10 Years Challenge

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - January 16, 2019


Wuihh, udah lama juga enggak update blog. Yaa, walaupun belum ada seminggu, sih. Hehehe. Beberapa hari yang lalu memang sengaja enggak mantengin medsos kecuali sekilas aja karena suami lagi pulang (cuti). Yaa, pengin memaksimalkan waktu berkualitas gitulah ya ceritanya dengan membahas banyak hal dari a sampai z. Heheheh.

Dann, enggak aktif beberapa hari di medsos aja, tahu-tahu ada #10yearschallenge. Awalnya sih enggak ngeh itu apaan. Ternyata, setelah teman-teman pada aplod foto mereka masing-masing... oalah itu ta maksudnya. 😁😂

Sebenarnyaa, jauhh sebelum ada challenge2an cem ini, aku tuh orangnya emang suka banding-bandingin aku yang sekarang sama yang dulu. Suami, saudara, dan teman-teman udah paham banget, sih. 

Terlepas dari pro kontra yang pasti ada ya, gerakan ngebanding-bandingin diri sendiri saat ini dengan yang dulu itu punya beberapa manfaat. Setidaknya, buatku yang hobi bikin ginian sih seperti ini manfaatnyaa:

1. Jadi tahu kita dulu tuh kayak gimana. Ya, kadang-kadang harus "diingatkan" lagi, kan. Hehehehe.

2. Jadi tahu progress kita seperti apaa, misal tambah cantik atau sebaliknya atau gimana. Beberapa teman mengaku sekarang ini lebih fresh dan muda (dan emang benar). Katanya sih mereka emang lebih menikmati ngejalanin idup, lebih positif, dan lebih pinter juga milih temen (pilih yang auranya positif & optimis). Ternyata, semua itu berpengaruh ke penampilan. Enggak heran, makin tua malah makin segerr. Kan pengalaman macam begini bisa buat pelajaran juga. Jadi emang penting banget kan mindset itu karena secara enggak sadar bisa berpengaruh ke semuanya.

3. Sadar bahwa KURUS atau BERISI itu enggak ujug-ujug kayak sulapan. Ya contohnya diriku, 10 tahun yang lalu benar-benar kurus. Saking kurusnya, ada beberapa orang yang komen "kurang gizi kau," atau "gizi buruk". Walau di luar ketawa-ketawa, tapi rada baper juga, sih. Bukannya apa-apa, ya keinget aja gimana orang tua udah ngasih makanan yang sangat bergizi dan terjamin. Lha kalau dibilang kurang gizi kan secara enggak langsung ngomentarin emakku. Tapi ya udah, mungkin yang bilang gitu gak ada maksud. Kalau aku sih sebisa mungkin enggak komen cem gitu ke temen-temen yang kurus. :)
10 tahun kemudian, aku yang kurus berubah jadi... "real woman has many curves" wkwkwk. Dan proses nimbun lemaknya itu enggak ujug-ujug. Enggaakkk. Beneran butuh waktu yang mayan lama.
Beberapa teman yang 10 tahun berisi pun ada yang sekarang jadi kurus. Samaa. Ini pun prosesnya enggak instan.
Jadi kesimpulanku adalah... siapa pun yang pengin kurus atau berisi sabar aja ya selain berusaha tentunya. Pasti suatu saat akan terjadi kok, tapi enggak tahu berapa tahun lagi. Xixixi.
Dan, tentunyaa... bisa nyimpulin kayak gini salah satunya dari mana? Ya dari bandingin alias ngejejerin dan ngejembrengin foto sekarang sama dulu.

4. Menurutku sih mending bandingin diri sendiri sekarang sama yang kemarin daripada bandingin diri sendiri dengan orang lain.

5. Setelah tahu kita yang sekarang itu gimana, terus dulu (10 tahun yang lalu) itu gimana, selanjutnyaa... kalau aku sih biasanya bikin macam evaluasi ke depan apa aja yang mesti ditingkatin dan apa aja yang mesti diubah jadi lebih baik.

Ini beberapa fakta hobiku yang suka banding-bandingin diri sendiri yang sekarang dengan masa lalu.

Foto yang aku upload 24 April 2018 ini memperlihatkan diriku saat masih kurus (mau nikah) lanjut ke membengkak banget (setelah lahiran) dan mulai menyusut.

Foto ini aku dan suami pas SMA, kuliah, nikah
Pas sama-sama manggung: kecil vs dah jadi emak-emak

Sama kakak tercinta, nihh

Kalau yang ini sama ponakan
Zaman SMP vs pas dah jadi emak-emak
Zaman cupu vs zaman gak cupu xixixi apa sih

Bedanya, semua foto yang aku upload di FB itu kusetting yang bisa lihat cuma aku aja. Yaa, ada sih foto yang kusetting biar teman-teman tahu, tapi cuma satu atau dua. Sisanya, lebih nyaman kalau cuma aku aja yang tahu. Xixixi.

Kalau kalian gimanaa? Hikmah apa yang kalian dapat dari 10 years challenge ini? Beuhh... hikmahh... beratt euyy. Xixixi.

Semoga kita yang sekarang bisa lebih baik daripada kita yang dulu, yaa.

  • Share:

You Might Also Like

7 comments

  1. Tanteee
    Ada fotokuuu 🤣🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
  2. Waaahhh itu foto jadul ada semuaa.. saya males bongkar.. ga tau ada dimana. Dan mungkin ga ada juga hahaha

    ReplyDelete
  3. Foto 2009 pada enggak Ada, apa saat itu saya blm maen hp.nan kali yah. Sedihnya hehehe bagi izzah hikmahnya adalah membuat aku harus semangat memperbaiki diri lagi dan lagi hehehe

    ReplyDelete
  4. waaaa. percaya deh kalo Miyo selalu bikin kolase jadul vs sekarang, mayan penting buat dokumentasi ya. Kalo buatku, hikmahnya bs lbh refleksi diri dan ngejar waktu yg ga tau kita brenti bernapas di tahun brp :)

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)