Pulang Itu Apa?

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 27, 2022

Manado terik hari ini. Setelah menginap semalam di Tondano, kami bertolak ke Tomohon kemudian pulang. Wait, pulang? Ehm, sebenarnya sudah sejak lama aku bertanya pada diri sendiri: pulang itu apa? Saat tinggal di Tsukuba, kami menyebut Ichinoya sebagai tempat pulang setelah berpetualang ke Jepang bagian lain. Saat di Balikpapan, kami menyebut Pondok Karya Agung sebagai pulang. Pun saat tinggal di Lampung, Bekasi, termasuk kampung halaman kami Batu. Jadi, pulang itu apa? Tiap orang punya definisi berbeda ternyata. Bagi perantau atau nomaden seperti kami, Manado berarti pulang (karena saat ini tinggal di sini). Namun, ke Batu kampung halaman juga kami sebut pulang.

Ah, sudahlah, daripada rempong dengan definisi PULANG, lebih baik menikmati yang ada saat ini. Yes, Manado terik hari ini sebagaimana yang aku tulis di awal. Efeknya? Ehm, petangnya jadi nampak sangat indah. Ya, meskipun saat hujan indah juga sih tapi dalam bentuk yang berbeda. 

Seperti biasa, setiap selesai berpetualang dari daerah lain dan kembali ke Manado, kami selalu mampir ke daerah reklamasi Megamas sebelum benar-benar ke rumah. Nongkrong dulu di situ sebentar seolah puas-puasin sebelum nanti pindah lagi... eh. Huehehe, yeahh... ngomong-ngomong, udah mau setahun nih di Manado. Enggak kerasa, ya. Ke mana ya takdir akan membawa kami berpetualang selanjutnya? Dan, kapan? 😂🤣 Yang terakhir becanda yess mungkin efek teman-teman yang cukup dekat denganku pada mau pindah karena suaminy pindah tugas & ada yang sekolah juga. Ya, begitulah dunia. Tak ada yang abadi. Pintar-pintarnya saja kita menikmati sambil menunggu Allah memanggil untuk beneran... PULANG. Semangat menjalani hari-hari, ya!

Ini foto-foto Manado hari ini (cuma daerah Megamas & Jembatan Soekarno aja)







  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)