Menulis di 111 Situs Ini Memberimu Keuntungan, Salah Satunya Uang

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - July 31, 2018

Menulis di 111 Situs Ini Memberimu Keuntungan, Salah Satunya Uang


Zaman sekarang, kita enggak cuma bisa nonton TV atau baca koran saja untuk bisa tahu informasi terkini, entah itu yang sifatnya penting atau sekadar gosip receh. Cukup pantengin media sosial atau media online, segalanya ada. Ketika pengin tips tertentu, misal pengin tahu resep cantik alami dari dalam, cukup gugling, maka dalam waktu kurang dari semenit -dengan asumsi kalau koneksi internetnya cepat-, akan tersedia beragam situs yang siap menjawab semua kegalauan kita. 

Selain berbagai macam media sosial, kita mungkin sudah enggak asing lagi kan dengan media online seperti Idntimes, Brilio, sampai lambeturah (eh ini bukan, sih). Mereka adalah beberapa di antara sekiaaann baanyaak media online yang ada di Indonesia yang memberikan kontribusi informasi pada pembaca, salah satunya mungkin kita.

Jika dulu atau selama ini, kita mungkin hanya sebagai pengguna pasif, dalam artian cuma jadi pembaca aja, sekarang kita bisa ikut menjadi bagian di dalamnya. Kita bisa menjadi pengguna aktif alias penulisnya atau istilah lainnya.. kontributor. Kita bisa menulis untuk berbagi informasi dan mendapatkan bonus yang bisa berupa uang atau hal lain.

Nah, dari hasil pantauan saya beberapa waktu belakangan ini (edisi niat), ada sekitar 111 situs bahasa Indonesia dari berbagai bidang yang bisa kita coba. Memang, tidak semua situs tersebut memberikan bonus berupa uang, ada yang berupa merchandise atau yang lain.

Apa saja? Langsung aja, ya. Ini dia... mereka.... (plus link untuk gabung)

  1. Tripcanvas. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan traveling, perjalanan, dan hal-hal seputar keindahan wisata Indonesia. Kita bisa menawar berapa kompensasi yang ingin kita dapatkan. 
  2. Traveloka. Jika memiliki tulisan seputar perjalanan yang enggak biasa dan menyenangkan, kita bisa mengirimkannya ke sini. Kontributor mendapatkan bayaran untuk setiap tulisan yang dimuat. (Update 2020: sudah tidak ada).
  3. Traveler. Bagi yang hobi traveling dan punya banyak informasi mengenai kuliner, budaya, dan hal apa pun tentang tempat wisata yang pernah dikunjungi, bisa menjadi kontributor di situs ini. Kontributor akan mendapatkan fee. Namun sebelum bergabung, calon kontributor akan di-review terlebih dahulu.
  4. Melalay. Menerima tulisan seputar wisata, perjalanan, budaya, dan hal-hal yang berhubungan dengan itu. Untuk setiap artikel yang dimuat akan mendapat fee plus bonus berdasarkan page view.
  5. Jalanbareng. Pernah melakukan perjalanan seru bareng teman atau keluarga kan ya pastinya. Nah, kita bisa menceritakan pengalaman seru tersebut di situs ini.  Dan, untuk setiap tulisan yang dimuat, akan diberikan kompensasi.
  6. Mataarah. Menerima tulisan jalan-jalan baik dalam maupun luar. Tulisan dibayarkan per view. (Update 2020: situs ini sudah tidak aktif).
  7. HolidayisLombok. Sesuai namanya, tulisan yang diterima tentu yang berhubungan dengan Lombok. Kontributor tidak langsung diberikan fee untuk setiap tulisan yang dimuat, namun berhak ikut undian untuk mendapatkan hadiah setiap bulannya. Selain itu, kontributor juga mendapat kesempatan untuk meliput kegiatan yang diadakan situs ini.
  8. Dolanyuk. Menerima tulisan yang berhubungan dengan promosi tempat wisata atau perjalanan menuju tempat wisata. Kontributor dibayar per tulisan yang dimuat. (Update 2020: tidak ada keterangan cara menjadi kontributor lagi).
  9. Phinemo. Berbeda dengan situs serupa lainnya, situs ini menerima tulisan khusus yang membahas tentang daerah. Entah itu wisata lokal, makanan khas, event di daerah, atau hal-hal yang berhubungan dengan itu. Kontributor tidak mendapat fee, namun merchandise menarik setelah menulis minimal 5 artikel.
  10. Travelingyuk. Menerima tulisan yang berhubungan dengan wisata atau promosi tempat wisata. (Update 2020: situs ini sudah tidak aktif).
  11. Ted Wego Indonesia
  12. Airport. Kontributor dibayar sesuai jumlah kata. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan bandara, traveling, dan eksplore Indonesia.
  13. Mongabay. Kontributor dibagi dua: resmi dan lepas. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan lingkungan. Kontributor, baik resmi maupun lepas, akan mendapatkan fee untuk setiap artikel yang dimuat dengan penghitungan per kata.
  14. Paktani Digital. Sesuai namanya, situs ini berisi informasi seputar pertanian. Untuk setiap artikel yang dipublikasikan akan diberikan bayaran sejumlah tertentu. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  15. Zonkeu. Website seputar keuangan, investasi, manajemen, dan yang sejenis. Artikel yang dimuat mendapat honor. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  16. Agen Asuransi. Situs ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan asuransi. Fee diberikan berdasarkan jumlah kata. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  17. Abisnis. Menyediakan informasi seputar ekonomi, gaya hidup, fotografi, teknologi, otomotif, dan pendidikan. Kontributor mendapatkan fee.
  18. Portal berita buku. Website seputar dunia kepenulisan. Kontributor bisa mengirimkan karya berupa esai, opini, resensi, fiksi, kisah inspirasi, dan tokoh. Untuk setiap artikel yang tayang akan ada fee. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  19. Resensi. Website khusus review buku. Penulisnya dibagi tiga kategori: kontributor (jika meresensi 1 - 10 buku), tidak mendapat honor; resentor (jika meresensi 11 - 100 buku), dapat honor; dan editor/penulis tetap (jika meresensi 100 - 1000 buku), dapat honor & bukunya akan diterbitkan oleh Resensi Press. Untuk mengirim karya, bisa melalui email resensiinstitute@gmail.com. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  20. Kertasbuku. Membahas tentang hal-hal seputar buku dan penulisan. Kontributornya dapat honor. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  21. Karepe. Berisi seputar resensi buku dan film. Kontributornya mendapatkan honor. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  22. Obetu. Menerima tulisan tentang review toko online dan jasa online. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  23. Ultima Music Indonesia. Membahas tentang musik dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Kontributor tidak mendapatkan honor, tapi souvenir. Karya bisa dikirim melalui info@multimamusicindonesia.com.
  24. The Inigo
  25. Nyonthong. Ingin mengirimkan cerita dalam bahasa Jawa, tapi enggak tahu ke mana? Coba saja ke Nyonthong yang menerima karya fiksi enggak hanya yang berbahasa Indonesia, tapi juga bahasa Jawa. Kontributornya dapat honor. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  26. Storial. Di sini, kita bisa menjual cerita per bab. 
  27. LiniFiksi. Menerima puisi dan fiksi mini. Kontributor yang tulisannya dimuat akan mendapatkan honor.
  28. Basabasi
  29. Mojok
  30. Animelovers. Pecinta anime, game, manga, atau segala sesuatu tentang Jepang bisa menyalurkan hobinya tersebut dengan menjadi kontributor di sini. Sistem fee-nya adalah dengan bagi hasil.
  31. Japanese station. Menerima tulisan seputar Jepang. Kontributornya dapat honor.
  32. IdHarvest. Menerima tulisan seputar game, utamanya sih tentang Harvestmoon (jadi ingat masa lalu). Kontributornya dapat uang.
  33. Kotak game. Menerima tulisan yang berhubungan dengan game, HP, PC, tekno, dan hal-hal yang berkaitan. Kontributor harus mendaftar dulu untuk kemudian diseleksi. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  34. Duniaku. Menerima tulisan tentang game, Jepang, anime, manga, dan hal-hal yang berkaitan. Kontributor akan dibayar per artikel. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  35. Bukugue. Website yang membahas seputar media sosial untuk awam. Kontributornya dapat fee. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  36. Revival TV. Menerima segala macam tulisan yang berhubungan esport dan game. Kontributor akan mendapatkan bayaran. Dan jika dianggap mumpuni, kontributor bisa diangkat menjadi penulis tetap.
  37. Jalan Tikus. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan teknologi, gadget, dan seputar itu. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  38. Klikmania
  39. Zonamania
  40. UcNews. Kontributor yang bergabung di sini di bagi dua: pemula dan lanjutan. 
  41. Kaskus kreator.
  42. Brilio 
  43. Nulis
  44. Ceritakita. Di sini, kontributor dibagi menjadi empat jenjang: junior, kontributor, senior, dan co-editor. Tulisan yang diterima adalah yang berhubungan dengan remaja. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  45. Kolom detik
  46. The Smarter Way by Shopback
  47. Idntimes
  48. Isigood. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  49. Doripos. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  50. Voxpop
  51. Takaitu
  52. Vebma. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  53. Plukme
  54. Meltik. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  55. Antvklik. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  56. Remotivi. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  57. Ofiskita
  58. Indovoices
  59. Geotimes
  60. Maxnyoos. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  61. Beautynesia
  62. Spicee. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  63. Popbela
  64. Womantalk
  65. Saliha. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  66. Zalora
  67. Tuturmama
  68. Rimma
  69. Cutecoconut
  70. Popmama
  71. Parentalk
  72. Bixbux
  73. Opini. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  74. Desakabut
  75. Lpmedukasi
  76. Bisa kimia
  77. Serempak
  78. Info Astronomi
  79. Kata
  80. Dental. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  81. Masyarakat Sehat. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  82. Wtimes website tentang tips diet dan semacamnya. Dapat fee? Ho oh
  83. Sobatask
  84. Run society. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  85. Dafunda
  86. Dee-nesia
  87. Famous
  88. Selipan
  89. Caper
  90. Ruang Inspirasi
  91. Bagooli
  92. Steemit
  93. Keepo
  94. Inspirasi
  95. Ilmuwp
  96. Plimbi
  97. Inwepo
  98. Warnabiru
  99. Janang. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  100. Nyimpang
  101. IIC
  102. Careernews
  103. Anaslee
  104. Nyoozee
  105. Teraju
  106. Ugetuget. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  107. Carayang
  108. Gadget review. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  109. Desantara. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
  110. Winnetnews
  111. Sumber. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
Untuk sementara ituu. Gimana? Lumayan banyak, ya. Kita bisa memilih yang sesuai bidang, kebutuhan, keyakinan, dan hati. Hehehe. Mungkin, Teman-teman ada yang ingin menambahkan? Silakan, yaa.

**


Tambahan per 22 September 2018:

112. MyJKT Tulisan tentang Jakarta dari berbagai macam "gaya". Penulis dapat fee berupa pulsa gopay.
113. Estrilook Aku dapat info ini dari salah satu teman, Mas Huri.
114. Widiynews
115. Smallphreaker. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
116. Cerdaskan. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
117. Kuotamedia
118. Animenyus. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
119. Tangga. (Update 2020: tidak ada keterangan lagi tentang kontributor).
120. Detik_org
121. Milenial
122. Reviensmedia
123. Sriwijaya
124. MoneyInsight
125. The Shonet

  • Share:

You Might Also Like

52 comments

  1. Astagaaaa, banyak yaaaa. Udah happy aja nih pingin nyoba satu2 ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. asikkk
      hayukkk
      khusus jeng uphiet yg keuangan y esp akuntansi wkkk peace

      Delete
  2. Banyak juga ya ternyata kereeen siap siap nulis kalo gitu :)

    ReplyDelete
  3. Mantep ada banyak banget..
    Peluang nih buat para content writer.
    Sembari melatih dan mengasah kemampuan menulis..

    Yok akh dicoba..

    ReplyDelete
  4. pertama kali liat hasil share di twitter, ada 111 situsss... wow banyak sekali...

    bisa dipilih sesuai dgn bidang ya

    ReplyDelete
  5. Woow banyak pilihan nih asyiik. aku bookmark ah...

    ReplyDelete
  6. wowowow komplit banget mbaa sampe 111 :D

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah langsung tak bookmark mbak wkwk. Syukron mbak.

    ReplyDelete
  8. Saya familiar dengan beberapa situs ini. Menarik mencoba mengirim tulisan di situs2 lain yang saya baru tau. Terima kasih ingin ya,mbak 😊

    ReplyDelete
  9. Wah, keren banget nih! Terima kasih ya, Kak?

    ReplyDelete
  10. Banyak bangetttsss
    Bingung LOL

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Untung ngecek.. Ternyata ada update beberapa nii
      Big thanks pokoknya wat mba yg satu inii😘😘😘

      Delete
  12. Mbak Yosi kasih keterangan dong jangan cuma judul dan linknya

    ReplyDelete
  13. Ternyata banyak banget. Makasih infonya ya, mbak Yosi

    ReplyDelete
  14. Wowwwww, keren banget listnya mbak. Banyaaaakk ya ternyataa

    ReplyDelete
  15. Cuma tahu beberapa. Astaga, ternyata banyak yg gak tau. Makasiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mbaa
      Ad beberapa yg udah g berlaku lg
      Skrg ad 135 tp blom sy apdet hehe

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. wew, aku bagikan info ini ke mentemen yg ikutan writing class ya Miy, biar di bookmark. Btw, yg nulis udah nyoba yg mana aja? Bikin artikel pengalaman dongs, hehe

    ReplyDelete
  22. Banyak banget situsnya teryata. Tapi satu dua situs saja cukup deh menurut saya

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)