5 Alasan Kenapa Memilih Gramedia Digital, Pecinta Buku Harus Tahu

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - March 12, 2019


GRAMEDIA DIGITAL
Inilah nama aplikasi yang ingin saya bahas kali ini. Teman-teman pecinta dan penikmat buku mungkin sudah sangat familiar, ya.

Sebenarnya, perkenalan saya dengannya sudah cukup lama. Sejak zaman namanya masih SCOOP. Namun saat itu, saya belum jadi pengguna. SCOOP sendiri saya tahu karena seseorang, pihak SCOOP, mengirimi saya pesan di Linkedin 2013 silam. Seperti ini pesannya:


Beberapa tahun kemudian, SCOOP beralih nama jadi GRAMEDIA DIGITAL karena diakuisisi Gramedia. Begitu sih info yang saya dengar. Tolong koreksi ya kalau salah.

Meski sudah mengenal lama, tapi saya baru menjadi pengguna aktif saat pindah dari Balikapapan. Sebagai nomaden (tinggal sesuai dengan suami ditempatkan), saya semakin sadar bahwa keberadaan buku fisik menjadi salah satu "penghambat" mobilitas. Iya kalau cuma satu dua, kalau sebaliknya. Ya, walaupun sebagian sudah disumbangkan, tapi ternyata jumlahnya masih tetap tidak bisa dibilang sedikit. Seengaknya, ongkirnya masih bikin keselek. Xixixi.

Berawal dari situlah, saya mulai beralih dari penikmat buku fisik ke ebook.

Lalu, kenapa GRAMEDIA DIGITAL? Seenggaknya, ada 5 alasan yang membuat saya betah.


1. Ada program premium
Sumber: gramedia digital
Hanya dengan Rp89.000,00 per bulan, kita udah bisa baca buku sepuasnyaa. Download semaunya. Sebenarnya, promonya enggak cuma paket premium, cuma kalau saya sih milihnya yang itu.

2. Lebih hemat
Ini masih berkaitan dengan paket premium. Bayangin aja kalau kita harus beli buku yang semisal per bijinya Rp60.000,00. Kalau beli 5 udah Rp300.000,00. Sedangkan kalau pakai paket premium, cukup Rp89.000,00 per bulan, kita sudah bisa menikmati semuanya. Ya meskipun enggak semua buku sih masuk paket premium. Tapi kan lumayan. Dari sisi pembaca, sungguh... ini adalah nikmat Allah mana yang kamu dustakan. Ya, nggak.

3. Legal
Enggak usah khawatir karena ebook yang dijual di sini tentu saja legal. Jadi ya enggak perlu baca dengan perasaan penuh dosa. Heheh.

4. Buku-buku lama yang udah enggak tersedia di toko buku fisik, masih bisa kita dapatkan di sini.
Buku-buku saya di gramedia Digital
5. Enggak perlu ke toko buku, cara pakainya mudah
Cukup dengan download aplikasi GRAMEDIA DIGITAL di playstore, kita sudah bisa menikmati buku yang kita mau. Segampang itu. Dan seperti aplikasi lainnya yang sejenis, jika ingin menggunakannya, kita harus lebih dulu register. Sedangkan kalau ingin membeli, cara pembayarannya ada dua jenis: kartu kredit atau internet banking. Duluuu sih saya sempat njamani bayar pakai pulsa.


Adanya Gramedia Digital dengan segala kelebihannya ini seolah ingin membuktikan bahwa enggak ada lagi alasan untuk enggak membaca hanya karena alasan enggak tahu mau baca apa, beli apa dan di mana, atau alasan lainnya. Ya, kaann.

Buat kalian yang sudah jadi pengguna setia seperti saya, keuntungan apa nih yang sudah kalian rasakan selain 5 poin yang sudah saya sebutkan di atas. Dan buat yang belum, tertarik nggak buat mengikuti jejak? Heheheh.

  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Buku bestseller terbaru kaya misalnya bukunya Mark Manson itu ada nggak? Tertarik sih sebenarnya buat nyoba. Nggak ada versi free trialnya ya? Abis nggak yakin nyaman baca buku digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayakny ada mb
      Kemarin buku best seller punya henry manampiring ada sih
      Buku best seller lainny juga ada kayakny
      Kalau free trial di playstore mb bisaaa

      Delete
  2. Kalau saya tertarik juga ingin beralih ke buku digital mba, tapi ya ituu transaksinya yg agak menyulitkan karena harus pakai kartu kredit atau i banking

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inilah
      Di playstore baca komen3ny banyak yg demo juga
      Padahal dulu tuh pakai pulsa bisaaa huhuhu

      Delete
  3. Saya juga sih mbak, sering baca digital. Tapi belakangan ini mata sering pedih kalo kebanyakan natap layar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mb
      Maren aku tuh sampek yg kekurangan air mata
      Bener2 superkeringpedes deuh
      Emng ini kelemahanny y mb

      Delete
  4. Wah ini menarik banget! Sebelumnya aku pernah dengar soal Gramedia Digital tapi belum pernah cobain. Thanks infonya ya Mbak. :D

    ReplyDelete
  5. Apakah unduh semaunya, e-books tersimpan di HP dan bisa dipindahkan ke PC? Dan setelah masa 30 hari lewat dan memutuskan tdk perpanjang, buku yg sudah diunduh masih bisa dibaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mas
      Setelah 30 hari harus perpanjangan
      Kalau enggak y kita g bisa baca lagi
      Fair sih menurut saya

      Delete
  6. Mau tanya.
    Kalau saya cuma langganan premium 1 bulan. Bln depan sdh ga langganan lagi. Apakah buku2 yg sdh didownload msh tersimpan atau hilang? Jd rencana langganan 1 bulan aja, trus download sebanyak ya gitu.... Biar hemat.

    Di tengah pendemi Corvid, kita kan diminta mengkarantina di rmh. Jd teman supaya ga bosan membaca buku2 dan majalah. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.. kayak nya gak bisa deehh.. kalo enggak perpanjang kita gak bisa baca lagi buku nya..

      Delete
  7. Mau tanya mbak, kalo dari gramedia digital, kita beli buku (bukan langganan premium), kira2 bisa didownload terus pindahin ke ebookreader kaya di google playbook nggak ya? Soalnya saya lebih nyaman baca di ebook reader, daripada di hp, trims

    ReplyDelete

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)