10 Catatan 10 Bulan Ngeblog, Mulai dari "Reuni" dengan Teman Seangkatan sampai Mendapatkan Penghasilan

By Miyosi Ariefiansyah - December 31, 2018

10 Catatan 10 Bulan Ngeblog, Mulai dari "Reuni" dengan Teman Seangkatan sampai  Mendapatkan Penghasilan

Sebenarnya, ngeblog bukanlah hal baru buat saya. Awal "nyemplung" di dunia menulis, saya memiliki blog bernama mioariefiansyah.wordpress.com. Namun, isinya lebih banyak unfaedah alias cuma curcol enggak penting. Maka, blog yang pembaca dan pengunjungnya sudah lumayan tsb saya hapus. Dodol? Ya, emang. Sebagaimana jodoh. Udah dapet yang bener, tapi karena kesalahan kecil aja langsung kita campakkan dan "buang". Pernah? Alhamdulillah, saya enggak pernah kalau ini.

2018 ini, saya kembali ngeblog. Belum lama memang, baru 10 bulan "jadian". Tapi, layaknya dua anak manusia yang lagi dekat, ngeblog pun biar masih belum ada setahun, pasti sudah memberikan kesannya sendiri.

Jika saya rangkum, ada 10 catatan 10 bulan ngeblog, mulai dari "reuni" dengan teman seangkatan sampai mendapatkan penghasilan. Seperti ini penjelasannya.


1. Ngeblog membuat saya dekat lagi dengan sahabat lama.

Kembalinya saya ngeblog enggak terlepas dari dukungan salah satu sahabat menulis saya, Mbak Prita, founder The Jannah Institute. Dia yang lebih dulu ngeblog lagi (setelah lama vakum juga karena kesibukan sebagai mbak-mbak kantoran) sebenarnya sudah memengaruhi saya di 2016. Tapi, baru 2018 ini saya mendapat "hidayah". Xixixi. Saya sempat belajar di kelas ngeblognya Mbak Prita. Kesan saya: Emaknya Tangguh ini masih sama seperti dulu (enggak pelit ilmu dan humble).

Saya dan Mbak Prita saat kopdar di Balikpapan (ki) dan buku yang pernah kami garap bersama terbitan Grasindo (ka)

Selain bertemu dengan sahabat lama menulis buku, saya juga kembali reuni dengan sahabat di kampus, Uphiet. Kesibukan kami dan perbedaan dunia kadang membuat dua orang sahabat otomatis jarang komunikasi kecuali sesekali. Ini bukan karena berantem lhoh ya, tapi emang semacam alamiah ya gini. Xixixi. Nahh, aktifnya saya ngeblog lagi ini membuat saya kembali bertemu doi. Kami sama-sama ikut tantangan 30 Hari Ngeblog bersama Blogger Perempuan.

Menulis buku & ngeblog merekatkan kembali dengan sahabat lama (SMA dan kuliah). Bersama Wilujeng (penulis Akuntansi) dan Haris (penulis Matematika)

Jika menulis buku membuat saya dekat kembali dengan sahabat SMP, SMA, dan  kuliah (Kurnia, Haris, & Wilujeng), maka ngeblog membuat saya reuni juga dengan sahabat menulis dan kuliah (Prita HW dan Uphiet).

Teman-teman ada yang reuni dengan sahabat lama juga nggak gara-gara ngeblog?


2. Dari Wordpress ke Blogspot

Selama ini, saya enggak terlalu suka dengan BLOGSPOT. Alasannya? Menurut saya SUSAH. Apalagi bagi orang yang enggak suka coding, blogspot mah bikin mumet. Alhasil, dulu-dulu saya selalu bikin blog kalau enggak di wordpress ya blogdetik. 2018, saya mencoba bikin blog baru di blogspot.

Memang sih salah satu kelebihan blogspot, kalau mau kita TLD-in (istilah saya sendiri) atau kalau mau kita ubah jadi .com, yang dibutuhin cuma beli DOMAIN aja, cuma beli .com aja. Sisanya alias hostingnya alias "dalemanny", udah disediain sama blogspot. Ibarat nyewa rumah, kita tuh tinggal masuk aja karena isinya udah tersedia.

Beda dengan Wordpress. Saya pernah punya blog di www.rumahmiyosi.com yang berbasis wordpress. Emang sih, bagi orang yang enggak suka coding, wordpress ini enak. Tapii, kalau mau kita TLD-in, enggak cukup kalau yang dibeli hanya DOMAIN. Kalau cuma beli itu ya belum bisa kita apa-apain. HOSTING juga perlu dibeli. Jadi, belinya tuh dobell yah, Pemirsah: ya domain, ya hosting. Rempong? Bangett. Belum lagi mindahin isi blog wordpress ke rumah baru tadii. Ribet. Xixixi.

Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, sih. Sekarang, www.rumahmiyosi.com udah enggak bisa diakses karena saya enggak memperpanjangnya. Blog saya yang sama-sama saya buat 2018 alias blog saya sekarang ya cuma www.miyosiariefiansyah.com dan... bundataka.wordpress.com.

Blog saya saat ini: www.miyosiariefiansyah.com dan bundataka.wordpress.com

Yang kedua ini, blog berbahasa Inggris. Weis, belagu amat lo, Mi. Xixixi. Enggak gitu, sih. Saya cuma ingin melatih menulis bahasa Inggris lagi karena duluu di awal nyemplung di dunia penulisan, saya sempat jadi penulis konten dengan menggunakan bahasanya Pakde Tom Cruise. Dan, sama seperti menulis dengan menggunakan bahasa sendiri yang juga harus selalu di asah, nulis dalam bahasa asing pun demikian. Lebih-lebih, bukan bahasa sendiri, kan. Penginnya sih, tahun depan, di sini aktif (bahasa Indonesia) dan di sana juga aktif (bahasa Inggris).

Doakeun, yaaa.


3. Jumlah postingan selama 10 bulan ini ada 93 dengan tulisan terbanyak bulan Desember.

4. Postingan paling banyak dilihat adalah ini:


5. Selama ngeblog, saya menggunakan HP, lebih praktis aja. Maaf kalau kesannya lebih nyantai. Mengenai hal itu udah pernah saya jelaskan di postingan ini.


6. Ikut 4 tantangan menulis: Arisan Blog, Estrilook, Blogger Perempuan, & ODOP-nya ODOPfor99Days.


7. DA dan PA ngeblog 10 bulan ini:

8. BTS alias Behind The Scene ngeblog enggak jauh beda dengan nulis buku atau konten di website orang: sama-sama rempong. Lebih-lebih, buat ibu yang anaknya masih batita. Tapi kok dilakuin? Biar tetep waras, Mbak. Kalau seorang ibu/wanita "enggak waras", semuaa berpotensi bisa jadi korban. Atau, kalau dia enggak ngelampiasin ke orang lain, jadinya ya stres sendiri. Pernah lihat ibu-ibu yang omongannya pedes, pait, nyelekit, atau sok? Mungkin cuma butuh kegiatan yang ia sukai, yang membuat dia merasa berarti. Begitulah, di balik kerempongan menulis, ada bahagia yang susah dijelaskan.


9. Bertemu makin banyak dengan orang-orang keren. Buat saya, menjamurnya book writer, content writer, dan blogger, bukanlah ancaman, tapi anugerah. Artinya, banyak ilmu, banyak sudut pandang, banyak wawasan, dan banyak masukan yang bisa diperoleh. Seruu, kan. Yaa, daripada sebatang kara tolah-toleh sendiri kan lebih seru kalau bareng-bareng. Xixixi.


10. Dapat penghasilan. Dalam 10 bulan ini, ada 7 klien yang bekerja sama dengan saya.



Itu tadi 10 poin kesan ngeblog selama 10 bulan di 2018 ini. Harapan di 2019 sih pengin lebih baik lagi, entah itu sebagai penulis buku, penulis konten, editor, dan tentu saja blogger.

Doakan, ya. Sukses juga buat kaliaann.

Semangat!

#BloggerPerempuan
#BPN2018YearInReview


  • Share:

You Might Also Like

59 comments

  1. Wuehehe.. perinciannya kayaknya teliti banget ya Mbak yang brandnya itu. Aku kayaknya nggak serapi itu Cyn. Di tahun 2018 ini, kira-kira apa ya yang sudah aku peroleh dalam hidup ini?hmm mikir bentar ah.

    ReplyDelete
  2. I'm happy to meet you again. Aye aye :D
    Kenapa berteman dengan miyosi begitu berkesan? Karena di hari pertama masuk kuliah, teman kuliah pertama yang saya kenal ya miyosi, saat di gerbang masuk UB pas baru turun dari motor bapaknya dan saya jalan dari kos-kosan. Saya yang pendiem diajak ngobrol duluan, dan akhirnya berlanjut bertahun-tahun kemudian :)
    Semoga suatu saat dapat kesempatan bertemu lagi di dunia nyata :D

    ReplyDelete
  3. Seneng banget ya banyak berkah dari ngeblog. Mbak ternyata awet muda ya kalau saya lihat foto di postingan ini. Aku juga mulai serius ngeblog di bulan April 2018 nih dan cuma sekitar ada 40 postingan tulisan di blog aja. Tetep semangat ngeblog ya pokoknya.

    ReplyDelete
  4. Semangat naikin DA dan PA mba, wah senengnya ketemu temen lama. Ku sampai saat ini blom nemu temen ku yang blogger hehehee.. semoga 2019 makin banyak job review ya

    ReplyDelete
  5. Wah dalam 10 bulan udah banyak tuh pencapaian ngeblognya. Semangat ya semoga tahun depan makin banyak lagi rejeki dari ngeblog, aamiin

    ReplyDelete
  6. Banyak banget memang manfaat nge blog ini, dari manfaat sosial samai finansial. Semoga tahun depan blognya makin berkah ya mba, akupun pengin tingkatkan semuanya, mulai template yang saatnya ganti, konten yang makin manfaat

    ReplyDelete
  7. Menjamurnya para blogger dan vlogger memang luar biasa hype. Tapi untuk untuk blog, banyak orang memikirkan dua kali untuk membuka karena orang lebih suka berbicara dibandingkan dengan menulis. Selain itu, berbicara menjadi lebih praktis.

    Oiya kak, share dong ttg gmna bisa naikin da pa smpai angka 20-30?

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mbak...Pencapaian 10 bulan yang sangat luar biasa..semoga saya bisa ketularan hehehe. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    ReplyDelete
  9. Keren banget mbaaa...
    Saya malah dapat teman baru gegara ngeblog, maklum lingkaran pertemanan saya gak ada yang suka nulis juga baca, hiks.
    Tapi hepi banget, gegara blog jadi banyak teman.
    Saya baru tahu dong, kalau WP malah asyik buat ga suka coding, saya juga ga suka coding, tapi kadang ngoding sendiri buat menampilkan ini itu di blog hahaha
    Ya gimana lagi, ketimbang bayar orang trus ngasih pasword ke orang, hmmm..

    Dan ODOP Challenge keren abissss, saya mah cuman ikutan punya BPN, itupun ngos-ngosan, akhirnya milih ODOP tanpa challenge, lebih nyantai nulisnya hahah

    Semoga tetap semangat dan mengisnpirasi ya :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah...
    Great job...moga2 ke depannya lebih melimpah lagi...Amiiin!

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah seneng banget ya bu kalo ngeblog banyak dapat manfaat positif. Semoga tahun 2019 lebih baik lagi bu. Dan makin sukses didunia perblogger-an hehe

    ReplyDelete
  12. Sama kaya aku mba, lebih nyaman pakai wordpress tapi akhirnya beralih ke blogspot gara-gara tekor bayar hosting yang makin lama makin mahal hahaha..

    ReplyDelete
  13. Senangnya ketemu teman lama. Aku dari awal pake blogspot, pernah mau nyoba ke WordPress nggak jadi jadi haha. Sukses untuk ngeblognya mbk

    ReplyDelete
  14. seneng deh kalau punya teman angkatan yg hobynya sama. bisa tukar pikiran dan ilmu. apalagi bisa menghasilkan buku karya sendiri. dari dulu aku pengen bisa nulis buku. sampe skr belum kesampaian.

    blog bisa menghasilkan, keren banget ya.

    ReplyDelete
  15. Aku baru mikir mau pake wordpress tapi kok maju mundur canti ya karena hostingnya mihil. Btw sukses yaa ngeblognya di tahun 2019

    ReplyDelete
  16. Aku kemarin malah kepengen coba wordpress mba. Katanya sih lebih fleksibel dan kebanyakan temen temen pake WP juga jadi enak kalau mau ngulik ngulik. Tapi punya dua blog ternyata gak sempat bagi waktunya euyyy

    ReplyDelete
  17. Ihhh, mba keren!
    10 bulan DA/PA nya sudah tinggi!
    Semakin disayang agensi nih :)

    Baidewei, jadi terpikir mau buat artikel tentang pencapaian blog selama setahun sekaligus muhasabah.

    ReplyDelete
  18. Banyak manfaat memang ngeblog yaaa... seru punya banyak temen baru dan lama dan juga penghasilan ya mbaa

    ReplyDelete
  19. Sukses buat ngeblog. Banyak manfaat yang bisa di rasakan daripada bengang bengong di rumah.

    Ngeblog menjadikan kita orang yang bermanfaat dengan berbagi cerita

    ReplyDelete
  20. Aku malah pengen nyobain wordpress mba. Soalnya temen temen pada pake WP semua, jadi kayanya enak kalau mau ngulik ngulik banyak temennya. Tapi ngurusin satu blogspot aja masih keteteran nih hihihi

    ReplyDelete
  21. 10 bulan ngeblog, DA PA nya udah segitu, udah keren tuh Mba, hehe. Saya dari dulu lama bingit naik keduanya, wuehehe. Kudu belajar yang rajin lagi akunya :D

    ReplyDelete
  22. Keren banget sih mbak percepatan kesuksesan di blognya cepat banget salut sama mbak jadi pengen tahu tips-tipsnya mbak

    ReplyDelete
  23. Mbak...dikau kereeeen, nulis dalam Bahasa Inggris juga. Ampyuuun, salut akuuuu
    Semoga tahun 2019 makin bersinar ya blognya dan makin banyak kerjasama:D
    Aamiin

    ReplyDelete
  24. Ternyata bulan Desember bulan yang paling produktif ya kak keren bisa 44 postingan hehe. Aku sendiri maksimal perbulannya itu 35 aja.

    ReplyDelete
  25. Waaaahhhh!!! Luar biasa banget Mbak, satu bulan bisa sampai 4o-an postingan gitu. Share tips dong Mbak, bagaimana bagi waktu dan bagaimana cara menulisnya.... Banyak banget itu.... Salut!

    ReplyDelete
  26. 10 bulan udah keren mba Da/pa nya gede dah dapat tawaran juga keren pokonya hahhaa

    aku masih butuh waktu buat naikin da/pa apalagi pv sampe keriting nih jari pv ttp setia mba setia nengkurepnya wkwkk

    ReplyDelete
  27. Wah mantaps semangatnya anak muda banget hehe...aku mau menularkan suka ngeblog sama anak2 kok susah ya...mereka suka nulis sdh punya banyak buku tp kalau suruh ngeblog masih semaunya...hehe..

    ReplyDelete
  28. Produktif bgt itu bulan desember. Selamat ya atas semua pencapaiannya 😍

    ReplyDelete
  29. Wahhh Mba kok bisa dalam 1 bulan nulis 40an tulisan di blog? Pakai hp pula! Salut saya haha. Saya justru gak suka nulis di hp karena kecil2 tulisannya jadi kurang puas hehe

    ReplyDelete
  30. Kece banget kak...
    Ternyata kita sama-sama pejuang ODOPnya IP kan yaa...??

    Gak ter-target malah lebih meringankan pikiran.
    Hihii...

    Sukses terus buat menulisnya.

    ReplyDelete
  31. kalau saya sih dari dulu suka Blogspot Mbak, malah rasanya lebih praktis daripada WP, justru WP ribet *menurut saya* hihih

    wooow postingannya hampir 100 hanya dalam waktu 10 bulan, mantaaap Mbak.. berkat ODOP ya itu.. kemarin mau ikut tapi maju mundur, huhuhuh *nyesel.

    moga 2018 makin cetar ya Mbak, ngeblognya ;)

    ReplyDelete
  32. wahhh keren banget, Mba. Baru sepuluh bulan ngeblog tapi pencapaiannya udah WOW banget

    ReplyDelete
  33. Enaknya ngeblog ya setelah dapat penghasilan itu wkwk... kalo aku udah 7 tahunan ngeblog dan masih betah aja.

    ReplyDelete
  34. Kece banget mbak Miyosi. Saya lagi nyoba dua2nya nie. Blogspot dan Wordpress. Jadi keder gini. Hahaha.. tapi seru juga nie, punya kesempatan ngulik dua-duanya 😬

    ReplyDelete
  35. Barokallah ya Mba Miyo, pencapaianmu keren sekali aku jadi tersulut juga untuk bisa mengikuti jejakmu yang berprestasi. Bismillah, aku belum pernah punya blog dari wordpress penasaran juga nih bisa kagak ngeblog make wordpress hehehee

    ReplyDelete
  36. Welcome back di dunia blog, Mbak. Semoga tahun ini semakin produktif dan semakin mendapatkan berkah. Aamiin

    ReplyDelete
  37. Rajin banget Mbak, sebulan bisa 43 tulisan... Saya, 43 bisa setahun, hihi...

    Betewe kenapa ya pada bilang kalau blogspot itu rumit? Saya malah mengira kalau wordpress lebih rumit. Apa karena sejak awal saya pakai blogspot ya? Hehe... Saya juga pilih blogspot karena murah maintenance-nya... Kalau wordpress, bikin mikir lagi biayanya, xixixi...

    ReplyDelete
  38. Selamat datang di dunia blogger Miyo. Aku kangen loh pengen dengar curhatanmu dan sekarang ketemu di blog. Aku senang banget soalnya ini bukan penulis baru sudah zaman dulu suka nulis artikel-artikel kece

    ReplyDelete
  39. Aku aku aku yang masih mencoba berjuang dengan wordpress. 😁 Iya, bayarnya dobel. Tapi Alhamdulillah ada aja rezekinya. Yg blogspot juga ada dan emang biaya maintenance lebih murah.

    ReplyDelete
  40. Aku justru mulai ngeblog di saat kerjaan kantor sedang hebat2nya mba ;) Semacam me time yang membuatku keluar dari rutinitas yang itu itu saja. Penyeimbang jiwa yang gersang dimakan rutinitas selama belasan tahun. Akhirnya jadi keasyikan ngeblog meski yaaa tulisannya masih gitu-gitu doank sih.

    ReplyDelete
  41. Waah hebat ya, dalam waktu 10 bulan ngeblog sudah banyak pencapaian yang diraih, kalau saya ngeblong naik turun pasang surut, jadi kadang mood ngaruh banget, sekarang lagi rajin bw, nggak tahu nanti, heheh sukses terus ya ngeblog-nya

    ReplyDelete
  42. Wow..asyik juga ya, hanya dengan ngeblog selama 10 bulan, blognya bisa berpenghasilan.
    Segala sesuatu yang dijalani secara konsisten memang akan membuahkan hasil yang optimal.

    Semoga tahun 2019, kita semua bisa lebih baik lagi ya, Mbak

    ReplyDelete
  43. Ngeblog itu ngangenin ya mba, apalagi buat orang yang memang doyan nulis dan betul akupun juga jadi silaturahim ama orang2 baru dan teman lama :))

    ReplyDelete
  44. keren banget mbak. saya msaih newbie di wp nih malah. masih perlu banyak belajar. lebih terpacu memang kalo ketemu orang2 yg sehobi ya. hehe

    ReplyDelete
  45. Semoga tahun 2019 ini ngeblognya semakin berkilau ya mbak. Banyak job, banyak kolaborasi, banyak networking baru

    ReplyDelete
  46. Yaah..sayang banget mbak blog yang rumahmiyosi itu ga diperpanjang lagi. Saya awal ngeblog juga isinya curcol tapi di multiply yang skrg udah almarhum..sedihnya ga sempat saya back up. jadinya sekarang nulis di blog yang sekarang ini.

    ReplyDelete
  47. Dengan ngeblog banyak yang bisa di dapatkan ya mba. Semoga makin sukses ya mba di tahun 2019 ini dan tetap semangat untuk ngeblog.

    ReplyDelete
  48. Masya Allah pantesan Desember bisa 43 tulisan. Sempat heran gimana bagi waktunya .Tap begitulah baca sudah menghasilkan 32 buku, 16 antologi, jadi enggak heran lagi .kecepatan menulisnya pasti seperti kecepatan cahaya:)

    ReplyDelete
  49. Kalau aku karena pertama kali kenalan sama Blogspot, pakai Wordpress itu susyah. Masih ada blognya, tapi ya juarang diisi. Yg udah wafat ya banyak juga, hahaha

    ReplyDelete
  50. ikut ODOP 99 hari itu event dimana Miyo? kayaknya asyik... aku ketagihan nih ikut tantangan nulis 30 hari kemarin. Jadi pingin ikut kalo ada tantangan nulis lagi. COlek aku ya kalo ada lagi

    ReplyDelete
  51. aku malah kebalikan sama miyo. Aku pernah punya wordpress tapi aku malah bingung memulai dan bikin tampilan templatenya... entahlah. Aku merasa lebih gaptek pas di wordpress jadilah aku tinggal wordpressku. lalu bikin di blogspot

    ReplyDelete
  52. Wah keren cepat banget perkembangannya ya...dwngan kekuatan semahgat membara kayaknya...hehe

    ReplyDelete
  53. Detail banget sih kamu kak. Dan baca ini semangat kamu mampu menulariku biar di tahun 2019 makin smangat ngeblognya

    ReplyDelete
  54. Ngeblog memang beyond imagination. Aku juga gak pernah nyangka bisa sampai di titik ini. Dapet banyak temen, punya jaringan, dapet pengalaman dan wawasan baru, plus punya penghasilan. Makin cintaaa dengan ngeblog 😁

    ReplyDelete
  55. Keren banget mbak, tahun kmrn kyknya banyak ya aktivitasnya sbg blogger. Moga tahun ini lbh sukses lagi yaaa. Waaah sayang ya blog satunya ditutup hehe. Saya jg kyknya akan nutup blog travel, mau saya jadikan satu di blog utama. Gak kuat ngurusin dua blog haha #curcol.

    ReplyDelete
  56. alhamdulillah baanyak berkah yang mbak dapatkan dari blog ya mbak. makin semangat dong ya ngeblognya. manfaat dunia akhirat..

    ReplyDelete
  57. Wah keren mba, semoga bisa makin berkah ya. Asyik ya bisa ketemu teman yang ngeblog juga, kalau aku belum nemu, malah jadi menemukan circle baru

    ReplyDelete
  58. semangat mba, meski emak-emak seperti kita tuh rempong tapi ngeblog banyak membantu mencurahkan perasaan hehe. Rasanya plong gitu kalau bisa nulis postingan

    ReplyDelete
  59. Aku punya blogspot dan wordpress, menurutku yg simple dan gak high maintenance ya blogspot. Wordpress banyak dana yg harus keluar, enak sih bisa diapa2in designnya

    ReplyDelete