14 Bukti Indahnya Akhlak Rasulullah

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - May 02, 2019


Judul: 14 Kebaikan dari Nabi Muhammad SAW
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Kalil
Tahun: 2012
Halaman: 164
Didapat dari: Gramedia Digital

Michael H. Hart, guru besar astronomi dan fisika, menempatkan Rasulullah di urutan pertama dalam bukunya "100 Tokoh Paling Berpengaruh dalam Sejarah". Meskipun banyak pro kontra, nyatanya karyanya begitu fenomenal dan diterjemahkan dalam banyak bahasa. Rupanya, tidak sedikit orang yang tertarik dengan Rasulullah baik secara terang-terangan maupun diam-diam dan baik yang tertariknya karena mengagumi maupun sebaliknya.

Sebagai muslim, tentu Rasulullah adalah panutan kita. Keindahan akhlak beliau memang sudah sepatutnya diteladani.

Seperti, yang dipaparkan penulis. Setidaknya, ada 14 jenis kebaikan yang dimiliki Rasulullah yang disinggung di buku ini. Apa saja? Dapat dipercaya, penuh kasih sayang, tidak mendendam, sopan, rendah hati, sederhana, sabar, menjaga kebersihan, penuh perhitungan, pemurah, suka memaafkan, tidak membebani orang lain, dan tidak suka mempermalukan orang lain. Masing-masing karakter mulia Rasulullah dijelaskan secara gamblang disertai peristiwa yang membuktikannya.

Saat membaca salah satu karakter Rasulullah yang sederhana, saya jadi teringat beragam tulisan yang baru-baru ini sedang "in" karena saya juga membacanya. Tulisan tersebut intinya tentang penyederhanaan hidup yang salah satunya dengan tidak menimbun barang-barang yang enggak perlu. Ehm, padahal jauh sebelum ini, Rasulullah memang sudah mengajarkan dan mencontohkan untuk hidup sewajarnya saja, sederhana saja, tidak berlebih-lebihan.

Buku ini seolah bisa kita jadikan bahan renungan serta pembelajaran untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Rasulullah yang cobaannya jauh lebih berat saja enggak banyak ngeluh dan tetap bisa bersikap mulia, masa kita yang cobaannya enggak ada sepersekiannya beliau semudah itu baper, menyerah, dan marah seolah jadi manusia paling menderita sedunia. Ah, maluu sekali ya rasanya.

14 jenis kebaikan Rasul yang ditulis di sini juga bisa dijadikan bahan cerita ke anak-anak untuk menanamkan karakter positif kepada mereka sejak dini. Atau, jika anak-anak sudah pandai membaca, buku ini bisa menjadi salah satu teman main mereka.

Gaya penulisan yang "membumi" memang membuat buku ini bisa dinikmati siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Termasuk, ibu-ibu yang sangat sibuk dengan tugas domestik dan pekerjaan lainnya yang hanya memiliki waktu sedikit setiap harinya untuk membaca.

Rasulullah, we love you. ❤



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Buku bagus. Cocok buat mengisi Ramadhan nanti, banyak hari libur, kudu ada buku bacaan untuk anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbaa
      Buat emak2 sibuk buku ini juga cocok karena bahasany gak berat hehe

      Delete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)