Tingkatkan Kemampuan Menulismu dengan Berguru ke 5 Blogger Ini

By Miyosi Ariefiansyah - November 28, 2018

Blogger favorit


Sebenarnya kalau ditanya siapa blogger favorit saya, maka jawabannya rada susah. Bukan karena enggak ada, tapi justru karena saking banyaknya. Bagi saya, setiap blogger menginspirasi dengan caranya masing-masing.

Namun, karena sampai saat ini saya lebih banyak menulis buku dibanding ngeblog, jadi mungkin yang pertama kali ada dalam pikiran ketika diminta menuliskan 5 blogger favorit adalah mereka... orang-orang yang bergelut di dunia literasi, utamanya perbukuan. Bisa dibilang, blog mereka adalah referensi saya dalam meningkatkan kemampuan menulis selama ini.

Barangkali, teman-teman yang juga ingin menajamkan keahlian menulis bisa menyambangi 5 blog yang informatif ini.

Siapa saja mereka?


Yang PERTAMA, PAK BAMBANG TRIM, pemilik blog manistebu.com.
Sejak awal memilih dunia menulis sebagai profesi, blog manistebu.com sering saya kunjungi dari mulai blog tersebut masih menggunakan wordpress sampai TLD. Saya betah berlama-lama mengunjungi blog tsb karena memang hampir semuaa konten yang ada di sana sesuai dengan yang saya butuhkan. Di blognya Pak Bambang Trim, semuaa informasi terkait penulisan disajikan lengkap dan jelas.

Yang KEDUA, MBAK RINI NURUL BADARIAH, pemilik blog rinurbad.com.
Bisa dibilang, Mbak Rini adalah panutan saya dalam belajar menyunting. Di blog Mbak Rini tsb kalau boleh saya simpulkan ada TIGA bahasan utama: dunia menulis, menyunting, dan penerjemahan. Saya paling suka membaca "di balik layar"nya proses penyuntingan buku. Di samping itu, ada juga tips yang sifatnya teknis yang tentu saja sangat bermanfaat calon penulis/editor/penerjemah.

KETIGA, MBAK SITTA KARINA, pemilik blog.sittakarina.com.
Di blog Mbak Sitta ini saya biasanya baca tips menulis fiksi. Bahasanya runtut bangett dan enakk. Berharap setelah banyak baca teori di blog Mbak Sitta ini novel saya bisa segera kelar. LOL.

KEEMPAT, MBAK DINABEGUM, pemilik dinabegum.com.
Mbak Dina adalah penerjemah yang namanya sudah sangat diperhitungkan. Saya menemukan blognya Mbak Dina ini secara enggak sengaja dulu, tepatnya saat mencari info tentang penerjemah. Jadii, dulu saya pernah memiliki keinginan selain jadi penulis dan editor juga penerjemah. Bukannya maruk, sih. Ya, emang suka aja. Meski sampai sekarang saya belum jadi penerjemah, namun blognya Mbak Dina sering saya sambangi karena konten-konten yang disajikan bermanfaat juga buat saya dalam menulis buku.

KELIMA, MBAK CAROLINA RATRI, pemilik carolinaratri.com.
Isi blognya memang lebih ke tips-tips untuk menulis di media online. Tapi beberapa materi yang disampaikan di sana bisa diterapkan juga untuk menulis buku. Sebenarnya selain baca blog Mbak Carolina Ratri yang ini, saya juga suka kepoin blog Mbaknya yang lain yang isinya tentang review buku dari berbagai macam genre. Lumayan bisa menjadi masukan bagi saya dalam menulis buku dari sisi pembaca.

Selain mereka berlima, tentu masih baanyaakk penulis lain yang blognya sering saya kunjungi. Tapi masalah siapa saja mereka, izinkan saya dan Sang Pencipta aja yang tahu, ya. 🤣😂

  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. Bingung mau ngelistnya ya mbak.. hahha.. banyak yang kece soalnya.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb ewafebri juga loh dulu sblom ink aku sering berkunjung gara2 bullet journalny

      Delete
  2. Aku juga mbak, menguructkan jadi 5 blogger mah tantangan banget ini heheee

    ReplyDelete
  3. Mbak sitta Karina itu yg penulis novel ya?
    Mau belajar ke mbak Dina ah, paling gak terjemahin ke bahasa kalbu :D

    ReplyDelete
  4. Wahh, keren nih mbaa, recommended banget buat BW. Thanks ya mbaa. Salam kenal 😍

    ReplyDelete
  5. noted ini. maacih miyooo. Yg kusering kunjungi juga adalah yg terakhir aja nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mb CR terkenal di kalangan blogger dan penulis konten y, Mak

      Delete
  6. Sepertinya saya harus ke mbak Sitta ni buat belajar.

    Thanks for sharing

    ReplyDelete
  7. Kalau editor, blog yang disambanginnya juga kebanyakan editor dan penulis lagi ya, Mba :)

    ReplyDelete
  8. Waaaaa 😱😱 *pingsan*
    Aku jd malu. Blog bukuku hiatus 😭😭

    ReplyDelete