Tips Terhindar dari Kecopetan di KRL

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 06, 2023

Foto saat acara. Enggak terlihat kalau baru aja dicopet, kan. Wkk

Pernah nggak ngalami kecopetan pas naik KRL? Aku pernah, semoga itu pertama dan terakhir aamiin. Meski peristiwanya sudah satu dekade lebih, tapi aku masih mengingatnya dengan jelas. Hikmahnya, aku jadi lebih bisa berhati-hati.

Pertengahan 2010 saat puasa, belum genap dua tahun aku menjadi warga ibu kota coret Bekasi coret Cikarang Pusat. Meski demikian, aku sudah lumayan sering mbolang, entah itu sama suami, teman-teman sekomunitas menulis, atau sendiri. Saat peristiwa naas itu terjadi, aku dan teman-teman Forum Lingkar Pena Bekasi akan mengikuti Buka Sahur Sastra di Rumah Cahaya Depok. Kami pergi rombongan, berangkat dari Stasiun Bekasi.

Yang namanya stasiun, apalagi sepuluh tahun yang lalu pastinya belum seperti sekarang ya, sudah tentu ramaiii. Biasanya, aku selalu waspada. Tapi, enggak tahu kenapa hari itu kok ya biasa aja. Aku becanda dengan teman-teman sambil menunggu KRL datang. Intinya melakukan hal yang normal. Sama sekali enggak ada firasat.

Enggak lama, si KRL yang kami tunggu muncul. Alhamdulillah. Orang-orang berhamburan ke luar masuk, termasuk aku. “Buruan, Mi. Jangan sampai kita kepisah-pisah,” begitu kata salah satu kakak mengingatkanku dan kujawab, “Okay, Mbak.”

Karena fokusku memang biar bisa segera masuk, kewaspadaan jadi menurun. Aku baru sadar kalau dompet yang aku kantongi di jaket… RAIB. Paniklah ya karena semuaaa barang-barang berharga ada di situ mulai dari uang, SIM, ATM, dan kartu lain.

Bersyukurr bangett aku punya teman-teman yang baik. Ada yang minjemin HP, ada yang beliin jajan, dan nawarin bantuan lainnya. Beragam banget. Pas nulis ini kok jadi terharu ya keingatt masa-masa itu. Autoingin nyanyi persahabatan bagai kepompong…. 🙂

Peristiwa tersebut membuatku jadi lebih berhati-hati lagi kalau berada di tempat ramai yang sekiranya rawan kejahatan. 

Nah, agar kalian enggak sampai kecopetan di KRL sepertiku, mungkin catatan dari mantan korban (alias aku) ini bisa membantu.

Apa aja sih yang sebaiknya enggak kita lakukan agar terhindar dari kecopetan di KRL?

  1. Jangan taruh HP atau dompet disaku jaket, celana, rok, atau apa pun yang serupa yang sekiranya bisa mengundang. Ini sama aja ngasih makan pencopet ibaratnya.
  2. Jangan juga meletakkan benda-benda berharga di tas dengan posisi yang sangat mudah dijangkau copet, lebih-lebih kalau tasnya enggak ditutup.
  3. Kalau emang enggak terburu-buru, enggak usah terobsesi ingin cepat masuk KRL meski berdesakan.
  4. Boleh banget ngobrol atau asik sendiri misal mainan HP, tapi jangan sampai enggak ngeuh dengan keadaan sekitar. Jangan sampai konsentrasi kita terpecah sampai enggak sadar kalau terseret dalam bahaya.

Di mana pun itu, kita memang harus waspada. Tapi mungkin perhatian kita harus sedikit lebih banyak saat berada di tempat ramai. Sebagaimana kata Bang Napi kan ya bahwa kejahatan itu bukan hanya karena niat, tapi juga karena adanya kesempatan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)