5 Tips Mudah Menjaga Organ Pencernaan agar selalu Sehat dan Terhindar dari Sakit

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - February 22, 2020

Organ pencernaan adalah salah satu anggota dalam tubuh yang sangat penting perannya karena berkaitan langsung dengan penyerapan nutrisi makanan. Jika organ ini mengalami gangguan, maka berbagai masalah bisa datang. Mulai dari nutrisi yang tidak terserap dengan baik, sakit perut,h munculnya penyakit seperti diare. Itulah mengapa  sangatpenting menjaga kesehatan organ pencernaan serta mengetahui bagaimana cara atau tips yang mudah dalam menjaganya.

1. Konsumsi Makanan Bersih dan Berserat

Organ pencernaan dan makanan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, penting menjaga makanan yang dikonsumsi. Agar organ pencernaan tetap terjaga dengan baik, perhatikan selalu kebersihan makanan.

Makanan yang tidak bersih atau higienis biasanya banyak mengandung kuman. Jika sampai masuk ke dalam organ pencernaan, maka kuman-kuman ini dapat menimbulkan gangguan hingga sakit perut. Selain itu, usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan kaya serat agar proses serta pembuangan sisa makanan dalam organ pencernaan dalam berjalan dengan lancar.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Dari sekian banyak jenis minuman yang ada, air putih atau air mineral yang banyak mengandung berbagai macam mineral yang dibutuhkan tubuh serta memiliki pH netral adalah yang paling baik dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak sekali pun.

Minum air putih yang cukup akan sangat membantu dalam menyeimbangkan kondisi pH dalam organ pencernaan. Jika dalam organ pencernaan pH bersifat asam, maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau melilit. Tubuh yang mendapat asupan cairan yang cukup akan terasa lebih fresh dan fit.

3. Hindari Minum Teh atau Kopi Saat Makan

Masih banyak yang menganggap bahwa minum teh atau kopi sambil makan adalah sesuatu yang wajar. Padahal ini bukanlah kebiasaan yang baik. Minuman seperti teh atau kopi jika dikonsumsi saat sedang menyantap makanan berat, seperti nasi atau lainnya, dapat mengakibatkan terhambatnya penyerapan nutrisi makanan dalam organ pencernaan. Untuk itu, hindari sebisa mungkin kebiasaan ini. Jika memang ingin minum kopi atau teh, sebaiknya beri jeda beberapa jam usai makan.

4. Lengkapi dengan Probiotik

Jika perut mulai terasa tidak nyaman atau sedang mengalami sembelit, mungkin ini tanda bahwa organ pencernaan sedang mengalami gangguan. Atasi hal ini dengan mengkonsumsi probiotik seperti yogurt, jus buah kaya serat, sereal gandum atau miso.

Probiotik juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen seperti Lacidofil. Dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen probiotik, maka akan membantu mengembalikan kerja organ pencernaan jadi lebih baik.

5. Biasakan Cuci Tangan 

Tips yang terakhir agar organ pencernaan dapat terjaga dengan baik, sehat dan terhindar dari sakit adalah dengan membiasakan perilaku baik dan gaya hidup sehat, di antaranya adalah dengan mencuci tangan. Setidaknya, saat hendak makan, usai BAB dan setiap bangun tidur, bersihkan selalu tangan menggunakan air dan sabun. Dengan begitu, kita dapat mencegah kuman masuk ke dalam perut.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)