Menikmati Kuliner Daerah Sabang saat Ramadan

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - May 12, 2019


Beberapa kali ke Jakarta, saya belum pernah mencoba kuliner daerah Sabang. Pernah sih sebenarnya, September 2018 kemarin. Tapi, jujur aja saya kurang menikmati. Mungkin karena kondisi saat itu sangat-sangat ramaii. Enggak masalah sebenarnya, cuma jadi lebih fokus ke bocah yang lagi senang-senangnya kilar-kilir ke sana ke mari.

Maka, ketika kali ini menginap di sekitaran Sabang, saya jadi penasaran pengin menjajal seperti apa daerah wisata kuliner yang konon lumayan terkenal itu. Apalagi, momennya juga pas ramadan. Ya kali penjualnya makin banyak dan variatif juga jajanannya.

Dan, memang, setelah mengamati lebih lama daripada kunjungan sebelumnya, saya mengerti jika daerah ini disebut pusatnya kuliner. Sebab hampir semuaa ada mulai dari warung tenda hingga kafe atau restoran dan semacamnya. Mulai dari yang legend hingga yang kekinian. Lengkap.

Dari tempat menginap, tinggal jalan kaki aja, nyeberang, sampai. Dokpri.
Untuk pejalan kaki, tempatnya cukup ramah. Ya walaupun harus tetap waspada kalau bawa bocah. Dokpri.
Salah satu kuliner khas yang lumayan terkenal, nasi gandul. Dokpri.



Membuktikan sendiri dan ternyata benarr. Rasanya nonjok. Dokpri.
Plus sambel yang nampol banget, dokpri.
Fanatik sate kambing juga bisa cuz ke mari. Yaa, meskipunn raaamaaii. Dokpri.
Sate kambingnya endeuzz, dokpri.



Gulainya juga mantab, dokpri.

Buat yang harus banget makan di ruangan ber-ac, di Sabang juga banyak kafe dan resto. Dokpri.

Pengin kongkow-kongkow sambil ngopi juga hayukk, dokpri

Atau, sekadar ingin menikmati es krim sambil ngademin pikiran di tengah ruwetnya Jakarta, bisaa. Dokpri

Buat quality time bareng keluarga boleh juga, dokpri

Atau, father and son time, baikk. Dokpri

Buat warga Jakarta sekitar sini, daerah pusat kuliner Sabang nampaknya bikin ibu-ibu males masak atau justru ingin ikut berkiprah jualan. Sedangkan buat pengunjung seperti kami, daerah sini bisa untuk salah satu alternatif cuci mata di bidang kuliner. Apalagi jika memang menginapnya ya sekitaran sini. Ngalain jauh-jauh ke tempat lain menembus macet kalau yang dekat udah ada & lengkap.


#30HariMemetikHikmah
#TantanganMenulisIPMalang
#RumbelMenulisIPMalang
#IbuProfesionalMalang
#HariKe-7

  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. baca ini pas lagi terik2nya sinar matahari. apalagi yg bagian es krimnya widihhh 🤣 🤣 ujian bener. hehe terima kasih infonya mb, jd tau kl di Jakarta jg ada daerah bernama Sabang ^^

    ReplyDelete
  2. Tempat makan siang saya sehari-hari waktu ngantor di Menteng

    ReplyDelete
  3. Hwaaaa ini makanannya bikin pada ngiler semua, Mbak....

    ReplyDelete
  4. Duh, es krimnya menggoda banget Mbak. Sayang tempatnya jauuhh.

    ReplyDelete
  5. Saya kira itu sate maranggi mbak. Kesalahan nih baca siang-siang. Jadi ngiler. Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. aku penasaran loh sama nasi gandul, katanya enakkkk banget!

    ReplyDelete
  7. Wah nasi gandul,, gulai dan yang seger-seger bikin mantengin fotonya hihi

    ReplyDelete
  8. Nasi gandul, unik, ya,namanya. Mbak, lihat fotonya jadi pengen. Ups, puasa, hehe

    ReplyDelete
  9. Baru tahu ada kuliner Sabang, wah harus nyoba ke sini.

    ReplyDelete
  10. Untung bacanya mlm ngeces2 gk batal puasa wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah saya bacanya ketika malam sehabis makan. hehehehe.
    Penasaran sama semua sih... Jarang2 saya baca2 soal kuliner Sabang hihihi
    Ohya, adakah perbedaan sate kambing Sabang dg yg dijual di tempat lain, mbak?

    ReplyDelete
  12. Ya ampun, ternyata cuman saya yang salah ngerti. Kirain Sabang beneran, yang di ujung barat Indonesia itu, soalnya saya punya Tante di sana. Ternyata jalan Sabang deket Sarinah itu. Dulu saya pernah kerja di kantor deket situ, banyak banget yang enak-enak. Ada mie juhi, rujak serut, sate ayam, roti cane, semuanya enak. Kalo malem apa lagi, tambah seru. Ada satu bakery di sana yang legendaris banget, namanya Sakura Anpan. Kuenya enak-enak banget, terutama pie pisang dan puding karamel.

    ReplyDelete
  13. Kirain juga yang dimaksud dengan Sabang itu di Ujung Barat Indonesia ternyata daerah Sabang yang ada di tempat tinggal Mbak ya. Btw makanannya mantap-mantap deh. Ku jadi ngiler liatnya hehe

    ReplyDelete
  14. paling mau sama kopinya nih mbak Miyosi. Enak kali ya bisa eat out with family. Jadi kangen Ayahnya Julio hehehehe

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)