5 Kebiasaan Pagi yang Menyehatkan

By Miyosi Ariefiansyah - January 01, 2019




Selamat datang di tahun yang baruu! Tanggal 1 Januari 2019, nih!

Ada yang masih belum percaya kalau sekarang udah ganti tahun? Yuk, segera bangun dari mimpi. LOL.

Tahun baruu, selain punyaa segala macam rencana yang pastinya keren, jangan lupakan masalah KESEHATAN juga ya, Temans. Masalahnya, ganti tahun kan kita tambah TUA (pahit emang), artinyaa kondisi tubuh kita saat ini tentu jelas berbeda dengan 10 atau bahkan 20 tahun yang lalu. Enggak bisa lagi kalau kita CUEK. Harus peduli demi jangka panjang yang lebih baik. Ya, namanya usaha. Ya, kan.

Buat saya sendiri niat pengin jaga kesehatan adalah agar bisa kuat ngurus keluarga. Biar mereka enggak kepikiran. Kalau dikit-dikit sakit pastinya mereka juga galau. Kalau toh saya udah usaha semaksimal mungkin ndilalah Allah bilang "detik ini pulang", ya ini mah takdir. Tapi, setidaknya saya tetap berikhtiar, sisanya Allah yang memutuskan.

Ngomongin masalah kesehatan enggak terlepas dari masalah kebiasaan. Pastinya beda kok orang yang biasa makan sayur sama yang enggak. Ini contoh kecil. Dan, pastinya juga beda antara orang yang hobi mandi sama yang mandinya setahun sekali. Xixixi. Ekstrim bangettt.

Kebiasaan menjaga kesehatan ini bisa diawali dari bangun tidur dari hal kecil. Enggak perlu juga persiapan yang WOW banget karena toh bisa diawali dari yang sederhana. Karenaa, kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele kalau dilakuin terus menerus lama-lama bisa berefek positif jugaa. Seperti misalnya:

1. Olahraga kecil saat bangun tidur, enggak perlu ke luar karena di kamar pun bisa.

WHO menyarankan, seperti yang dilansir oleh detikhealth, seenggaknya kita olahraga 150 menit per minggu atau setara dengan 30 menit per hari (ada dua hari kosong) agar tubuh sehat.

Nah, 30 menit itu bisa dipecah lagi masing-masing 6 menit, misal setelah salat atau kalau pagi berarti pas bangun tidur. Gerakannnya sih sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing, ya. Tiap orang beda-beda. Xixixi. Kalau saya, ada 6 gerakan masing-masing 1 menit. Beda lhoh rasanya setelah itu. Jadi lebih segar walau belum mandi. Wkkk.

Kalau teman-teman sendiri biasanya apa gerakan favoritnya? Kalau saya:
1. Diawali dengan mengangkatturunkan kedua tangan dari samping
2. Lanjut posisi duduk berdiri duduk berdiri
3. Squat
4. Push up tapi di tembok
5 & 6. Lunges gantian kaki kanan dan kiri
Masing-masing 1 menit

Semua itu saya lakukan di kamar hanya Allah, suami, dan anak saya aja yang tahu. πŸ˜‚

Zaman masih bisa nggowes berdua, belum ada anak, di Balikapan. Foto: dokpri

Penginnya sih nanti saya bisa nggowes lagi, seperti yang saya lakukan di Balikpapan sama suami. Moga-moga bisa nggowes bertiga kalau bocah udah lumayan gede. Kalau sekarang, saya lakukan dulu yang bisa saya lakukan. Intinya bergerak kan ya daripada enggak sama sekali.


2. Minum air putih, kalau bisa hangat plus lemon malah bagus.

Enggak ada yang menyangkal kalau minum air putih ini bagus buat kesehatan, bahkan bisa bikin cantik dan kulit berkilau. Yaa, logikanya emang racun tubuh bakal pada luruh sih karena "diguyur" air. Nah, kalau racunny makim berkurang ya jelaslah ya kalau berefek positif di tubuh.


3. Bersyukur

Pikiran negatif akan memengaruhi mood seharian. Ya udah sih, untuk mencegahnya, kita bersyukur aja.
Alhamdulillah, masih hidup.
Alhamdulillah, suami dan anak sehat.
Alhamdulillah,...
Moga-moga kita selalu ingat, yaa.


4. Bersabar

Kalau saya misalnya:
sabar masih LDM, yang penting semua sehat dan lancar.
sabar baca komen nyinyir xixixi
sabar apalagi, ya?


5. Semangat

Optimis bahwa enggak ada perjuangan yang sia-sia.


Nomor 3, 4, dan 5 memang enggak kasat mata. Tapi, efeknya berasa. Ada yang bilang, psikis memengaruhi fisik.


Yaa, namanya ikhtiar, moga-moga aja kita semua selalu sehat dan bugar ya, Temans. Moga-moga 2019, kita semua makin sehat. Aamiin.

Ada yang punya tips lain? Yukk, berbagi.

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Sepertinya saya sehatnya kasat mata deh, karena yang 3, 4, dan 5 yang paling diterapkan...Tahun baru ini semoga konsisten untuk no 1 dan 2....
    dan Selamat Tahun Baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin
      Kerenn, Tehh
      Kalau saya masih harus banyak belajar lagi tentang sabar heheheh

      Delete
  2. Keren tipsnya, mb. Jadi semangat, nih di tahun baru.

    ReplyDelete
  3. Bagus itu mba tipsnya jadi semangat deh nurunin berat badannyaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ™„

    ReplyDelete
  4. Minum air hangat sudah..kalau ada lemon ya pakai kalau enggak ya lewat kwkwkw
    Sabar terutama sama nyinyirin sedang diusahakan hahaha

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mba, oh pasangan LDM kah? Wah semoga Allah kuatkan terus yaa mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups sejak akhir 2016
      Doakan bisa segera berkumpul y mbaa
      Aamiin
      Salam kenal juga
      Makasih sudah mampir 😁

      Delete