Anakku

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 18, 2022

 

Adaptasi bukanlah hal yang mudah (meskipun bukan berarti susah). Jangankan bocah 4 tahun, yang sudah dewasa saja kadang masih suka mengeluh. Kok gini ya, kok beda sama sebelumnya, dan kok kok lainnya. 

That's why, Bunda bangga denganmu yang enggak pernah mengeluh meskipun diboyong ke mana-mana. Udah nyaman di A, pindah ke B. Udah nyaman di B, pindah ke C. Begitu seterusnya. Sesekali kamu memang bertanya, wajarr, tapi ya sudah enggak lebay juga, enggak yang tiap detik bertanya bagaimana. Jalani, begitulah.

Anakku, dunia memang tempatnya berjuang, mengasah segala macam kemampuan dan belajar berbagai macam hal. Hidup adalah petualangan dan perjalanan. Bersyukurlah sejak kecil sudah terlatih beradaptasi dari satu tempat ke tempat yang lain karena sejatinya hidup selalu berubah dan mereka yang bisa beradaptasilah yang mampu bertahan. Begitu katanya.

Nak, kelak kamu akan bertemu dengan berbagai macam karakter manusia. Dari mereka, kamu akan banyak belajar juga.

Nak, hidup bukanlah persoalan bagaimana membuat orang lain terkesan. Itu tidak penting karena nyatanya hanya Allah yang benar-benar tahu seperti apa kita, hanya Allah yang berhak dan pantas menilai. Hidup adalah pembelajaran. Kadang kamu bertemu kekecewaan, kadang kebahagiaan. Kadang kamu dihadapkan pada hal-hal yang menantang, kadang kemudahan.

Semangat, ya.

😊

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)