Pembuktian Ajaran Rasulullah melalui Fakta Sains

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - May 01, 2019


Judul: 35 Fakta Sains yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 150
Tahun terbit: Cetakan I, 2017
Didapat di: Gramedia digital

Buku ini berisi 35 fakta sains yang membuktikan kebenaran hadits Nabi Muhammad SAW. Bahasa yang digunakan penulisnya sederhana, mudah dicerna, namun sangat informatif.

Fakta sains yang pertama misalnya, adalah tentang mencuci tangan setelah bangun tidur. Rasulullah bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muttafaq 'Alaih, "Jika salah seorang dari kalian bangun tidur, janganlah ia memasukkan tangannya ke dalam bejana air sebelum mencucinya terlebih dahulu tiga kali karena ia tidak tahu ke mana saja tangannya itu bergerak saat tidur,"

Sekilas mungkin terlihat sepele. Padahal, tangan adalah alat transportasi tidak langsung semua bakteri, kuman, jamur, parasit, dan semacamnya. Dan saat tidur, kita tidak bisa mengontrol tangan ini menyentuh apa (sesuatu yang berkuman atau tidak). Itu sebabnya, untuk lebih amannya, sebaiknya bangun tidur cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh yang lain, lebih-lebih sebelum menyentuh makanan.

Di halaman lain, 84, dijelaskan tentang cara meredakan marah. Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ahmad, "Jika salah seorang dari kalian marah dan dia sedang berdiri, hendaklah dia duduk. Jika amarahnya belum mereda, hendaklah ia membaringkan dirinya,"

Penelitian ilmiah kemudian membuktikan bahwa saat berdiri hormon adrenalin dan non adrenalin akan meningkat. Maka dengan mengubah posisi ke lebih rendah, diharapkan kedua hormon tersebut akan turun dan kemarahan akan mereda. Jika tidak lebih tenang juga, Rasulullah kemudian menyarankan untuk wudhu atau mandi. Menurut penelitian ilmiah, air dingin bisa menenangkan saraf sekaligus meredakan marah.

Bab lain misalnya tentang ibu menyusui. Mereka pasti sudah sangat akrab dengan anjuran untuk memberikan ASI karena manfaatnya yang luar biasa. ASI mengandung protein yang mudah dicerna bayi baru lahir, kolostrum untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lemak variatif yang mudah dicerna, laktosa, aneka vitamin, zat besi, taurin, dan masih banyak lagi. Dan ternyata, semua itu sesuai dengan hadits Rosul tentang penyusuan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Malik.

Selain tiga fakta sains di atas, masih ada 32 fakta lain yang tidak kalah menariknya yang semuanya membuktikan ajaran Rasulullah.

Buku ini tidak hanya cocok untuk anak-anak, tetapi juga orang tua.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)