5 Manfaat WhatsApp bagi Emak-Emak, Salah Satunya Menambah Uang Belanja

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 01, 2019


Bagi emak-emak, utamanya milenial yang dekat dengan teknologi, WhatsApp seolah menjadi aplikasi wajib. Sehari aja enggak buka WA, begitu umumnya kita "memanggil", rasanya seperti jadi orang yang paling enggak tahu apa-apa sedunia. Reaksi kita udah sangat berlebihan alias galau. Ya nggak,  sih. Ngaku, deh. Hahahah.

Santai aja. Banyak temannya kok. Hehehe. Sebagai emak-emak, saya pun kadang demikian. Hidup saya seperti ada yang kurang kalau sehari aja belum buka WA. Kalau kalian gimana, Mak? Apa benar mending enggak makan daripada enggak buka WA sama sekali? Huehehe.

Ya memang sihh, ada begitu banyak hal yang bisa emak-emak lakukan hanya dengan bermodalkan WhatsApp mulai dari yang dramaa sampaii yang bikin kaya. Mungkin itu sebabnya ya WA enggak bisa lepas dari kehidupan kita. Dan mungkin itu juga yang membuat kita jadi cukup bergantung dengannya.

Sebenarnya, sah-sah aja kok selama itu positif. Toh, WA memang telah memberikan segudang manfaat buat kita semua. Ya, nggak.

Nahh, di antara sekian banyaak faedahnya, di postingan ini saya hanya akan memaparkan 5 poin aja. Semuanya berdasarkan pengamatan saya selama ini, sih. Niat, yes. Ya, gimana enggak, tiap hari bergaul sama WA otomatis jadi ngamatin, kan. Dan saya rasa, kelima poin opini tersebut sudah cukup bisa mewakili semuaa manfaat WA.

Lalu, apa aja 5 hal tersebut. Jangan-jangan, opini kita sama, Mak. Kita cek satu per satu, yukk.


1. WA untuk belajar

Adanya WA memudahkan semua orang, terutama emak-emak yang anak-anaknya masih kecil-kecil tapi hasrat untuk mengembangkan diri begitu tinggi, untuk belajar secara online. Yaahh, siapa sih haree geenee yang enggak tahu istilah Kulwap, enggak tahu kelas online di WA, atau yang serupa. Bisa dipastikan, emak-emak zaman sekarang sudah sangat akrab dengan istilah-istilah tersebut. Adanya "sekolah/kuliah" online melalui WA enggak lagi membuat emak-emak yang haus ilmu merana, malah makin bahagia. Enggak perlu repot-repot keluar hanya untuk meng-upgrade diri. Cukup melalui WA. Enak, kan.


2. WA untuk silaturahmi

Bagi yang setiap hari ketemu saudara dan teman/sahabat mungkin manfaat WA untuk silaturahmi ini kurang terasa, tapi beda dengan yang sebaliknya. Lebih-lebih, buat pasangan suami istri yang saat ini sedang berjauhan karena tugas. Adanya WA ini membantu banget untuk menyampaikan rindu.


3. WA sebagai tempat mengekspresikan perasaan dan norak-norak bergembira

Di WA ada yang namanya WA's Story. Tempat tersebut cocok untuk emak-emak -yang sebenarnya sangat ekspresif tapi karena suatu hal jadi males melakukannya di ruang publik- mengekspresikan semua perasaannya.


4. WA untuk mendekatkan diri pada Allah

WA juga bisa mendekatkan diri kita pada Sang Pencipta, misal setelah membaca tulisan berisi nasihat di grup keluarga, kita jadi lebih banyak bermuhasabah.


5. WA untuk menambah uang belanja

Buat emak-emak yang pengin menghasilkan uang sendiri tanpa harus keluar rumah, panduan WA untuk bisnis jadi jawabannya. Siapa sih yang enggak mau duit, apalagi emak-emak, huehehe. Zaman sekarang, hal tersebut bisa diwujudkan dengan mudah tanpa harus pergi jauh dari keluarga asal tahu caranya. Salah satuny, ya dengan memanfaatkan WA.

Meskipun kelihatannya mudah, tapi dalam praktiknya enggak bisa sembarangan. Misal, memasarkan produk/jasa yang kita miliki dengan cara "meneror" setiap hari semua teman dan grup WA. Yang ada bukannya mereka mendekat, tapi malah pada lari. Gerah. Ekstrimnya, hubungan silaturahmi yang awalnya harmonis bisa berubah drastis "cuma" gara-gara ini. Serem, deh.

Makanya, berguru pada ahlinya memang sangat penting agar enggak salah arah dan enggak buang-buang waktu. Kan rugi banget kalau apa yang udah kita upayakan ternyata sia-sia. Dalam berikhtiar, kerja keras aja enggak cukup kan ya, kerja cerdas juga. Ealahh... ini kok malah ceramah. Xixixi. Bukan, kok. Ini mah nasihat buat diri sendiri.

Kalian sendiri gimana? Pengin nggak memaksimalkan keberadaan WA untuk menambah uang belanja. Atau bagi yang udah, pengin nggak sih ningkatin omset? Pertanyaan retoris saya rasa, ya.

Kalau iyaa, buku Billionaire Store ini rela membantu dan menemani kalian di saat suka dan duka dalam proses menambah uang belanja. Ditulis oleh sang ahli di bidangnya yang udah sangat berpengalaman. Sehingga, kita enggak perlu lagi khawatir bakal terjebak/tersesat/semacamnya. Sukses enggak bisa sendirian, Mak. Namanya mahluk sosial, pasti butuh bantuan orang lain. Dalam konteks ini, butuh mentor. Termasuk juga untuk urusan bisnis lewat WA. Butuh "guru" yang ilmunya mumpuni.

Dan yang pasti pak suami juga senang kalau istrinya bisa membuat uang belanja yang dikasih "beranak pinak" dengan cara yang benar. Mau? Huehehe. Yukk.

Nah, itu tadi 5 manfaat WA buat emak-emak seperti kita. Salah satunya bahkan bisa nambah uang belanja. Senang rasanya kalau kegiatan yang kita lakukan semuanya itu berfaedah, termasuk kegiatan yang sering dianggap main-main seperti "mantengin" atau menggunakan WA. Alhamdulillah.

  • Share:

You Might Also Like

33 comments

  1. Poin 1-4 sudah saya terapkan. Berasa banget bisa silahturahmi dengan keluarga yang jauh. Jadi kangennya bisa tersalurkan. Kalau yang buat bisnis belum pernah coba. Tapi saya senang belajar hal baru. 🤗

    ReplyDelete
  2. Zaman sekarang informasi dimudahkan ya mbak.. yang terpenting tetep harus membekali diri dengan edukasi. Biar gak mudah terbawa arus yang jelek2.. 🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  3. Bangun tidur, setelah sholat, yang saya buka ya, WA. Wkwkwk..

    Alhamdulillah, WA banyak manfaatnya ya, Mbak.. Komunikasi dg keluarga, silaturahmi dengan teman-teman semasa sekolah jg jadi lebih mudah.

    Saya juga jualan via WA, Mbak. Pasang status doang, alhamdulillah yang langganan teman-teman dekat. Oya, link blogpost juga saya share di status WA. Wkwkwk.. Lumayan lah, nambah-nambah PV. 😂

    ReplyDelete
  4. Aku dong.. habis diteror sama MLM langsung blokir orangnya. Meskipun pas ketemu saling sapa, tapi di WA tak blok. Gitu, orangnya santai aja kok, malah bilang, "wah ndak tau ya, Mbak, itu aku random aja tak kirim semua ke kontak." Hemm.. Aku tu malah lebih suka sama dagangan yang dishare di status WA. Kayak windonws shoping aja gitulah

    ReplyDelete
  5. Di era Industri 4.0 ini, peranan teknologi memang crucial ya, Mbak. Kita sebagai pengguna yang harus bijak menggunakannya. Contohnya ya kita bisa menggunakan WA (applikasi daring) untuk menambah uang belanja.

    ReplyDelete
  6. Memang saat ini whatsapp sangat bermanfaat bila kita gunakan dg baik. 5 poin diatas sudah saya rasakan. Meski pada point 5 cara saya mendapatkan uang bukan dr jualan produk melainkan saya bergabung dg grup2 buzzer atau content placement di WAG yg akhirnya membuat saya kebanjiran job dan dapat fee. TFS mbak.

    ReplyDelete
  7. waah ternyata, Kak Miyo juga ... hihihi .... keren kak, keren!

    ReplyDelete
  8. Cuma poin 5 yg blm hehe. Pernah buka olshop dan pake WA business cmn aku blm terlalu mengoptimasinya :"

    ReplyDelete
  9. Nomor 5, buat nambah penghasilan sih. Tapi nggak WA bisnis. Aku sering pakai WA story buat update postblog, ikutan WAG yang isinya para blogger dan sering nambah wawasan blog sampai info job-joban.

    ReplyDelete
  10. Kadang-kadang job datangnya juga via WA mba. Kalau enggak mantengin, dalam hitungan menit udah kesamber oleh orang lain karena kitanya kurang cepat respon. Banyak manfaatnya sih pake WA itu kalau kitanya bisa memilah2 mana yang manfaat dan mana yang mudharat.

    ReplyDelete
  11. Wowww..toss dl buat Mba Miyosi sbgai pengagum buku Kang Dewa Mba.. Ayuk Mba sharing ke aq dong sukses dengan WA bisnisnya :)

    ReplyDelete
  12. WA mah udah hampir kayak segalanyaa buat kita yaa.. haha aplikasi andalan banget dah buat komunikasi :)

    ReplyDelete
  13. Teknologi memang mesti disikapi dengan bijaksana. Jangan terlalu anti karena sebenarnya manfaatnya buanyak banget. Tapi jangan lepas kontrol juga karena bahaya mungkin saja mengintai. Kayak pernah denger Billionaire Store gitu, deh. Punyanya Kang Dewa bukan, Mbak?

    ReplyDelete
  14. Salah satu keistimewaan yang didapat ibu ibu zaman now antara lain memang bisa tetap berkarya di rumah dengan bantuan aplikasi WA ini ya. Termasuk juga berbisnis dari rumah yang pastinya dimudahkan fitur WA untuk bisa bertemu antara pembeli dan penjual.

    ReplyDelete
  15. iya saya juga merasakan sekali keuntungan dengan WA ini, selain untuk berjualan bisa dapat ilmu juga. Kan lagi zaman sekarang banyak yang ngadain kulwap yang bahas ilmu parenting, dan itu bermanfaat sekali untuk saya.

    ReplyDelete
  16. saya baru setahun punya ponsel android dan WA paling ikut grup bahasa, komunitas, budaya, blogwalking. Kalau alumni sekolah tidak lagi. Lelah dengan notifikasi yang masuk ke dalam ponsel. Bikin berat.
    Baru tahu kalau kulwap itu adalah kuliah di whatsapp, kudet, he he.
    Untuk beroleh uang mah belum, kalau untuk saranma memudahkan komunikasi sering. Bahkan pihak pemberi honor tulisan gampang kirim foto bukti tranferan dari medianya. Atau saya bisa menghubungi bagian keuangan media untuk konfirmasi honor pemuatan.
    Ya, manfaat WA besar asal kita bisa memilahnya. Kalau dirasa tak nyaman, bisa lakukan hal seperti keluar dari grup atau blokir. Saya mah belum pernah blokir orang, he he.

    ReplyDelete
  17. Saya ngebet bener ni, dengan WA nambah uang belanja...thanks ya

    ReplyDelete
  18. Bener nih serasa gimana kalau nggak buka WA, saya lihat ibu-ibu penunggu anak di tempat les pun sibuk dengan wa masing-masing, ada ibu yang tampak ekspresif di grup wa tapi kesehariannya kalem, buat saya WA saat ini sebagai pintu job juga soalnya kadang di grup wa dibagikan info job hehe

    ReplyDelete
  19. Saya melakukan 4 fungsi di atas, namun yg ke-5 belum! Haha...tampaknya saya tak pandai berdagang sih... Tapi pengen tahu juga ilmunya nih, siapa tahu suatu saat butuh mengaplikasikan WA sbg sarana usaha..

    ReplyDelete
  20. saya termasuk ibu-ibu yang galau kalo seharian gak buka WA. soalnya WA kerjaanku juga banyak diinfokan via WA :)

    ReplyDelete
  21. saya belum terlalu lama menggunakan aplikasi WA, dulu malah lebih nyaman pakai BBM, tapi entah mengapa, seiring berjalannya waktu ternyata WA lebih asyik dari BBM. Akhirnya BBM sudah saya uninstal dari hape karena sekarang lebih nyaman pakai WA :)

    ReplyDelete
  22. WA menjadi ajang silaturahmi yang paling mudah dan praktis. Kalo untuk bisnis sih aku udah juga menjalaninya, kadang kalo sedang rajin, mengunggah foto dagangan di status WA. Atau job nulis pun sering dishare di grup WA

    ReplyDelete
  23. Aku senang hadirnya WA ini mba, dulu ada BBM cuma kurang maksimal sekarang hadirnya WA jadi terbantu banget apalagi WAG, bisa kangen2an sama sahabat lama dan terutama bisa nambah penghasilan karena dapat job dari teman-teman di WAG.

    ReplyDelete
  24. Akupun jatuh hati dengan WA, selalin menyambung silaturhami dan menaikkan eksistensi di WA Story, di WA gabung dg banyak komunitas blogger yang hobi bagi-baji job. banyak pemasukan yg asalnya dari info di WA.

    ReplyDelete
  25. Bangun tidur matikan alarn trus langsung ngecek wa kalau aku hihihi takutnya ada yang japri waktu malam saat tidur, siapa tau aja ada yang penting. Wa bisa sangat bermanfaat kalau kita memanfaatkannya dengan baik ya tapi juga bisa jadi sumber masalah kalau tidak bisa menjaganya.

    ReplyDelete
  26. Aku suka kalo di minta WA sama pemberi job. Soalnya kurasa WA itu lebih personal ketimbang email. Mkomunikasinya juga lebih cepat sih.

    ReplyDelete
  27. Saya juga merasakan banyak manfaat menggunakan whatsapp. Saya punya beberapa grup belajar menulis dan tentu saja sebagai tempat menyambung silaturahmi dengan teman-teman dan keluarga

    ReplyDelete
  28. Barusan baca ebook WA yang menghasilkan, baca ini emang pas banget. WA kalau bisa dimanfaatkan maksimal untuk berpenghasilan emang luar biasa hasilnya.

    ReplyDelete
  29. WA bisa untuk segala macam ya mak.
    Tergantung penggunanya memaksimalkannya gimana.

    ReplyDelete
  30. yang pasti kerjaan kantorku puuun banyak yang lewat WAG niiih mba hehehe..praktis dan real time, plus bantu banget untuk networking yaaa

    ReplyDelete
  31. Wah, bisa ya buat nambah uang belanja. Sejauh ini, WA masih buat silaturahmi buat aku mah. Ya paling2 urusan kerjaan.

    ReplyDelete
  32. Beberapa orderan masuknya ke whatsApp juga aku Mba hehehe
    alhamdulillah ada manfaatnya ya make whatsapp, banyak job blogger juga sharenya di whatsapp
    semangat menambah uang jajan, biar bisa belanja belanji

    ReplyDelete
  33. Applikasinyang satu ini emang udah jadi applikasi wajib yang ada di smartphone saya. Soalnya manfaatnya memang banyak banget, seperti yang udah mbak sebutka di atas.

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)