13 Situs Jalan-Jalan yang Membayar Kontributornya

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - January 03, 2019



Siapa sih yang enggak suka jalan-jalan. Mayoritas orang ya pasti sukalah, ya. Entah mau ke mana, yang penting pergi, refreshing. Apalagi zaman sekarang, jalan-jalan seolah bukan lagi kebutuhan tersier atau bahkan sekunder, tapi menuju primer. Jalan-jalan ke rumah tetangga misalnya alias nggosipp. Ehh... jewer, nih. Enggak boleh kalau itu, yaa. Hehehehe.

Biasanya kalau pas jalan-jalan, kita suka mengabadikan yang keren-keren melalui foto. Buat kenang-kenangan, katanya. Atau, kalau zaman sekarang sih plus buat di-share di media sosial. Xixixi. Zaman sudah berubah banget ya, Cinn.

Nah, pernah enggak sih kepikiran buat mengabadikan kegiatan jalan-jalan hore tersebut enggak hanya berupa gambar alias foto, tapi juga tulisan? Enggak nanya ke yang emang udah ngelakuin ini sejak dulu atau yang kerjaannya nulis ya karena jawabannya jelas IYA. 😁

Seruu lhoh kalau setiap pergi-pergi ke mana terus kita tulis. Apalagi, kalau ternyata tulisan kita tersebut bermanfaat buat orang lain, dan... dapat bonus duit pula. Wahh....

Seperti, 13 situs berikut ini, misalnya, yang bersedia menampung cerita-cerita perjalanan kalian plus ngasih bonus. Apa aja?

1. AIRPORT
Meningkatnya penggunaan transportasi udara membuat kebutuhan akan informasi yang berkaitan dengan airport dan yang berhubungan dengan itu meningkat juga. Jika memiliki tulisan seputar bandara, penerbangan, perjalanan, jalan-jalan, penginapan, tujuan wisata, sampai kuliner, kalian bisa bergabung di sana. Setiap bulan, akan dipilih kontributor terbaik berdasarkan tulisan yang paling menarik untuk diberi insentif.

2. SRIWIJAYA MAGAZINE
Punya kisah menarik seputar traveling? Kalau iya, yuk kirim ke Sriwijaya Magazine. Tulisan kalian akan diterbitkan baik di media online maupun cetak. Jika memang berminat, kalian bisa mengirimkan tulisan ke redaksi@sriwijayamagazine.com.

3. TRIPCANVAS
Kalau kalian punya pengalaman perjalanan yang unik dan menarik, bisa banget jadi kontributor di sini. Untuk urusan honor, kalian bisa menawar berapa kompensasi yang diinginkan dalam bentuk US Dolar.

4. TRAVELOKA
Kalian mungkin udah enggak asing lagi dengan situ ini. Selain menjadi pelanggan, kalian juga bisa berkontribusi lewat tulisan. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengirimkan tulisan kalian yang sesuai dengan ketentuan ke email community@traveloka.com. Jika dimuat, maka kompensasi berupa uang serta kejutan lain akan diberikan pada kalian.

5. TRAVELER
Jika memiliki minat untuk menulis tentang tips traveling atau cerita unik tentang tempat wisata/kuliner/budayanya, kalian bisa mengajukan diri untuk menjadi kontributor di siitus Traveler ini. Kalian enggak hanya akan dibayar per artikel, tapi juga ada bonus tambahan berdasarkan pageview dan share serta like di media sosial.

6. JALANBARENG
Tulisan yang bisa kalian kirim di sini adalah yang seputar jalan-jalan dengan segala pernak-perniknya. Kalian akan dibayar sesuai dengab kualitas tulisan masing-masing.

7. DOLANYOK
Website yang memiliki tagline "Ojo Nangomah Terus" ini menerima tulisan yang berhubungan dengan promosi atau perjalanan menuju tempat wisata. Kalian akan dibayar sesuai dengan jumlah kata.

8. TRAVELINGYUK
Website traveling yang beralamat di Malang ini menerima tulisan yang berhubungan dengan wisata, kalau bisa yang mengupas sisi lain/keunikan dari setiap obyek wisata. Lebih disukai lagi jika tulisan kalian berdasarkan pengalaman pribadi. Dan tentu saja, ada fee di setiap tulisan yang diterbitkan.

9. HOLIDAYISLOMBOK
Sesuai namanya, website ini menerima tulisan yang berkaitan dengan segala macam wisata di Lombok. Kalian memang tidak langsung mendapatkan bayaran saat menjadi kontributor. Akan tetapi, setiap bulan akan ada undian berhadiah bagi kontributor yang beruntung. Tidak hanya itu, kalian juga punya kesempatan untuk meliput kegiatan yang diadakan oleh situs ini.

10. PHINEMO
Komitmen Phinemo adalah menyajikan beragam informasi terbaru yang dibutuhkan pembaca tentang traveling. Kalian memang tidak mendapatkan uang, namun merchandise menarik siap dikirim ke alamatmu setelah menulis minimal 5 artikel.

11. TED WEGO INDONESIA
Travel Editor Desk menerima tulisan seputar traveling baik dalam maupun luar negeri. Kalian tidak hanya akan mendapat reward ketika menjadi kontributor di sini, namun juga mendapatkan tips-tips seputar tulisan/catatan perjalanan.

12. TRAVELBLOG.ID
Situs yang sekarang sedang mengadakan lomba review ini menerima tulisan seputar jalan-jalan beserta tipsnya, seni dan budaya, serta info lain yang berkaitan. Kalian akan mendapat poin di setiap tulisan yang kalian terbitkan. Nantinya, poin tersebut bisa ditukat dengan benda-benda tertentu.

13. JALAN2KEJEPANG
Sesuai dengan namanya, maka informasi wisata yang disajikan di sini ya tentu yang berbau JEPANG. Jika kalian pernah ke Jepang atau punya info akurat tentangnya, coba saja jadi kontributor di sini. Kalian berkesempatan jadi kontributor tetap dengan insentif yang menggiurkan.


Itulah 13 situs jalan-jalan yang membayar kontributornya. Buat kalian yang tertarik berbagi informasi tentang jalan-jalan sekaligus ingin mendapat penghasilan tambahan, bisa tuh jadi kontributor di salah satu atau bahkan semua situs di atas.

Atau, kalian punya informasi lain situs yang juga menerima tulisan jalan-jalan? Share di sini, yuk. Kita berbagi. :)

Semoga bermanfaat, ya.




  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. Siappp ngirim2 melebarkan sayap, insyaa Allah. Hahaha. Aku lagi asik ngumpulin poin di travelblog.id hihihi. Btw, kl yg offline ada juga miy di Jawa Pos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamate opo mak
      Trus dijwb gugling mi
      Wkkk
      Oalah pean wes ndisiki po
      Kweren wes

      Delete
  2. Waaah wajib bookmark ini, saya baru tahu semua.

    ReplyDelete
  3. Mantap, langsung bintangin...

    Makasih mbak

    ReplyDelete
  4. Wah seru juga nie ya. Buat yang sering jalan-jalan bisa jadi sumber rezeki tambahan. 🥰

    ReplyDelete
  5. Masya Allah Kak Miyo, tulisannya bikin pingin jalan-jalan terus deh

    ReplyDelete
  6. Waaah manfaat banget, Mak. Aku juga lg nyari situs jalan2 yg dibayar. Diantara ke 13 itu, mana yg paling rekomen, Mak? Yg dibayar langsung dan gak ketat gitu qiqi

    ReplyDelete
  7. Wah sangat bermanfaat Mba, kunjungi juga website ku nandurwit.com

    ReplyDelete
  8. Langsung aku save ini mba. Senang sekali bisa mampir ke mari. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  9. Aku baru tau ada situs kayak gini, lumayankan siapa tau pengalaman travelling yang ditulis ngga cuma jadi memori tapi bisa menghasilkan juga. Moga moga aku ada kesempatan travelling lagi taun ini . Aamiin

    ReplyDelete
  10. Baru ikut yg travelblog.id. thanks infonya mom's taka

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat banget kak, makasih banget yaa okayy

    ReplyDelete
  12. Makasih bunda. Mau coba ah. Anyway, sy suka gaya bhsnya.

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)