Mengenal Rasulullah dalam 365 Hari

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - May 10, 2019


Judul: Mencintai Rasulullah, 364 Hari bersama Nabi Muhammad SAW
Penulis: Nurdan Damla
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 502
Tahun: 2009
Didapat dari: Gramedia Digital

Bagaimana kita bisa mencintai seseorang jika tidak pernah kenal. Dan, bagaimana mungkin bisa kenal jika menutup hati. Konon, manusia memang ada kecenderungan untuk membenci apa yang belum atau tidak ia ketahui. 😊

Bagi umat muslim, Rasulullah adalah teladan dan panutan. Tapi, seberapa kenalkah kita dengan beliau? Sudahkah hati kita bergetar ketika nama Rasulullah disebut? Pernahkah kita tiba-tiba teringat Rasulullah kemudian menangis haru? Katakanlah untuk hal yang sifatnya receh. Misal kita melihat seseorang dikucilkan dalam sebuah kelompok sementara yang lain bergerombol, bisik-bisik, kemudian tertawa. Lalu, kita bicara pada diri sendiri, "Ya Allah tega banget, ya. Kalau Rasulullah enggak akan gini. Kata Rasul kalau ada tiga orang sedang bersama dalam suatu ruangan, dua yang lain sebaiknya enggak kasak-kusuk mengabaikan yang satu. Ya Allah," kemudian air mata keluar dengan sendirinya. Atau, ketika kita melihat seorang anak memaki-maki ibunya yang sudah renta, hati kita berteriak sambil seolah ingin bilang, "Kata Rasulullah muliakanlah ibu. Ibumu, ibumu, ibumu, Ya Allah kok tega ya tu anak,"

Ya, bagi umat muslim, Rasulullah adalah sebaik-baiknya panutan. Tapi, sudahkah kita mengenal beliau sebagaimana kita mungkin sangat kenal karakter fiksi superhero favorit beserta hobi atau tinggalnya.

Jika kalian belum tertarik untuk membaca buku berat tentang Rasulullah atau tidak punya cukup waktu untuk membaca saking sibuknya atau ingin menjadikan kisah keteladanan Rasulullah sebagai dongeng untuk anak-anak, maka buku ini bisa jadi pilihan bacaan. Sedangkan kalau untuk anak-anak, buku ini seolah ingin mengenalkan mereka tentang Rasulullah dengan bahasa ringan dan mudah dicerna serta diingat.

Sebagaimana judulnya, penulis ingin mengenalkan Rasulullah kepada pembaca selama 365 hari lengkap mulai dari beliau lahir hingga wafat. Setiap pembahasan juga enggak terlalu panjang sehingga tidak akan membuat pembaca bosan. Meski demikian, informasi yang disampaikan cukup padat dengan sumber referensi terpercaya.

Setelah membaca buku ini, pembaca akan tahu seperti apa keseharian Rasulullah, bagaimana sikap Rasulullah dengan anak-anak yang begitu memanusiakan, sesederhana apa Rasulullah, seperti apa beliau menyikapi orang yang membenci & menzalimi, dan betapa beliau meskipun manusia istimewa tapi sama sekali tidak mau diistimewakan & diperlakukan berbeda, serta hal lainnya yang mungkin akan menyadarkan bahwa kita masih sangatt jaauuhh dari sikap meneladani Rasulullah.

#30HariMemetikHikmah
#TantanganMenulisIPMalang
#RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-5

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)