Hari ke-94 di Jepang: Cara Menjangkau Kyoto dari Tsukuba dan Sebaliknya

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - April 03, 2020


Postingan tentang Kyoto kali ini adalah bagaimana caranya ke sanaa dari tempat tinggalku sekarang, Tsukuba, dan gimana cara pulangnya. Menurutku, pengetahuan pergi dan pulang ini penting banget, lhoh. Apalagi, kalau kita pergi ke tempat baru. Tentu alasan utamanya ya biar enggak nyasar. Sayang banget kan kalau udah jauh-jauh terus nyasar. Selain buang uang juga buang waktu.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara ke Kyoto, aku akan infokan posisi tempat tinggalku dan tempat tujuan biar ada gambaran.


Dari gambar di atas, bisa dilihat kalau jarak Tsukuba dan Kyoto lumayan jauh, sekitar 500-an km kira-kira.

Truss, gimana cara ke sana??

Bersyukur, moda transportasi di Jepang ini sangat-sangat enak dan mudah dipahami, termasuk oleh orang asing atau yang baru tinggal di sini sepertiku. Tinggal browsing aja, informasi udah melimpah. Yang ada juga malah bingung mau milih pakai apa.

Adapun untuk ke Kyoto ada beberapa cara, yaitu:

1. Menggunakan pesawat. Terbang dari Haneda atau Narita, dari Ibaraki Airport enggak ada. Waktu tempuh kira-kira sejaman. Opsi ini jelas enggak kami pilih. LOL.

2. Menggunakan mobil, sewa mobil. Waktu tempuh kira-kira enam jaman. Berhubung suami belum convert ke SIM internasional, jadi ini pun enggak kami pilih. 

3. Menggunakan bus, yang memakan waktu kira-kira 8 - 9 jam-an. Ini pun kami coret dari daftar. Kasihan Taka juga kalau terlalu lama di bus meski dia tipe anak yang nriman.

4. Opsi yang menjadi pilihan kami: naik shinkansen. Alasannya: waktu tempuh enggak lama, aku dan Taka ingin nyoba (karena kalau suami udah pernah pas ke Jepang 2011 silam), dannn... pas ada promoo. Alhamdulillah, rezeki enggak boleh disia-siain, yes.

Pas berangkat, 9 Maret kemarin, seperti ini rute kami:

1. Dari Ichinoya ke Tsukuba Senta dengan bus C10

2. Dari Tsukuba Senta kemudian lanjut ke Tokyo. Ada dua cara: naik Tsukuba Express turun di Akihabara kemudian lanjut ke Tokyo Station atau langsung naik bus dari Tsukuba Senta. Kami memilih cara kedua biar hemat. Jiwa akuntansiku berteriak secara. LOL.

3. Dari Tokyo Station, barulah naik Shinkansen menuju Kyoto. Dengan jarak 500-an km, waktu tempuh hanya dua jam-an. Mayan banget, kan.

Sedangkan pas pulang, 11 Maret, rutenya seperti ini:

1. Dari Kyoto Station langsung naik shinkansen menuju Tokyo Station.

2. Dari Tokyo ke Akihabara menggunakan Yamanote Line.

3. Dari Akihabara langsung ke Tsukuba Senta menggunakan Tsukuba Express.

4. Dari Tsukuba Senta ke Ichinoya, pakai bus C10.

Meski gonta-ganti moda transportasi, tapi kami (lebih-lebih bocah) sangat menikmati. Jujur aja, transportasi publik di Jepang ini benar-benar juaraaa. Seenggaknya selama di sini ya emang itu yang kurasakan: aman dan nyaman. Semoga coronavirus segera pergi biar bisa menikmati transportasi publik lagi. Aamiin.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)