Bagaimana Rasanya Tinggal di Jepang?

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - August 17, 2018



Ke luar negeri, entah itu untuk jalan-jalan atau tinggal, masih menjadi impian banyak orang. Enggak terkecuali, yang punya blog ini. Huehehe. Ya, tidak bisa dimungkiri memang jika segala sesuatu yang berhubungan dengan negara maju selalu membuat kita tertarik. Kurasa ini wajar dan normal. Aku sendiri kerap terpesona dengan taatnya orang Jepang terhadap peraturan. Melakukan fraud adalah aib. Mereka seolah malu jika melanggar peraturan. Tidak ada istilah, "peraturan dibuat untuk dilanggar!". :)

Jujur, aku penasaran seperti apa keseharian di Jepang sehingga bisa menjadi negara seperti yang kita lihat sekarang.

Dari yang kubaca di bukunya Mbak Weedy Koshino berjudul "Unbelievable Japan 2" dijelaskan bahwa Jepang adalah salah satu negara teraman dan ternyaman. Ehm, serasa mendapat privilege ya yang lahir, tumbuh, dan berkembang di sana. Antara terharu sama jealous. LOL.

Tentu, aku sangat mencintai Indonesia biar bagaimana. Tempatku lahir, tumbuh, berkembang, sekolah, kuliah, kerja, dapat jodoh, dan semuanyaa. Aku juga tidak mau membanding-bandingkan negaraku dengan yang lain jika hanya untuk dijelek-jelekkan. Buang-buang waktu dan malah bikin tambah ngenes. Wkkk. Tapii, tentu aku sangat sangat sangat terbukaa untuk mau belajar dari negara yang lebih maju. At least, hal-hal positifnya bisa kutiru. Yaa, walaupun penerapannya hanya di lingkup kecil yakni keluarga atau paling banter komunitas/lingkungan, tapi mendinglah ya daripada tidak sama sekali. 

Pun tentang Jepang. Aku ingin belajar banyak hal positif dari negara matahari terbit tersebut tidak hanya dari buku atau artikel, tapi melihat dan mengamatinya secara langsung. Jika disuruh memilih antara jalan-jalan atau tinggal, my answer is.... Honestly, I prefer living to traveling in Japan. Bukannya ngelunjak, tapi setidaknya kalau tinggal meski hanya untuk beberapa bulan saja misalnya, aku ada kesempatan untuk belajar dan mengamati lebih banyak. 

Lalu, gimana rasanya tinggal di Jepang? Kata teman-teman yang udah pernah ngerasain sih enak. MaasyaaAllah. How lucky you are, friends. :)

Sebenarnya, merealisasikan mimpi untuk tinggal di luar negeri zaman sekarang itu lebih mudah dibandingkan duluu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Kerja
2. Sekolah lagi, ini yang lagi diusahakan suamiku 
3. Ikut pertukaran penulis kurang lebih tiga bulan. Ini pernah kuusahakan, tapi karena hamil jadi kurelakan. Anak lebih pentinglah apalagi nunggunya udah bertahun-tahun.
4. Ada ide lain??

Aku tidak tahu apakah nanti diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa tinggal di Jepang atau negara lain misal Korea Selatan wkkk (yaakaaleee), tapi yang jelas sekarang usaha dulu, belajar dulu, dan mbatin alias berdoa dulu. Kuyakin, Allah pasti memberi yang terbaik. Aamiin.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)