5 Alasan Mulia Enggak Nyetir Mobil

By Miyosi Ariefiansyah - October 28, 2018



Haree genee enggak bisa nyetir? Heh?? Emang nape? Masalah? 😂

Di saat mbak, adik, dan suami mahir nyetir mobil, saya... bisa aja enggak. Jangankan bisa... ada keinginan untuk belajar aja... enggak eh belum. Dan, di saat yang lain malu karena belum/enggak bisa nyetir mobil, saya malah semacam "bangga". Lebih-lebih, ketika melihat video wawancara Nebeng Boy dengan Mbak Nana (Najwa Shihab) di youtube beberapa waktu yang lalu yang di salah satu scenenya ditunjukkan dengan nyata dan gamblang kalau Mbak Nana yang dianggap sempurna itu ternyata enggak suka/enggak bisa nyetir, deg-degan karena masih trauma. Serasa ada teman. 😂

Sebenarnya, bukannya saya enggak mauu belajar atau sok manjaa minta dianterin terus, bukaann. Alasannya sama sekali bukan ituu. Terlalu jahat kalau orang yang enggak bisa nyetir mobil dianggap manja. Walau di sisi lain emang benar... harus ada usaha keras dari orang yang enggak bisa nyetir mobil agar bisa nyetir. Apalagi, zaman sekarang.

Buat saya pribadi, perkara nyetir mobil bukanlah hal sepele yang bisa nyuitin langsung jadi. Dan saya yakin, tidak hanya saya aja yang berpikiran begini.

Sampai detik ini, saya masih beranggapan bahwa kendaraan teraman yang bisa dikendarai adalah... sepeda ontel. Xixixi. Yess, di saat anak SD udah mainan gadget emang masih ada kok orang yang berpikir seperti ini. Saya superyakin, saya enggak sendirian.

Sebenarnya, apa sih alasan di balik keengganan mereka (termasuk saya) belajar nyetir mobil?

1. Trauma
Mungkin dulunya pernah ngalamin hal gak ngenakin sehingga enggak atau belum mau nyetir. Ahli bilang selesaikan dulu masalahmu dengan diri sendiri sebelum melakukan sesuatu yang ada hubungannya dengan orang lain biar enggak ada pihak yang dirugikan.

2. Takut nabrak orang
Lebih-lebih akhir-akhir ini banyak kejadian yang enggak disangka-sangka. Enggak mau mendeskripsikannya lebih lanjut.

3. Enggak ingin mematikan lahannya angkutan online
Mulia banget, kan. MasyaAllah. Bayangin aja kalau semua orang bisa nyetir mobil, kasihan dong abang-abang pengemudi taksi online itu jadi enggak ada kerjaan.

4. Enggak ingin tergoda untuk keluyuran
MasyaAllah. Lagi-lagi niatny mulia. Karena enggak bisa nyetir, otomatis kalau mau keluyuran mikir-mikir. Itu artinya enggak bakal keluar kalau enggak penting. MasyaAllah. Nikmat Allah mana yang kamu dustakan.

5. Ingin memberikan pahala buat suami
MasyaAllah. Istri yang sayang suami banget, ya.

Mungkin ada yang pengin menambahkan? Sok, silakeunn.

Meski di sisi lain, yang detik ini masih belum bisa nyetir mobil mau enggak mau suka atau enggak harus belajar. Setidaknya, kemampuanny bisa dipergunakan saat super mendesak.

Tapi yang jelas, buat teman-teman yang belum bisa nyetir mobil dan sampai detik ini hanya sebatas niat saja ingin belajar, enggak perlu malu apalagi galau. Kelima alasan di atas itu mulia bangett. Kelak, ketika udah mau belajar dan akhirnya bisa, maka yang bersangkutan akan mengemudikan kendaraan dengan baik dan enggak ngawur.

Semangat, ya


(Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community)

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Saya juga ga bisa setir mobil mba, udah pernah di ajarkan suami tapi masih grogi jd sampai sekarang cuma bisa maju mundur ajja...huahaaa, pengen bisa sih tapi ga pake banget, masih ada suami yang dengan senang hati mengantarku kemana saja justru malah lebih romantis kalau sama suami ketimbang yetir sendiri, menurut saya..

    ReplyDelete
  2. Udah 3 kali nyoba nyetir mobil tp masih parno abis. Takut, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parno
      Itulah...
      Ini yg harus kita lawan dulu y, Mb
      Huhuhu
      Semangat

      Delete
  3. Saya udah 3 kali belajar nyetir tapi tetap gak berani2 juga. Hikz

    ReplyDelete
  4. Lho, kok sama ma saya? Hehe... Untuk saat ini, saya cukup bisa naik motor aja lah. Lagian emang gak suka keluar2 kalo gak penting banget. Malang sering macet euy. Misua malah merasa bangga kok bisa nyopirin saya kemana2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh
      Malang mana mbaa
      He em
      Macet g cm milik Jakarta y skrg wkk

      Delete
  5. saya yang bagian masih niat belajar nya aja sampe sekarang, hahaha
    baydewey itu no 3,4 dan 5, masyaallah... luar biasa syekali ya alasannya, antimainstream, wkwkwk :D

    ReplyDelete
  6. Klo saya gak mungkin keluyuran naik mobil, karena bisa nyetir tapi mobilnya udah ga ada qiqiqiqiii 😅 Anak saya pun gak mau naik mobil, mual katanya 🙈

    ReplyDelete
  7. Apa, ya? Mungkin alasannya takut berkendara atau mobilnya enggak ada. Hehe ...

    ReplyDelete
  8. Mending naik motor deh kalo saya. Hihihi

    ReplyDelete
  9. aku juga gak bisa mbak hehe
    kalo prinsipku selama masih ada yang bisa, suami dan bapak bisa, aku ya gak perlu belajar nyetir. buat apa juga ya kan.

    ReplyDelete
  10. kalo jalanan macet parah lebih enak naek motor mbak...anginnya juga sepoi-sepoi..hehehehe...

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Ternyata zmn skrg mayan banyak jg y mb
      Deuh smoga taon depan kita bs
      Biar bs kluyuran sndr wkkm ehh

      Delete
  12. saya juga belum bisa nyetir mobil mbak... banyak temannya ternyata, hehehe...

    ReplyDelete
  13. Hahahaha... Jadi tertawa sendiri, ingat awal belajar nyetir mobil, waktu mundur terlalu kencang, jadi naik ke atas trotoar yang tinggi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cerita2 macam gini jd bikin makin parno mb
      Wkk
      Bisa g smua org ngungsi d mars dulu biar kita g galauu wkk

      Delete
  14. Qiqiqi..saya juga ga bisa mb..
    Mau belajar..maju mundur maju mundur..eh ga jadi-jadi deh

    ReplyDelete
  15. Hehehe mulia, ya. Ya udah deh aku ga usah lanjut belajar aja 😜

    ReplyDelete