Ini 5 Cara Cek Bukti Transfer Melalui Mutasi Rekening

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - August 27, 2022

 

Sumber foto: pexels.

 

Ketika menerima transferan uang pasti kebanyakan orang akan meminta bukti transfer ke pengirim. Tapi bagaimana cara cek rekening bank untuk melihat transaksi uang masuk jika pengirim tidak memberikan bukti transfer?

Sebenarnya caranya sangat simpel, kamu cukup melihat mutasi rekening untuk mengetahuinya. Salah satu cara cek mutasi rekening yaitu melalui aplikasi mobile banking tapi sebelum itu kamu harus daftar mbanking terlebih dahulu. 

Cara Cek Rekening Bank untuk Mendapatkan Bukti Transfer

Pada dasarnya ada berbagai cara untuk mendapatkan bukti transaksi. Selain melalui mutasi rekening kamu juga bisa melihat riwayat keluar masuknya uang dengan mencetak rekening koran.

Tapi, sayangnya mencetak rekening koran kurang praktis jika hanya untuk melihat bukti transfer, karena untuk mendapatkannya kamu harus pergi ke bank.  Nah, cara cek rekening bank yang praktis yaitu melalui mutasi rekening yang bisa kamu lakukan dengan 5 cara berikut:

1. Via ATM

Kamu bisa mendapatkan bukti transfer dengan mengecek riwayat transaksi di mesin ATM. Nantinya mesin ATM akan memberikan beberapa daftar transaksi terakhir.

2. Via Teller

Cara cek rekening bank melalui teller bisa dilakukan untuk melihat daftar transaksi di beberapa periode waktu. Cara ini memang kurang praktis karena kamu harus pergi ke bank dan antre.

3. Via SMS Banking

 

Sumber foto: pexels.

Jika, tidak memiliki banyak waktu untuk mencari mesin ATM atau pergi ke bank. Kamu bisa cek mutasi rekening melalui layanan SMS banking yang hampir tersedia di semua bank.

4. Via Internet Banking

Nah, cara cek rekening bank yang selanjutnya yaitu melalui layanan internet banking yang bisa diakses di lewat browser. Namun, beberapa bank tidak menampilkan daftar transaksi secara lengkap di layanan internet banking ini.

5. Via Mobile Banking

Kamu juga bisa mendapatkan bukti transfer melalui mutasi rekening dengan menggunakan mobile banking. Mendapatkan bukti transfer melalui aplikasi mobile banking menjadi cara cek rekening bank yang paling mudah dan praktis. 


PermataMobile X Aplikasi mBanking dari PermataBank

PermataMobile X menjadi salah satu aplikasi mbanking yang patut kamu pilih untuk menunjang berbagai transaksi harianmu. Layanan perbankan dari PermataBank ini tidak hanya menawarkan kemudahan dalam daftar mbanking namun juga memiliki keunggulan lain, seperti:

Canggih dan Lengkap

Aplikasi mbanking dari PermataBank ini memiliki ratusan fitur perbankan yang mempermudah para nasabah melakukan berbagai transaksi, termasuk Cek rekening bank dan cek daftar transaksi dengan mudah di semua jenis akun PermataBank yang dimiliki nasabah hingga transaksi dalam 12 bulan terakhir.


Sangat Praktis 

Nasabah bisa mengecek semua akun PermataBank yang mereka miliki hanya dalam satu layar. Di aplikasi mbanking ini nasabah juga bisa membuat rekening tabungan baru, cek mutasi, transfer, isi ulang, bayar tagihan, membat kartu kredit, berinvestasi hingga mengajukan pinjaman KTA.

Dengan aplikasi PermataMobile X kamu bisa cek rekening bank tanpa ribet. Tidak hanya itu saja layanan mbanking ini juga memiliki beberapa fitur unggulan lain yang di antaranya:

Cek rekening bank untuk melihat mutasi hingga dalam 12 bulan terakhir 

Bisa bayar berbagai tagihan, mulai dari tagihan air, telepon, layanan internet, telepon dan lainnya

Isi ulang pulsa dan token listrik, top-up e-wallet hingga voucher game bisa kamu lakukan di sana

Pengguna bisa transaksi Reksa Dana dengan mudah mulai dari transaksi pembelian, penjualan, hingga switching investasi

Fitur QR Pay mempermudah pengguna melakukan transaksi di berbagai toko/merchant, cukup dengan scan barcode pembayaran di merchant tempat pengguna melakukan transaksi 

Pengguna bisa cek rekening bank, buka rekening tabungan baru, membuat kartu kredit, berinvestasi hingga mengajukan pinjaman KTA secara online 

Fitur Mobile Cash akan mempermudah pengguna melakukan tarik tunai di seluruh gerai Indomaret. Caranya buka aplikasi lalu pilih “Menu Lainnya”, kemudian pilih “Mobile Cash”, selanjutnya pilih “Indomaret”. Setelah itu, masukkan nomor handphone dan cash code atau token akan dikirim, berikan code cash tersebut ke kasir Indomaret dan tarik tunai pun berhasil dilakukan. Info lebih lanjut: https://www.permatabank.com/id/article/mobilecash 

Fitur WhatsApp Gift ialah fitur transfer dilengkapi beragam pilihan kartu ucapan yang menarik ke nomor WhatsApp penerima. Untuk menggunakan fitur ini pengguna tidak memerlukan nomor rekening bank penerima

Pengguna bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit 

Bagaimana apa kamu tertarik menggunakan PermataMobile X? Yuk segera daftar mbanking PermataMobile X agar bisa bertransaksi dengan mudah dengan cara berikut:

1. Unduh aplikasi PermataMobile X melalui Play Store atau App Store, lalu install aplikasi tersebut.

2. Buka aplikasi PermataMobile X, lalu klik ‘mulai’.

3. Akan ada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, silahkan jawab “Ya” jika kamu memilikinya, sebaliknya.

silahkan jawab “Tidak” jika kamu tidak memilikinya. Selanjutnya kamu akan dipandu untuk pembuatan rekening terlebih dahulu.

4. Pada pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID Permata Mobile X?”, silahkan jawab “Tidak”.

5. Pilih akan melanjutkan registrasi menggunakan nomor rekening atau kartu kredit.

6. Ikuti petunjuk berikutnya hingga kamu mendapatkan user ID.

Bagaimana cara daftar PermataMobile X mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi segera daftarkan diri dan manfaatkan semua fitur-fitur canggihnya untuk memenuhi kebutuhan transaksimu. 


  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Menurut saya, aplikasi PermataMobile punya tampilan yang menarik dan mudah dipahami. PermataMobile juga bisa dibilang sebagai aplikasi jual beli terpercaya di Indonesia. Karena aplikasi ini gak sendiri, developer dan pihak Permata harus terus menerus melakukan inovasi, supaya tidak ketinggalan dan yang jelas aman untuk nasabahnya.

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)