Hari Ketiga Aerobik

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 03, 2019


Assalamu'alaikum. Sahabat sehat, apa kabar? Semoga selalu baik, cerah, ceria, dan bahagia. Aamiin.

Ada nggak yang di bulan Maret ini salah satu targetnya adalah rajin olahraga? Kalau iya, tos, kita sama. Saya juga. Hehe.

Terhitung mulai 1 Maret kemarin, setiap hari, saya menyisihkan waktu 30 menit saja untuk aerobik. Kenapa pilih itu? Karena saya memang menyukainya. Saya pikir, yang namanya olahraga tuh harus bahagia, jangan tertekan. Nahh, olahraga yang bikin saya bahagia atau ngelakuinnya senang hati ya aerobik.

Sebenarnya selain aerobik, saya juga suka nggowes, zumba, lari, dan jalan sehat. Tapi untuk saat ini, yang bisa saya lakukan di rumah ya aerobik itu. Kalau kalian apa? Dan, kenapa memilihnya?

Motivasi saya ingin rajin olahraga tentunya biar sehat dan bugar. Yang lain, bonus. Dan lagi, saya pernah baca di mana lupa tepatnya, kalau enggak salah di jurnal kesehatan, yang intinya kita tuh wajib olahraga seenggaknya 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Dengan asumsi, dua hari untuk istrahat.

Sebenarnya, buat saya, olahraga bukanlah hal yang baru. Tapii, salahnya adalah enggak konsisten dan sakkarepe dewe alias sesuka-suka guwee. Xixixixi. Saya rasa, yang seperti ini banyaakk. Hahah.

Sebelum menikah, misalnya, saya termasuk gadis yang rajin bersih-bersih rumah dari a sampai z. Namany gadis kampung kan rata-rata gitu, yes. Mana ada yang menjong alias manja. SD aja udah bisa masak nasi sendiri. Ye, kaan. Nahh, beragam kegiatan rumahan itu kan juga olahraga, ya.

Enggak hanya itu, dulu ke mana-mana sering jalan kaki. Ini juga sama aja dengan olahraga. Malah, saya pernah juga jalan kaki dari kampus (Brawijaya) ke terminal Landungsari. Bukan karena gerak jalan, bukaan. Tapi, karena lagi kesal sama doi (yang sekarang udah jadi suami). Alhasil karena lagi kezell ya udah ya siang-siang pas pulang kuliah jalan kaki aja dari kampus ke terminal sebagai bentuk pelampiasan emosi. Mayan sih, sampai terminal gak pengin marah lagi. Saya masih ingat peristiwa unfaedah itu. Sungguh, sebuah hal yang nista dan gak penting banget. Alhamdulillah, dulu pernah alay, sekarang waras. Alhamdulillah. Daripada sebaliknya. Yekan. Setiap orang punya masa lalu, Gaes. 

Setelah menikah, beberapa kali saya nggowes dengan tetangga (pas masih tinggal di Deltamas). Di Balikpapan, saya juga mayan sering nggowes sama suami pas akhir pekan (dari rumah ke lapangan merdeka kadang-kadang kebun sayur). Atau kalau enggak ya senam sama ibu-ibu.

Jadi, intinya... saya tuh suka olahraga. Cuma salahnya saya adalah... seperti yang sudah saya tulis di atas: ENGGAK KONSISTEN. Harusnya nggowes tuh tiap minggu atau malah tiap hari. Harusnya senam tuh setiap hari. Harusnya pilihan jenis senam pun enggak ganti-ganti. Begitulah.

Makanya, di bulan Maret ini, saya pengin konsisten. Kalau di Januari dan Februari masih suka gonta-ganti gerakan senam atau gerakan yang lain, nahh... di bulan ini saya pengin konsisten. Saya pilih satu jenis aerobik dan lakukan tiap hari.

Dan, dari sekiaan banyaakk jenis senam aerobik yang berceceran di Youtube, saya pilih ini. Gerakannya mudah, tapi sungguh... bikin gobyos alias keringetan bangett. Mayanlah ya 200 - 400 kalori "tewas", begitu menurut info yang saya dapat dari situs hellosehat tentang jumlah kalori yang terbakar dari aerobik selama 30 menit.

Seperti senam aerobik pada umumnya, senam aerobik yang saya pilih dari channel youtubenya skwad fitness ini juga punya 3 gerakan utama: pemanasan, inti, dan pendinginan. Gerakan paling favorit ada di bagian inti nomor 2, boxing. Xixixi.

Sejauh ini sih lancar-lancar aja. Saya juga ngerasa enteng dan lebih bugar. Moga-moga bisa konsisten sampai tanggal 31 Maret, yaa.

Semangat olahraga juga buat kaliann!! Yuukkk!! Sehat jiwa raga pikiran!!

  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. Semangat, Mbak Miyosi... Kangen bs aerobic- an lg... td saya jogging aja. kl saya aerobic di sanggar senam. Hmm kapan ya bs sendiri aja di rumah. Belum nyoba soalnya tkt diketawain suami n anak" 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi makasih mbaa
      Jogging seruuu mbaa
      Ahh... pengin nanti sama bocahh n ayahny bocah hehe

      Delete
  2. Aku sekarang lagi hobi jalan pagi selingi jogging. Lumayanlah bikin keringat

    ReplyDelete
  3. Wkwkwk.. sebuah kesel yg unfaedah tp bikin kurus. Klo tak liat di Map itu jauh ya dr kampua ke terminal 😀😀

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)