Materi dari Teh Rifka (Tsukuba), Juz 20

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 02, 2023



Materi dari Teh Rifka

Beberapa poin yang digarisbawahi dari Juz 20:

Surat An-Naml

Ayat 62

Allah menggambarkan sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah sebagai pengingat kaum qurais saat itu.

Allah akan mengabulkan doa orang yang ada dalam kesulitan yang hanya memohon kepada-Nya. Maka, berdoalah dan sampaikan segala hajat kita hanya kepada Allah.

Ayat 89 & 90

Tentang ajakan pada kebaikan dan kejahatan dimana keduanya sama-sama akan mendapatkan konsekuensi: mengajak kebaikan mendapat pahala, mengajak kesesatan mendapat dosa.

Surat Al-Qoshosh

a. Disinggung lagi cerita tentang Nabi Musa As, misal ayat 7 tentang wujud tawakal Ibunda Nabi Musa saat terpaksa menghanyutkan Nabi Musa, kemudian Allah berjanji bahwa kelak Nabi Musa akan kembali kepadanya. Dan, janji Allah itu benar adanya.

Hikmah: cerita-cerita tsb kelak akan menguatkan Rasul dan para sahabat ketika awal berjuang/berdakwah yang juga mengalami banyak tantangan, bahwa para pendahulunya pun juga mengalami hal yang sama.

b. Allah membalas orang-orang sombong dengan neraka.

c. Dalam kisah Qarun yang sangat kontradiktif dengan kisah Nabi Sulaiman (sama-sama diberi kenikmatan duniawi, tapi beda respon), Allah memberi pelajaran pada kita bahwa sombong terhadap yang dimiliki hanya akan membinasakan karena Allah tidak suka dengan orang yang membanggakan diri. 

d. Kelebihan dan kelapangan rezeki sesungguhny adalah bagian dari kekuasaan Allah. Maka jika kufur nikmat, akan merugi.

Surat Al-Ankabut

a. Ujian (baik sesuatu yang menyenangkan maupun tidak) adalah suatu keniscayaan untuk mengetes keimanan kita.

b. Perintah untuk berbakti dan berbuat baik kepada orang tua, namun ketika mereka mengajak ke hal yang tidak baik maka tidak boleh dituruti.

c. Janji Allah yang pasti akan menyelamatkan orang-orang yang teguh dalam keimanannya.

d. Orang yang mengambil pelindung kepada selain Allah ibarat laba-laba yang sedang membuat rumah (rumah yang paling lemah, rapuh, dan mudah rusak) dimana rumah tsb tidak akan bisa menjaga dan melindungi mereka.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)