Di Rumah Bisa Ngapain Aja?

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - November 09, 2021



Sebagaimana mata uang yang punya dua sisi berbeda, aku pun: meskipun suka halan-halan alias jalan-jalan, tapi bukan berarti enggak betah di rumah. Malah kalau sudah pewee ngendon, mau keluar rasanya malaasss, apalagi kalau cuaca sangat tidak mendukung. 🤣 Sebenarnya sih intinya satu, yes: di luar bisa, di dalam oke juga. Dua-duanya seruu kok.

Nah, di postingan kali ini, aku ingin lebih membahas di rumah bisa ngapain aja? Dan jawabannya adalah buaanyaakk. Hanya saja, karena secara kasat mata enggak terlihat kita ngapain (kecuali sengaja ditunjukkan di medsos kegiatan per hari/per jam), makanya di rumah aja identik dengan enggak ngapa-ngapain.

Buatku, produktif bisa di mana saja. Bukan masalah tempatnya, tapi ngapain/apa yang dilakukan. Bukan masalah di mananya, tapi sedang apa. Begitulah kira-kira.

Terus, di rumah bisa ngapain aja selain tidur?

1. Kerja online

2. Main sama anak (main plus belajar)

3. Menata kondisi rumah biar ada penyegaran

4. Meningkatkan skill apa pun dengan belajar via online entah itu mengikuti langsung atau hanya dengan melihat tayangan

5. Senam/olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah

Kelima poin di atas adalah yang suka/sering kukerjakan. Poin lain sih masih banyak, misalnya:

6. Berkebun

7. Memasak

8. Apa lagi?

Sebenarnya bagi orang-orang tertentu, di rumah dan sibuk sendiri tanpa harus orang lain tahu itu surga, maksudnya enggak masalah... meskipun sebagai makhluk sosial pastinya butuh interaksi.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah yang membuat kita jadi enggak bosan. Kalau masih bingung juga mau ngapain di rumah aja, mungkin beberapa poin di bawah ini bisa dipertimbangkan:

1. Hobi/kesukaan kita apa? Tidak semua orang suka berkebun/menulis/memasak/dll meskipun hampir semua orang bisa melakukannya. Nah, coba tanyakan ke diri sendiri, apa sih kesukaan kita? Kira-kira, bisa dipraktikkan di rumah, nggak?

2. Mencoba hal baru 

3. Masalah hidup kita apa? Misal, kita merasa perlu melihat tayangan seputar kesehatan mental sebagai refleksi diri (bukan mendiagnosis)

4. Menulis perjalanan yang pernah kita lakukan

5. Ada ide lagi?

Jalan-jalan memang sangat menyenangkan. Melihat dan mengamati kondisi sekitar, mentadaburi ciptaan Allah, mendapatkan pengalaman yang berkesan, dan lain sebagainya. Tapii, bukan berarti ketika harus lebih banyak di rumah saja hidup jadi membosankan. Jika itu memang yang terbaik yang harus dipilih saat ini, kenapa tidak. 

Beberapa waktu yang lalu, aku melihat tayangan di YouTube tentang kegiatan sehari-hari orang yang tinggal di pulau paling terpencil di dunia. Ehm, cara dia menceritakan kegiatannya begitu menarik. Sebagai penonton, aku jadi "tersihir". Bukan kemudian langsung ingin jadi dia tinggal di tempat terpencil, bukaann, tapi jadi semakin diingatkan lagii lagii dan lagii bahwa hidup selain harus diperjuangkan juga harus dinikmati, dirasakan. 

Semoga kita bisa menikmati sisa waktu yang ada, ya. 

Jalan-jalan, yes.

Di rumah aja, sip.

Semangat!






  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)