minusnya benar banget. Ya, setiap pilihan memang ada risikonya masing-masing.

    ReplyDelete
  12. Udah pernah merasakan 2 dunia itu, ngantor & di rumah ๐Ÿ˜„
    Ngantor dgn banyaknya konflik & perebutan kekuasaan #halahh & di rumah dgn hebohnya momong sambil kerja online hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkk
      Rebutan kekuasaan dan perhatian juga pengaruh
      Rumah dg ribetny momong plus dengerin ocehan orang
      Bener bgt mb
      Klo disimpulkan emng gitu

      Delete
  13. Wah pengen banget nih bisa menjadikan rumah rasa kantor, tp ttep berdaster hehe..enak ya bisa dapet gaji tiap bulan meski dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas lg rajin mb
      Kalau sebulan g ngapa2in y g ad sih wkk
      Dpt dr suami udh pasti
      Tp mngkin krn ini pikiran feminis y... merasa bahagia batin kalau juga bisa hasilin sendiri

      Delete
  14. Berhenti dari kerja kantoran terus kerja di rumah emang beda ya, saya udah ngerasain. Saya Nerima pesanan kue dan masakan. Biarpun hasilnya lumayan, tetep nggak dianggap. Kalah keren dibanding emak-emak kantoran yang pake blazer. Tapi soal terhindar dari macet berjam-jam dan bisa lebih banyak waktu sams anak, itu nggak bisa diganti......

    ReplyDelete
  15. wkwkwk... pingin ngakak sama yang "kalau nggak kerja ya nggak dapat uang"
    tapi bener suh, kerja di rumah itu nggak bisa magabut. harus all out bener-bener.

    ReplyDelete