Rucika, Pipa Air "Tahan Banting" untuk Hidup yang Keras

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - February 28, 2022

Masih kuingat betapa kagetnya diriku saat mbak nge-WA mengabarkan tentang tagihan air di rumah yang melonjak tajam padahal enggak dipakai sama sekali. Harusnya sih membayar beban bulanan saja lha wong pemiliknya sedang tidak tinggal Indonesia. Mbak dan ibuku pun sudah jarang datang untuk mengontrol efek kasus Covid-19 yang semakin banyak. Mereka hanya sesekali saja menyambangi rumahku. Itu sebabnya, kami jelas kaget dengan tagihan yang sangat berlipat-lipat. Ada apa ini?

"Jangan-jangan pipa air rumahmu bocor?" kata mbakku saat itu, mencoba menelaah.

"Ha, masa, sih. Perasaan, sebelum kutinggal pindah ke Jepang baik-baik aja, deh," sanggahku.

Kalau banyaknya tagihan memang karena dipakai sih tentu enggak masalah, tapi kalau sebaliknya? Jelas ada yang enggak beres.

"Besok, aku coba ke sana deh sama tukang," lanjut mbakku.

"Bener, kan, pipamu bocor. Meterannya juga lupa dimatikan. Kalau bocor, tapi meterannya dimatiin sih masih mending. Atau, meterannya hidup, tapi pipanya enggak bocor. Lha ini enggak. Sekarang sih udah beres, semoga enggak bocor lagi. Nanti, kamu bisa ganti dengan pipa pilihanmu," jelasnya sehari kemudian.

Kucoba 'tuk mengingat. Yakin banget kalau meteran airnya sudah kumatikan, bahkan sempat kufoto (ada gunanya kan ternyata dikit-dikit foto huehehehe). Mbak/ibu? Mereka malah kerap merekam di video sebelum pergi dari rumahku, meyakinkan bahwa semua sudah aman sehingga aku yang sedang merantau di negeri orang harapannya bisa tenang alias enggak kepikiran.

"Udah takkunci, ya. Nih,"

"Meterannya aman, ya. Nih,"

Seperti itulah kira-kira.

Jujur, kami tak berani menebak/berspekulasi dan emang enggak mau berpikir yang aneh-aneh. Tapii, beberapa tetangga yang sudah menetap di sana sempat bilang kalau airnya suka error. Jadi, yang kuhadapi sebenarnya bukanlah hal baru. 

Kejadian tersebut kualami satu tahun yang lalu, saat masih tinggal di Tsukuba.

Ya, masalah per-pipa-an dalam rumah tangga rasanya tak bisa dianggap sepele. Contoh konkretnya ya yang kualami. Jangan sampai kebocoran pipa terjadi apalagi sampai pecah. Bisa paaanjaaangg urusannya, biaya yang dikeluarkan pun ujung-ujungnya banyak. Aku jadi sedikit menyesal karena saat proses pembangunan jarang nengok. Kala itu, aku sedang hamil tua. Tapi, ya sudahlah ya, yang penting ke depannya bisa lebih hati-hati lagi.

Ada banyak sebab kebocoran pipa. Tapi, kalau kasus yang aku alami ada di kualitas pipanya yang kurang bagus. Terlalu tipis dan rapuh sehingga tak kuat dengan tekanan air. Solusinya? Semua sudah tahu, jelas ganti pipa dengan kualitas terbaiikk.

Meski sampai sekarang, rencana mengganti pipa lagi (sesuai keinginan) belum kurealisasikan karena beberapa alasan, salah satunya saat ini sedang berdomisili di Manado (nasib kaum nomaden huehehehe), tapi boleh dong ya aku punya "kandidat utama". Aku pengin ganti pipa yang seperti apa?

Sebagaimana konsumen pada umumnya, aku pun memiliki harapan serupa: pengin pipa berkualitas terbaik dengan harga terjangkau. Yups, emak-emak banget, deh. Xixixi.

Atas saran seorang teman dan hasil "pengembaraanku" di dunia maya, pipa RUCIKA menjadi pilihan. 

Teman-teman yang concern di "dunia" per-pipa-an mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Apalagi, "usianya" memang tak lagi muda (perusahaannya berdiri sejak tahun 70-an), sudah banyak makan asam garam kehidupan ibarat manusia. Tapi, bagi yang sangat awam atau selama ini tak terlalu peduli dengan PIPA (selama air di rumah masih mengalir lancar) mungkin masih belum familiar. 

Produk dari pipa rucika ini beragam, salah satunya pipa rucika standard, produk yang kupilih untuk digunakan.

Kenapa kumemilihnya? Pastinya karena memberikan banyak keuntungan, beberapa di antaranya:

  1. Boleh jadi, ini adalah alasan utama. Jadi, pipa rucika standard ini disinyalir paling kuat terhadap tekanan air yang besar. Cocok banget kan digunakan di rumahku daerah pegunungan yang notabene tekanan airnya enggak jauh beda dengan tekanan kehidupan: kuatt.
  2. Bisa diajak "susah" alias bisa untuk tujuan jangka panjang. Betapa tidak, tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini harus kuat dengan suhu yang cukup ekstrem: panas kepanasan, hujan kehujanan. Bayangkan kalau pipanya cemen, alih-alih ingin berhemat yang ada justru boros karena bolak-balik ganti. Sehingga boleh dibilang, pipa rucika tidak hanya tahan terhadap tekanan air, tapi juga cuaca dan suhu. Tidak berlebihan kan jika dibilang tahan tekanan kehidupan. :D
  3. Kualitas air bersih yang dialirkan terjamin alias bebas dari zat berbahaya. Hal tersebut karena material additive yang digunakan untuk menstabilkan proses produksi bukanlah timbal (Pb), melainkan Calcium Zinc (CaZn). Ya, berbeda dengan pipa pada umumnya yang menggunakan bahan timbal (biasanya dengan pertimbangan harganya lebih murah), pipa rucika standard tidak demikian. Bahan kedua dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan siapa pun. Paling senang kalau produsen enggak egois gini!
  4. Tidak mudah korosi karena terbuat dari unplasticized polivinyl chloride. Boleh dibilang "tahan banting".
  5. Berstandar industri Jepang (JIS). Siapa pun tahu seperti apa kualitas Jepang. Rasanya tak perlu dijelaskan lebih lanjut ya karena sudah terpampang nyata/terbukti bagaimana.
  6. Menyediakan desain spesial khusus untuk pipa buangan yang bernama blackflow valve yang bermanfaat untuk mencegah masuknya serangga atau tikus. Tahu sendiri ya, tikus tuh kalau sudah masuk rumah susah banget diusir. Bikin muall dan hidup enggak tenang.
  7. Harganya tergolong masih terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan manfaat/kualitas yang dimiliki rasanya enggak rugi.

Jujur, saat iseng-iseng mengecek, aku enggak menyangka kalau distributor pipa rucika ini juga ada di Manado. It means enggak cuma di Jawa aja. Logis, sih. Perusahaannya kan sudah puluhan tahun di tanah air, pastilah sudah tersebar di mana-mana. Bahkan, di marketplace mainstream pun ada. Jadi enggak perlu khawatir mengenai bagaimana cara untuk mendapatkannya. Tinggal pilih aja dari "jalur" yang mana.

Rasanya, aku sudah tak sabar ingin pulang kampung saat hari raya nanti, selain untuk silaturahmi dengan keluarga besar tercinta juga untuk mengganti pipa. Apalagi, aku juga tidak tahu ke mana lagi "takdir" kelak akan membawa kami setelah Manado (tergantung tugas suami selanjutnya). Bisa saja, masih jauh dari kampung halaman. Dengan adanya pipa yang berkualitas seperti rucika, setidaknya beban hidup kita jadi lebih ringan. Pikiran juga tenang dan enggak was-was karena tak lagi takut bocor.  Insyaallah, siap merantau ke tempat lain lagi nanti, eh. Xixixi.

Buat teman-teman yang berencana membangun rumah, boleh tuh menggunakan pipa rucika, pipa air "tahan banting" untuk hidup yang keras. Tentunya, dengan beragam pertimbangan seperti yang sudah kutulis di atas. Kurasa, yang namanya emak-emak mah serupa ya: pengin dapat yang harganya terjangkau, tapi berkualitas. Ngaku!! Satu lagi untuk teman-teman yang berencana membangun/merenovasi rumah: jangan lupa prosesnya diawasi ya, huehehehe. Tapi, akan lebih bagus lagi kalau dapat yang amanah. Aamiin. Semoga sukses dan lancar! Semangat untuk kita semua!

  • Share:

You Might Also Like

35 comments

  1. Jangan sampai deh pipa bocor, apalagi kalau dipendam. Serem bongkar2nya. Btw kami punya kebiasaan kalau pergi lebih dari 24 jam, meteran dimatikan.

    ReplyDelete
  2. Duh, inget pipa Rucika jadi inget tugas anakku suruh bawa pipa Rucika wkwkwkkwkw, ga ngerti dulu apa Rucika ternyata yaa keunggulannya pipa satu ini beneran tahan banting apalagi buat kebutuhan di rumah, bisa menjadi pilihan yang tepat ya Pipa Rucika

    ReplyDelete
  3. Hai, Mbak Miyosi.. akhirnya ketemu lagi di sini (sepertinya tidak ingat aku ya, hihi)
    Pipa ini memang jadi hal yang penting banget jangan sampai bocor karena bisa menyusahkan hidup, ya pilihan pipa baiknya jangan main-main.

    ReplyDelete
  4. Memang kita tuh harus jeli ngecek keadaan rumah sebelum ditinggal bepergian. Kadang juga masih was was aja gitu alhamdulillah dirumahku belum pernah ngalamin pipa bocor Dan jangan sampai deh

    ReplyDelete
  5. Saya nih suka mengandalkan pipa Rucika sewaktu membangun rumah, karena emang pipanya kuat banget untuk rumah yang bakal dipakai dalam waktu yang lamaa

    ReplyDelete
  6. Kualitas air yang bersih akan menjadi salah satu hal yang penting dalam pemilihan pipa. Kualitas air yang bersih akan bereefek pada kesehatan penghuni rumah. Jika semuanya sehat maka apapun akan lebih nyaman untuk dirasakan dan dilakukan.

    ReplyDelete
  7. Saya juga pakai pipa rucika mba dirumah tapi gak pernah awet, gak awet m maling di colong Mulu padahal itu pipa pembuangan air mesin cuci hehehe

    ReplyDelete
  8. Penting banget ya ni pipa air... Apalagi kl airnya dipake buat masak juga.

    ReplyDelete
  9. Pipa air ini terkesan kadang agak terabaikan tapi padahal penting sekali untuk memilih pipa air yang kuat juga dan benerna tahan banting

    ReplyDelete
  10. Halo Mbak Miyosi, apa kabar? Lama gak bersua. Wow sudah di Jepang ya sekarang. Kereeen. Belum mudik donk ya selama pandemi. Sehat selalu ya Mbak beserta keluarga.

    Rucika ya, noted. siapa tahu bisa membangun rumah yang nyaman dalam waktu dekat. Thanks infonya Mbak Miyo.

    ReplyDelete
  11. Memang kalo mau bepergian kita harus selalu cek dan recek keadaan rumah yah, selain air, listrik dan kompor juga gangan lupa sih hehehe

    Paling ribet emang kalo pipa air bermasalah yah mbak, karena air udah kebutuhan paling vital deh kalo di rumah, mending pilih yang awet aja kayak Rucika yaah

    ReplyDelete
  12. Aku sempet bongkar keramik dari kamar sampe ke ruang tamu semua mbak, gara2 ada pipa pecah di tengah. Kalau Rucika udh dijamin bagus, akhirnya aku ganti rucika semua. Pipa dari developer pipa abal2 soalnya yg dipasang.

    ReplyDelete
  13. Wah iya, KLO pilih pipaya harus yg bagus ya mbak
    Biar g bocor
    Pipa bagus ya rucika

    ReplyDelete
  14. Beneran harus pake pipa yg bermutu karena kalau sampai bocor sayang banyak air yang terbuang ya

    ReplyDelete
  15. Kmrn renovasi kamar mandi juga pakai pipa air rucika mba..awet dan tebel juga menurutku.

    ReplyDelete
  16. Pipa air Rucika memang sudah terkenal sebagai pipa air tahan banting ya.
    Saluran air nggak bocor-bocor, tagihan pun akan sesuai dengan pemakaian.

    ReplyDelete
  17. Gak pernah kepekaan soal pipa air, untunglah ada review ini, jadi kalo suatu hari nanti butuh rekomendasi pipa air, ini bisa banget buat jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  18. Aku pernah tuh kejadian tagihan air bersih melonjak tinggi dan bikin panik, setelah ditelusuri ternyata ada pipa yang bocor dan letaknya tertanam di bawah lantai sehingga sulit untuk dijangkau. Akhirnya bikin instalasi ulang dengan menggunakan pipa yang lebih berkualitas, aman deh sampai sekarang meskipun sudah bertahun-tahun tagihan masih normal bahkan lebih irit. Memang penting banget ya pakai pipa berkualitas seperti Rucika ini untuk instalasi air bersih di rumah.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih infonya kak.Beneran sekarang baru ngerti soal perpipaan.Jadi gak ragu lagi kalo beli pipa di toko bangunan

    ReplyDelete
  20. Judulnya keren banget, hidup ini memang keras ya saudari. Haha. Jadi kalo beli pipa pun mesti tau specnya ya yang kokoh dan tahan lama yang kayak gimana. Pantes range harganya pun bermacam-macam pipa tuh..

    ReplyDelete
  21. Wah makasih nih rekomendasinya, emang bener pipa bocor tuh malah bikin biaya lebih besar untuk menggali, mengangganti pipa, dll

    ReplyDelete
  22. Masalah per-pipa-an ini memang jarang banget diperhatikan. Karena memang jarang ketauan kalau gak ada yang anomali kan yaa..
    Aku kemarin juga bermasalah sama pipa yang buat naikin air ke tandon atas. Alhamdulilah, dengan memerhatikan lingkungan tempat tinggal, jadi banyak pengalaman.

    Pakai Pipa Rucika, pipa terbaik yang awet dan tahan banting.

    ReplyDelete
  23. aku juga pernah mengalaminya mbak, bener bener melonjak tajam. Untung diberi kemudahan sama petugasnya untuk mencicil...
    Btw, terima kasih rekomendasinya...

    ReplyDelete
  24. Wah, sedih banget yaa pipa bocor, jadi merembet ke bayar mahal. Semoga gak bermasalah lagi dengan hal seperti ini ya Mba karena ada Rucika pipa air tahan banting

    ReplyDelete
  25. Urusan perpipaan bisa jadi ruwet. Kalau masangnya kelihatan sih gonta-ganti gak masalah, yang jadi puyeng kan kalau dipendam di bawah lantai, haduuh kalau bocor harus bongkar ke mana-mana. Makasih rekomendasinya pipa Rucikanya mbak, gara-gara sering nonton iklannya di TV jadi hapal merknya, hehe

    ReplyDelete
  26. Rucika memang udah terkenal bagus dan berkualitas. Saya juga pengen menggunakan pipa rucika saat pembangunan rumah kami nanti

    ReplyDelete
  27. Wah noted nih,rucika emang kalo boleh jujur harganya agak sedikit lebih dr yg lain tapi melihat kualitasnya y g diragukan ya mbak

    ReplyDelete
  28. Pernah juga mengalami pipa bocor kayak gini. Mungkin karena rumah subsidi ya jadi asal-asalan aja pipih pipa akhirnya diganti dengan pipa yang benar2 kuat. Nah untuk pemilihan pipa sih serahin aja ke Rucika ya karena kualitas pipanya udah gak diragukan lagi

    ReplyDelete
  29. urusan perpipaan ternyata harusnya pakai Rucika ini ya. Karena kalo pipa udah bocor, duh pengeluaran tak terduga kesedot banyak, hiks. Tahan banting bener ini si Rucika.

    ReplyDelete
  30. bener banget mbak miyo, kalau bangun rumah tetap diawasi karena kadang pekerja suka gak amanah. Kejadian juga ketika aku renovasi rumah yang sekarang ditempati, kita kan masih di Malaysia, adik di Bogor ga nyawasin, jadi renovasi kayak gak direnovasi. genteng juga pada bocor padahal baru.
    untuk urusan pipa memang harus paham juga ya ibu rumah tangga. kalau saya sih agar gak dibohongi tukang, ya, kan.

    ReplyDelete
  31. Aku gak paham perpipa-an. Biasanya request untuk pilihkan yang bagus. Balada pipa bocor tuh ampun banget. Kalau ketemu yang jelek, kepanasan aja pecah

    ReplyDelete
  32. aku selalu sepakat kalau untuk hal - hal yang penting dan perlu durasi lama, kita harus mencari yang terbaik ya

    ReplyDelete
  33. Pipa Rucika yang disukai karena kuat dan kokoh.
    Bisa menjadi andalan ketika pipa di rumah ada masalah. Karena pipa ini termasuk yang urgent, harus segera dibenerin kalau sedang rusak.

    ReplyDelete
  34. Rucika ini memang udah terpercaya yaa... pokoknya kalau mengingat pipa, selalu yang teringat pasti Rucika deh. Semoga habis ini tagihan air sudah tidak melonjak lagi ya mba. Boncos juga nih kalau tagihan tinggi padahal ga dipake gitu ya.

    ReplyDelete
  35. kebetulan ni mau rehab rumah. baiklah bisa dipertimbangkan nih untuk menggunakan pipa rucika, pipa air "tahan banting" ini.

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)