Hari ke-277 di Jepang: Susahkah Mencintai Diri Sendiri?

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - October 03, 2020

 
 
 
Mungkin mulanya, kita lahir dengan kondisi sangat mencintai diri sendiri (dan juga orang lain). Kita ceria, bahagia, dan ingin sekali mengeksplor dunia. Kita begitu percaya diri bilang, "Aku princess" atau "aku superhero". Kita juga bersemangat ingin belajar apa pun dan berteman dengan siapa saja.
 
Hingga kemudian....
 
Kejadian demi kejadian datang. Kita yang tadinya memiliki kepercayaan diri sangat tinggi berubah jadi sebaliknya. Makin lama, keyakinan terhadap diri sendiri makin menipis. Hingga ekstrimnya, kita membenci diri ini.
 
Tentu saja tiap orang punya pengalaman yang berbeda. Tidak semua orang persis begini. Tulisan ini juga tidak sedang membicarakan diri sendiri. Aku cuma menulis hal-hal yang sifatnya umum dialami oleh mereka yang kukenal dan pernah curhat kepadaku. Kalau boleh kusimpulkan, poinnya sama: mencintai diri sendiri itu susah bagi orang dewasa yang sudah mengalami beragam kejadian di masa lugu. Mereka kerap masih trauma. Kalau toh jutaan teori disematkan dalam hati, jiwa, kepala, otak, dan semacamnya, segala macam luka di masa lalu itu tidak serta merta hilang begitu saja. Kadang, kita masih suka ter-trigger.

Bersyukur, ketika kita masih mau jujur dengan kelemahan ini kemudian meminta tolong Sang Maha Pencipta agar kita selalu diberi kekuatan dan keikhlasan juga kesabaran. Setidaknya, kita tidak pura-pura kuat. Kita mengakui kelemahan untuk kemudian bersandar hanya kepada Allah. Sehingga ketika kemudian merasa kuat, kita sadar sesadar-sadarnya bahwa semua itu karena izin Allah dan bukan semata-mata karena kekuatan kita sendiri. Yang repot, kalau kita denial. :)
 
Saling mendoakan ya, Temans. Apa pun perasaan kita saat ini dan apa pun perkataan orang-orang di masa lalu di masa pertumbuhan atau di masa lugu, kita tetaplah manusia berharga di hadapan Sang Pencipta.  Semangat!!

(Ditulis di dormitory Ichinoya di awal musim gugur yang sendu).
 
 
 
 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)