Menikmati Awal Puasa dari Masa ke Masa di 7 Kota

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - May 04, 2019


Assalamu'alaikum, Sahabat semuanya. Apa kabar? Semoga selalu baik dan dalam lindungan Allah. Aamiin.

Enggak terasa ya kalau beberapa hari lagi kita akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Rasanya baru kemarin, eh tahu-tahu datang lagi. MasyaAllah. Alhamdulillah.

Sehubungan dengan itu, maka tema blog saya bulan ini adalah yang berhubungan dengan Ramadan atau yang berkaitan. Moga-moga bisa rajin ngeblog setiap hari di tengah kesibukan mengurus bocah lanang aktif 2 tahun dan menyelesaikan proyek buku SMK kelas XI. Cucol detected. Wkk.

Balik lagi, yaa.

Ngomong-ngomong soal puasa, kalian menjalankannya di mana tahun ini? Apakah sama dengan tahun kemarin?

Di mana pun itu, tentunya setiap tempat memiliki keseruannya sendiri-sendiri, ya. Mereka semua pasti istimewa. Termasuk, 7 tempat yang saya ceritakan di postingan kali ini.

1. Puasa di kampuang halaman

Setujukah kalian jika puasa di kampung halaman tetap yang terbaikk? Mungkin, karena di sana ada banyak kenangan. Atau, mungkin juga karena kampung halaman adalah saksi sejarah kita dari mulai enggak bisa apa-apa hingga menjadi "seseorang".

Bagi saya sendiri, puasa di kampung halaman makin terasa istimewa ketika merantau. Mungkin, kangenlah penyebabnya.


2. Puasa di Surabaya

Saya sempat menikmati puasa di Surabaya ketika masih SMP, ketika kakak masih tinggal di sana. Biasanya, setiap libur puasa, saya menginap beberapa hari.

Bagi saya yang aseli orang gunung, puasa di ibu kota Jawa Timur meski masih satu provinsi tetap terasa berbeda. Hawanya tentu saja jauh lebih panas. Jika di kampung halaman saya, Junrejo, kudapan favorit saat berbuka adalah kolak hangat. Maka, di kota Pahlawan sebaliknya. Segala macam es atau minuman dingin menjadi pilihan utama. Yaa, meski tahu juga sih kalau enggak sehat. Hehehe.


3. Puasa di Bekasi

2009, 2010, 2011, & 2012. Cukup lama, saya -yang saat itu sudah menikah- menikmati puasa di kota Patriot ini. Ada begitu banyak kenangan di sini. Semua saya rangkum dalam foto di bawah ini.


4. Puasa di Palembang

Saya menikmati puasa di Palembang tahun 2009 dan 2010 ketika diajak mudik suami ke kampung halaman kakek neneknya. Hal yang paling saya kenang adalah bisa sahur dan buka puasa dengan makanan khas seberang yang jauh berbeda dengan di Jawa.


5. Puasa di Balikpapan

2014, 2015, 2016. Ternyata, 3 tahun saja saya menikmati puasa di kota minyak. Padahal, saya merasa sangatt lamaa. Xixixi. Sama seperti di Bekasi, ada begitu banyak peristiwa yang saya alami di sini. Semua saya rangkum melalui foto.


6. Puasa di Yogyakarta

Alhamdulillah, di 2016, saya sempat mencicipi sedikit puasa di Yogyakarta. Tepatnya, saat awal puasa. Seruu.


7. Puasa di Jepang

Alhamdulillah, ayahnya bocah diterima beasiswa S2 di Jepang. Jadi in syaa Allah kalau lancar kami akan boyongan ke sana. Artinya, puasa tahun depan ya di negara Matahari Terbit sana. Mohon doanya, ya. Aamiin.


Setiap orang pasti punya pengalaman seru mengenai puasa Ramadan, salah satunya tentang tempat puasa yang berbeda-beda karena tujuan masing-masing. Apa pun itu, semoga puasa kali ini bisa membuat kita jauh lebih baik lagi, ya. Aamiin.

Mohon maaf lahir batin ya, Temans.


Wassalamu'alaikum

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Waaaah, berpuasanya di beda daerah ya Kak, pernah di Jepang juga. Saya selama ini puasanya masih di Jakarta saja. Selamat berpuasa, Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jepang belom mbaaa wkk
      Tapi ditulis aja biar banyak yg doain biar ke sanany lancar
      Saling doa y sist
      Makasih kunjunganny

      Delete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)