Etc

Inilah Alasan Mengapa Kontrakan Murah Memang Lebih Baik Kamu Pilih

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - December 19, 2018

Kontrakan murah, cari kontrakan


Kebutuhan akan hunian memang selalu meningkat. Setiap manusia yang telah menikah biasanya memutuskan untuk tinggal terpisah dari orang tua masing-masing. Sehingga mereka akan mencari tempat tinggal lain agar kehidupan rumah tangga dapat diatur sebaik mungkin. Hunian pun tak selalu tentang rumah pribadi yang dibeli dari hasil jerih payah sendiri. Alangkah baiknya bila memang sedini mungkin menabung agar bisa membeli rumah. Tapi, tidak semua orang mampu melakukannya.

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bagi kamu yang belum bisa membeli rumah langsung maupun dengan sistem KPR adalah dengan menyewa rumah. Kamu pun harus pintar-pintar memilih kontrakan yang harga sewanya tidak terlalu tinggi. Apalagi jika baru saja menikah. Kebutuhan di masa depan kelak lebih banyak, sehingga ada baiknya untuk memilih kontrakan dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, jangan kesampingkan masalah utilitas di dalamnya. Kalau bisa, carilah kontrakan yang utilitasnya masih dalam kondisi yang baik.


Kelebihan Memilih Rumah Kontrakan Murah

Semakin lama harga properti akan naik, begitu pula dengan sewa kontrakan rumah. Tapi kamu tak boleh terkecoh. Masih banyak kok kontrakan yang harganya murah di luar sana. Seperti inilah beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan dengan memilih rumah kontrakan murah:

1. Menghemat Anggaran Rumah Tangga

Kelebihan pertama yang akan kamu dapatkan dengan memilih rumah kontrakan yang murah adalah menghemat anggaran rumah tangga. Sebab kebutuhan di dalam rumah tangga itu banyak sekali komponennya. Kamu akan merasa aman untuk sementara waktu, bila belum memiliki anak. Sisa anggaran tersebut dapat dialihkan sebagai tabungan masa depan. 

Inilah pentingnya mengapa kamu harus mencari info kontrakan murah di sekitar. Sebelum memutuskan untuk pindah, sebaiknya carilah informasi selengkapnya melalui internet, media sosial, atau tanyakan kepada orang-orang terdekat. Setelah mendapatkan informasi yang diinginkan, lakukan survey untuk membandingkan harga kontrakan satu dengan lainnya. 
Misalnya sebuah kontrakan harga sewanya dibanderol 12 juta per tahunnya. Sedangkan ada kontrakan kedua yang harganya 10 juta per tahun. Kalau perbandingan akses antara kedua kontrakan tersebut tidaklah jauh, sebaiknya pilih kontrakan dengan harga 10 juta. Lumayan, kamu masih bisa menyimpan 2 juta rupiah per tahun. Tinggal di rumah kontrakan yang murah ini juga akan melatih kemandirianmu dan pasangan dalam menghadapi rumah tangga. 


2. Bisa Pindah dengan Mudah

Rumah kontrakan hanyalah sebuah rumah yang disewa dalam kurun waktu tertentu. Bisa bulanan atau tahunan. Kamu tidak mempunyai hak kepemilikan atas rumah tersebut. Sehingga, ketika dalam beberapa lama merasa tidak cocok dengan suasana rumah kontrakan, kamu bisa pindah dengan mudah. Kamu hanya perlu membawa barang-barangmu, kemudian diletakkan lagi ke rumah kontrakan yang baru.

Contohnya saja kamu memilih sebuah rumah kontrakan di suatu lokasi. Ternyata lokasi tersebut kurang kondusif karena terlalu berdempetan dengan rumah lain, sehingga kamu tidak nyaman. Segera cari rumah kontrakan pengganti dan pindah ke tempat tersebut, asalkan kamu sudah memenuhi kewajiban pembayaran sewa sampai kepindahan. Tidak percaya? Silahkan lihat info kontrakan murah di halaman ini.


3. Risiko Kerugian yang Tidak Terlalu Banyak

Kelebihan selanjutnya ini berhubungan dengan kepindahan yang mudah dilakukan seperti pada poin sebelumnya. Tapi, kali ini yang ditekankan adalah masalah kemungkinan kerugian yang muncul saat kamu memutuskan untuk pindah ke rumah kontrakan yang baru. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa masa sewa kontrakan bisa dihitung bulanan maupun tahunan. Sekarang ini lebih banyak yang menerapkan sistem tahunan.

Ketika kamu memilih rumah kontrakan yang harga sewanya 10 juta per tahun, lalu memutuskan untuk pindah pada bulan ke 8, maka seharusnya masih ada sisa uang sewa bukan? Sayangnya, sisa uang tersebut tak bisa dikembalikan kepada penyewa, meskipun ia tinggal kurang dari 1 tahun. Bayangkan bila kamu memilih rumah kontrakan yang harganya 12 juta dan pindah kontrakan pada waktu yang sama. 

Kerugian yang ditimbulkan dengan memilih rumah kontrakan seharga 12 juta per tahun tentu lebih besar. Kamu tidak bisa menjamin akan nyaman berada di rumah yang harga sewanya lebih mahal. Oleh karena itu, lebih baik menghuni rumah sewa dengan harga murah saja. Jadi, kamu harus jeli saat mencari info kontrakan murah.


4. Kualitas Bangunan dan Fasilitas Rumah yang Tidak Jauh Berbeda 

Banyak dijumpai pihak penyewa rumah yang memasang harga sewa kontrakan rumah lebih mahal. Mayoritas adalah karena letaknya yang sangat strategis, berada di depan jalan utama maupun jalan raya. Padahal, jika dilihat dari segi kualitas bangunan dan fasilitas di dalamnya tidak jauh berbeda dengan rumah kontrakan yang sedikit masuk ke perumahan atau gang. 

Apalagi dari sisi keamanannya, rumah kontrakan yang berada tepat di pinggir jalan ini lebih rawan. Misalnya ketika terjadi kecelakaan di jalan utama, maka bisa jadi rumah tersebut terkena getahnya. Belum lagi masalah kebisingan jalan raya yang seringkali memekakkan telinga. Lebih baik jika mengontrak rumah yang lebih murah bukan? Meskipun mungkin aksesnya tidak semudah rumah yang di pinggir jalan raya, tapi selama kamu masih bisa menempuhnya, maka hal tersebut bukanlah masalah besar.


5. Membiasakan Gaya Hidup yang Sederhana

Tinggal di rumah kontrakan yang harganya murah otomatis akan membuatmu memiliki gaya hidup sederhana. Kamu tahu cara menghargai uang, sehingga kamu tak akan menghabiskannya untuk sesuatu yang tidak berguna. Terlebih lagi biasanya kontrakan yang harganya murah memiliki space terbatas. Kamu jadi bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sebab, kamu tak akan membeli perabotan yang bisa membuat rumah terasa sesak.

Selain itu, pikiranmu perlahan-lahan akan terbuka dan menjadi dewasa. Dulu sewaktu masih single dan tinggal bersama orang tua, kamu bisa menghabiskan uang untuk sesuatu yang kamu inginkan. Tapi setelah menikah dan tinggal di rumah kontrakan sederhana, kamu akan menyadari bahwa masih ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi dibandingkan dengan menuruti keinginan semata.


6. Pintar Mengatur Keuangan

Efek selanjutnya yang ditimbulkan dari tinggal di rumah kontrakan murah adalah pintar mengatur keuangan. Kamu tahu mana saja kebutuhan yang menjadi prioritas, sehingga pengaturan keuangan rumah tangga akan terkendali. Bila kamu dan pasangan memilih rumah kontrakan yang sistem pembayarannya tahunan, maka sisihkan penghasilan per bulannya khusus untuk membayarnya. 

Akan lebih mudah lagi bila kamu memilih rumah kontrakan yang sistem pembayarannya per bulan. Karena kamu sudah tahu rincian nominal yang harus dibayarkan. Sehingga kamu masih bisa memasukkan anggaran ke pos-pos kebutuhan lainnya. Tapi kamu juga perlu berhati-hati, sebab kontrakan bulanan rawan mengalami kenaikan harga.


7. Mengerti Arti dari Perjuangan

Rumah kontrakan yang murah dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang baru saja berumah tangga. Namun, kamu juga perlu memikirkan masa depan ketika sudah memiliki anak. Tak mungkin kan terus-terusan tinggal di rumah kontrakan? Kamu tetap membutuhkan rumah pribadi yang bisa dihuni bersama anak-anak nantinya.

Nah, ketika tinggal di rumah kontrakan sederhana ini, kamu akan tahu bagaimana rasanya berjuang untuk menabung. Kamu bersama pasangan harus saling bekerja sama dan bahu membahu untuk menyisihkan penghasilan demi masa depan. Tak perlu terburu – buru, yang penting kamu dan pasangan sudah mempunyai tujuan yang pasti. Semua itu demi kehidupan masa depan yang lebih baik.


Itulah ketujuh alasan mengapa lebih baik memilih kontrakan murah. Jangan malas mencari info kontrakan murah bila kamu ingin mewujudkan keuangan rumah tangga yang stabil dan lancar. Memilih kontrakan murah bukan berarti kamu tidak menyayangi keluarga kok. Toh rasa sayang tak bisa dinilai dari materi.




  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Aku sempet ngontrak bertahun2 sebelum beli rumah sndiri. Bener si, kontrakan murah lbh baik dr pd yg mahal

    ReplyDelete
  2. Setuju banget sama poin terakhir mbak. Soalnya saya pernah ngontrak di awal nikah sebelum pindah ke rumah dinas dari kantor. Ngerasain banget suka dukanya berdua suami :D

    ReplyDelete
  3. Mengerti arti perjuangan itu mantap banget mba.
    Banyak banget yang lebih mudah menjudge orang lain, karena gak pernah tau rasanya berjuang dari bawah, apalagi bagi yang baru nikah langsung ngontrak.
    Sudahlah biaya kudu lebih, plus apa2 semua wajib sendirian :)

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)