Catatan Khutbah Jum'at Akhir Tahun

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - January 02, 2024

Khutbah ini aku dengarkan saat menunggu suami dan anakku Jumatan di salah satu masjid rest area. Pembahasannya bagus, bisa jadi reminder.



Khutbah Jum'at
29 Desember 2023
@ Masjid At-Taubah, KM 726

Salah satu anugerah yang diberikan Allah kepada manusia adalah akal. Ia membedakan manusia dengan makhluk Allah yang lain seperti hewan.

Karena sudah diberikan kelebihan akal, maka seyogyanya dipergunakan dengan baik/tidak disia-siakan.

Bentuk-bentuk mensyukuri akal yg diberikan Allah: 

1. Berpikir tentang ayat-ayat Allah: ayat qauliyah (Al-Quran) dan kauniyah (alam semesta dan hukum yang menyertainya). Dengan mentadaburi ayat-ayat Allah, maka keimanan kita kepada Allah akan semakin kuat.

2. Berpikir tentang anugerah dan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Kita yang tadinya bukan siapa-siapa dan tidak bisa apa-apa ketika lahir, sekarang bisa menjadi seseorang dan bisa melakukan banyak hal. Semua itu tidak datang begitu saja, melainkan karena izin dan anugerah dari Allah. Sebagai orang yang beriman, pastinya ktia memilih mensyukuri semua itu ketimbang mengkufuri.

3. Berpikir tentang janji-janji Allah: baik janji kepada orang yang beriman maupun janji  kepada orang yang ingkar/kufur nikmat. Memikirkan ini membuat kita tidak terlalu cinta dunia (hanya fasilitas saja) dan makin ingat dengan akhirat. 

4. Berpikir tentang siksa-siksa dari Allah yang akan melahirkan rasa ketidaksukaan kita pada ketidaktaatan atau kemaksiatan. Itulah yang menjadi pengontrol kita sehingga terhindar dari hal-hal negatif yang menjerumuskan.

5. Berpikir tentang betapa masih sedikitnya amal-amal baik kita ketimbang nikmat yang telah Allah berikan. Bawasanya, kita tidak akan masuk surga karena amal kebaikan, melainkan karena kasih sayang Allah. Berpikir tentang hal tsb akn membuat kita malu untuk sombong/riya' terhadap kebaikan yang sudah kita lakukan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)