Kumpulan Kisah "Berdamai" dengan Corona dari Negeri Sakura

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - November 30, 2021

2021 tinggal beberapa minggu lagi, tapi Covid-19 yang sudah bermutasi masih enggan untuk pergi. Banyak yang berubah karena makhluk kecil tak terlihat ini. Bekerja dari rumah yang dulu dianggap tidak lumrah adalah salah satunya. Tidak ada lagi pertanyaan di rumah ngapain aja karena hal yang dulu dihindari/ditakutkan khawatir dianggap tidak produktif sekarang malah sangat dianjurkan. Sesungguhnya, manusia memang makhluk yang pandai beradaptasi sepahit apa pun kenyataan yang harus dihadapi. 

Tidak sedikit yang kemudian mengabadikan kisah perjuangannya di masa pandemi dalam bentuk tulisan, salah satunya Forum Lingkar Pena Jepang. Melalui karya antologi berjudul "Berdamai dengan Pandemi", para penulisnya yang notabene berasal dari beragam prefektur/profesi/serta latar belakang (beberapa sudah BFG) mencoba berbagi kisah bagaimana menghadapi Covid-19 dari Negeri Sakura. Salah satu harapannya... semoga bisa menjadi insight baru bagi teman-teman yang ada di Indonesia.

Buatku pribadi, salah satu hal terbaik di antara sekian banyak yang diterima selama tinggal di Negeri Sakura beberapa waktu yang lalu adalah... menjadi bagian dari buku bertajuk "Berdamai dengan Pandemi" tersebut tidak hanya sebagai penulis melainkan juga penyunting bersama partner kece yang juga inisiator karya ini, Mbak Ega Dioni Putri. Membaca karya para penulis yang tersebar di beragam prefektur (beberapa sudah kembali ke tanah air), membuat diri makin sadar bahwa kita tidak pernah sendirian. Sungguh. Semua "terpukul" dan "terhantam", hanya bentuknya saja yang beda. Semua ini memang tidak mudah, tapi tolong jangan menyerah... walaupun kadang-kadang terasa... lelah. Tetap semangat untuk kita semua, ya. 

Kita tidak berjuang sendiri. Saling merangkul dan mendoakan, ya. Semoga dunia bisa segera tersenyum kembali. 

Selamat dan sukses untuk @flpjepang. Semoga makin produktif dengan karya-karyanya yang insyaallah bermanfaat untuk sesama.







(Sumber foto: IG Forum Lingkar Pena Jepang dan IG Bu Saleha Juliandi)

Pemesanan: https://www.salehajuliandi.com/product/berdamai-dengan-pandemi/


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)