7 Situs yang Mungkin Belum Kamu Tahu Ini Memberikanmu Kompensasi sebagai Kontributor

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 11, 2019


Jika kalian sudah sangat familiar dengan situs-situs semacam UC News, Brilio, Idn Times, Jalan Tikus, Vebma, Mojok, dll yang membayar atau memberikan kompensasi kepada kontributornya, maka kali ini saya akan berbagi 7 situs yang mungkin belum kalian tahu yang juga memberikan hal yang sama. Eh, atau mungkin banyak yang sudah tahu, ya. Tapi, seenggaknya teman-teman "sepermainan" saya sih banyak yang belum ngeh bahwa 7 situs dari beragam genre ini memberikan "sesuatu" yang membuat kita bahagia. Xixixi.

Buat kalian yang baru belajar nulis/baru "nyemplung" di dunia literasi, yang maless bikin blog sendiri, atau siapa pun yang emang pengin nyoba, enggak ada salahnya "melirik" 7 situs ini sebagai lahan. Apa aja? Yukkss. Capcuz alias langsung aja, ya.


1. BELANGA
Sumber: belanga.id
Kalau tertarik dengan segala hal yang berbau kuliner, kalian bisa menjadi kontributor di belanga. Enggak cuma dalam bentuk tulisan alias artikel sih, kalian juga bisa mengirim foto atau video. Cara mengirimkannya pun cukup mudah, bisa kalian baca sendiri di sini.


2. CERITAKITA
Sumber: cerita-kita.co.id
Situs ini mengusung tema remaja. Jadi buat kalian, para remaja, yang pengin menghasilkan uang sendiri dan ingin berbagi inspirasi dengan sesama remaja lainnya, bisa banget nih jadi kontributor di sini. Ada level-levelnya pula. Jadi, terasa lebih fair, kan. Semakin rajin, semakin bagus kualitas tulisan, maka kompensasi yang akan kalian dapatkan juga semakin besar. Dan, untuk kontributor terbaiknya setiap bulan akan ada Laptop/Ipad yang menunggu. Cara daftarnya juga cukup mudah, langsung aja cuz ke bagian register.


3. SEREMPAK
Sumber: serempak.id
Jika sebelumnya untuk remaja, maka yang ini mungkin untuk orang tuanya remaja. Situs ini dibentuk oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Jika tertarik dengan dunia ibu/wanita dan anak, kalian bisa menjadi kontributor tetap dan membagikan ide serta tulisan terbaik kalian di sini.


4. SAHABATMANCING
Sumber: sahabatmancing.com
Sesuai dengan namanya, situs ini membahas seputar mancing. Saya sih enggak suka mancing ya dan enggak ngerti dunia tersebut. Tapi, saya tertarik untuk menyertakan situs ini di postingan karena teman-teman sekitar pada suka mancing, enggak terkecuali... mancing emosi. Ehh, becanda kok, wkwk.
Okaii, buat yang suka mancing, cuz aja ke sini kalau pengin jadi kontributornya. Siapa tahu, tulisan-tulisan kalian yang inspiratif bisa membuat orang yang enggak suka dan enggak ngerti dunia mancing seperti saya jadi suka.


5. JAKARTAN
Sumber: jakartan.id
Buat kalian orang Jakarta, daripada ngeluh macet di media sosial malah bikin ribut, mending "nyampah" di sini. Kalian bisa menulis tips, info, dan semacamnya yang berkaitan dengan ibu kota dan sekitarnya. Selain bisa berbagi informasi, ngeluarin uneg-uneg, dan dapat kompensasi, tulisan kalian tersebut juga mungkin akan sangat bermanfaat buat mereka yang baru saja menginjakkan kakinya di ibu kota.


6. PAKTANIDIGITAL
Sumber: paktanidigital.com
Dunia pertanian semakin mendapat perhatian lebih beberapa waktu terakhir ini. Ya bayangin aja sih semisal semua petani mogok, semua anak muda enggak mau jadi petani karena dianggap enggak keren, mungkin nasib kita akan sama seperti orang-orang di film Interstelar (kelaparan, lama-lama punah). Padahal, semua tahu kalau urusan pertanian ini sangat vital, ya. Berhubungan dengan kelangsungan hidup manusia banget. Buat kalian yang memiliki perhatian di bidang ini, bisa lhoh ikut berkontribusi. Ya kali tulisan kalian bisa menggugah semangat orang-orang yang sebelumnya apatis dengan dunia pertanian (padahal setiap hari mereka makan yang notabene makanannya enggak jatuh dari langit, tapi melalui proses bercocok tanam dulu). Yuk.


7. PIMTAR
Sumber: pimtar @ playstore
Bagi kalian pecinta buku mungkin sudah enggak asing lagi dengan PIMTAR. Ia adalah aplikasi yang bisa di-download di playstore yang isinya tentang rangkuman alias poin-poin dari buku-buku keren yang mungkin enggak sempat dibaca karena enggak punya waktu atau terlalu tebal atau alasan lain seperti malezz xixixi. Enggak cuma bisa jadi pembaca aja, kalian juga bisa berkontribusi dengan mengirimkan resensi di sini.


Nah, itu tadi 7 situs yang memberikan kompensasi kepada kontributornya. Bisa jadi, kalian sudah tahu semua. Tapi, bisa juga belum. Ya, nulis ini juga buat arsip diri sendiri, sih. Kalau ternyata bermanfaat buat yang baca ya alhamdulillah.

Buat kalian yang punya info lain, mau juga dong dibisikin. Mungkin ada yang punya info tentang situs selain yang sudah saya sebutkan di atas yang juga memberikan kompensasi menarik? Yuk, saling berbagi.

Semangat menulis apa pun medianya!

  • Share:

You Might Also Like

27 comments

  1. Waah, tertariiik.. Kayaknya paling mendekati ke Serempak, karena sy lagi belajar ngadepin anak yg beranjak remaja.. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  2. Terima kasih informasinya mbak. aku ingin coba. Tp gk ada info ya, apakah belanga itu dibayar atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibayar, Mb
      Ada insentifnya
      Di websiteny udah ada keteranganny sih hehe

      Delete
  3. Terimakasih mbak, menambah referensi untuk mengirimkan hasil karya

    ReplyDelete
  4. Wah terima kasih informasinya, pengen langsung coba deh kirim karya

    ReplyDelete
  5. wah lumayan nih bisa nambah penghasilan. makasih mba infonya, saya mau coba-coba ke travelingyuk aja belum-belum hehe, lagi fokus nulis buku dulu nih, semoga nanti ada kesempatan nyoba di salah satu platform diatas ~

    ReplyDelete
  6. Wiwww, artikel yang sangat bermanfaat apalagi untuk ibu rumah tangga macam saya ini mbak Miyosiii..

    ReplyDelete
  7. Tetarik banget sama yang nomor 7, secara saya pencinta buku :)

    ReplyDelete
  8. Noted, mba. Menarik banget nih buat dicobaaa. Sembari, menjalankan hobi yg dibayar hihi, bermanfaat banget mba tulisannya. Thanks ya mbaa

    ReplyDelete
  9. Baru tahu dengan situs2 di atas. Tertarik dengan PIMTAR nih, mba. Cek dulu ah.

    ReplyDelete
  10. Saya tertarik dengan Serempak dan Pimtar. langsung meluncur ke web-nya masing-masing. terima kasih sudah berbagi ya, Mba...

    ReplyDelete
  11. Wah, makasih mbak infonya, sapa tahu kedepan aku bisa memberanikan diri untuk mendaftarkan diri di salah satunya ini hehehe

    ReplyDelete
  12. Wahh mba. Informasinya sangat bermanfaat sekali mba. Terima kasih untuk informasinya mba. Jadi pengen coba deh.

    ReplyDelete
  13. Saya baru tahu semuanya mbak. Bermanfaat banget nihhh. Cerita Kita cocok nih buat adik saya hehehe. Saya mau kontribusi aaah

    ReplyDelete
  14. Saya barusan coba daftar Cerita Kita, katanya:
    SAAT INI REWARD POINT DI TUTUP!
    Nantikan kembali pada kesempatan lain. Terima kasih...
    Tapi di laman utama masih tampil reward2nya. HMMM.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih mbak..info ini sangat bermanfaat bagi saya๐Ÿ™๐Ÿค—.
    Tambahan situs yang saya kenal... Estrilook, takaitu, kompasiana ๐Ÿ˜Š. Semoga bisa berkontribusi utk menebar manfaat kepada banyak orang๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  16. Waaah.. Lumayan nih buat nambah uang jajan. Makasi ya mbak infonya.

    ReplyDelete
  17. Baru dengar semua. Dan suka dengan no 6. Ternyata kita lupa bahwa profesi petani itu sangat penting ya mbak, harus ada generasi penerusnya.

    ReplyDelete
  18. mbak miyosi, tak bintangin ini di lepiku, makasih informasiny, mbak

    ReplyDelete
  19. Terima kasihh infonya mba Miyosi!! Aku baru tau ada yang kayak gini, pernah tau sih di web freelancer tapi ga pernah tau siapa kliennya. Padahal aku pernah ikut kegiatan offlinenya Serempak cuma blm tau ternyata bs jadi kontributor juga ahahaha. Thank you sharingnya mba :)

    ReplyDelete
  20. Boleh juga nih rekomendasinya mbak. Btw semua situs yang mbak sebutkan di atas baru saya tahu setelah baca postingan ini jadi pengen kepoin dulu.

    ReplyDelete
  21. Makasih mb infonya...segera mluncur deh buat dibaca2 dulu...bermnfaat bnget

    ReplyDelete
  22. Waw ini keren banget infonya. Aku pingin juga sekali sekali jadi kontributor, khususnya kuliner dan traveling. Biar infonya makin nyebar. Makaci aku bookmark artikelnya yaa

    ReplyDelete
  23. Terima kasih infonya, mbak Miyosi. Ini baru dengar semua. Jadi ingin mencobanya

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)