Hari ke-19 di Jepang: Udah ke Mana?

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - January 19, 2020


Udah hampir tiga minggu aku di Jepang sebagai pendatang. Udah ke mana aja, nih?

Ya, salah satu tujuan kami tinggal di sini memang untuk jalan-jalan. Mumpung! Yakali bolak-balik Indonesia - Jepang "cuma" buat plesir. Emak-emak hemat detected, wkkk. Aku tipe orang yang ketika berada di suatu tempat di mana pun itu akan berusaha mengeksplornya habis-habisan. Dari sisi ekonomi, itu lebih ngirit. Kumasih ingat ketika tinggal di Cikarang dulu, plesir ke Jakarta hampir tiap minggu. Berbekal sepeda motor, kami menjelajahi wilayah ibu kota dari ujung ke ujung. Yakali bolak-balik Malang - Jakarta. Saat di Bandar Lampung dan Balikpapan, enggak jauh beda. Di tanah kelahiran alias kampung halaman, apalagi. Pun di Jepang sekarang. Aku enggak mau menyia-nyiakannya juga.

Lalu, udah pergi ke mana, Mbak?

Aku data sesuai tanggal, ya!

1. Sampai Haneda jam 9-an pagi. Aku sempat lihat-lihat bandara bentar kemudian cuz ke Tsukuba dengan bus. Dari Tsukuba Senta, begitu mereka kerap menyebut namanya, kami langsung ke dormitory. Karena baru datang, jadi ya fokus beberes. Bersyukur, suami udah bersih-bersih, jadi pas aku datang udah rapi dan tinggal mengurus barang-barang yang kubawa dari Indonesia aja.
2. Belum lama di Jepang, dini hari aku udah merasakan gempa. Ehh, jadi ingat kalau negara ini emang langganan gempa, heheh. Paginyaa, kami ke Tokyo Station, lanjut ke Akihabara dengan Yamanote Line, setelah sebelumnya sempat jalan-jalan di sekitaran stasiun dan taman. Puas lihat-lihat Akiba for the first time, kami kembali ke Tsukuba, terus cuz ke Yorktown dan Daiso.
3. Aku enggak ke mana-mana, cuma di dalam dormitory aja. Pegel euy. LOL. Kegiatanku beberes, masak, dan mengamati peralatan rumah tangga di Jepang yang sedikit berbeda dengan tanah air.
4. Dari dormi, kami jalan kaki ke kampus suami, lalu lanjut naik bus ke Tsukuba Senta. Then, naik Tsukuba Express ke Kenkyu Gakuen, dekat bangett, ya karena Kenkyu Gakuen nih masih bagian dari Tsukuba. Di sana, kami ke Mall IASS.
5. Aku cuma mengeksplor sekitar tempat tinggal aja, jogging. Sorenya ke tetangga buat kenalan.
6. Aku ke Tsukuba City Hall buat melaporkan diri sebagai warga baru. Ya, sebagai pendatang di negara orang, selain lapor KBRI juga wajib lapor pihak Jepang. Selesai, aku mampir semacam plaza gitu, namanya Q & T.
7. Eksplor dormitoriku dan sekitarnya. Kubaru sadar kalau tempat ini sangat nyaman buat istirahat. Ada suara burung gagak dan banyak pohon. Sukaaa.
8. Jika sebelumnya suamiku menunjukkan tempat yang rada jauh untuk belanja keseharian, kali ini aku eksplor tempat yang cukup jalan kaki aja alias dekat dormi. Namanya konbini. Di sana, aku bisa beli beberapa bahan makanan. At least kalau pas kepepet bisa lari ke sini, dekatt bangett.
9. Aku ke City Hall lagi untuk melengkapi berkas-berkas yang kurang, yang berhubungan dengan anak, sih.
10. Eksplor jenis-jenis dormi di Tsukuba Daigaku. Ada empat: Ichinoya, Oikoshi, Hirasuna, Kasuga. Kalau enggak salah, ya. Secara, luass.
11. Ke Azuma, Chuo Park, Tsukuba Expo Center (lihat roket), diakhiri menghadiri acara Malam Cinta Indonesia di Nova Hall.
12. Eksplor jenis-jenis dormi lagi. Karena luass puoll kalau ditotal jadi enggak bisa dalam satu waktu. Harus nyicil. Wkkk.
13. Ke Minatoku, Tokyo Tower. Lanjut, Akiba. Kemudian, kembali ke Tsukuba.
14. Mempelajari rute jogging di daerah Tsukubadai.
15. Rebahan aja di dormi karena pegelnya numpuk keluyuran mulu. LOL.
16. Ke Asakusa, lanjut Tokyo Skytree, terus Akiba, berakhir di Tsukuba.
17. Mengeksplor Ichinoya Dormitory, tempatku tinggal. Ada tiga jenis: single, couple, dan family.
18. Dapat rekomendasi lagi tempat belanja selain Yorktown, yakni Seiyu. Ya udah cuz ke sana.
19. Leha-leha di dormi

In syaa Allah nanti akan dilanjut dengan keterangan masing-masing, yaa.

Sedikit berbeda dengan traveling yang juga seruu, berkesempatan tinggal di suatu tempat artiny kita diberi waktu untuk mempelajari banyak hal yang kelak berguna untuk kehidupan kita sendiri dan orang sekitar. Jadi, jangan pernah lelah belajar di mana pun itu. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)