Etc

13 Tips Mudah Menjadi MC

By miyosi ariefiansyah (bunda taka) - January 09, 2019


Dalam pandangan umum, menjadi MC mungkin bukan hal yang sulit bagi mereka yang hobi cuap-cuap. Tapi, tidak demikian bagi yang enggak terlalu suka ngomong. Padahal, belum tentu. Enggak sedikit orang yang dalam keseharian suka ngomong, tapi saat didapuk jadi MC enggak mau atau mengalami kesulitan. Sementara di sisi lain, banyak juga yang dalam keseharian biasa aja, tapi cas cis cus lancar saat bertugas jadi MC.

Artinya apa? Semua orang bisa jadi MC (kalau mau).

Tulisan tentang MC ini sebenarnya pernah saya posting di blog www.rumahmiyosi.com, tapi berhubung saya enggak menggunakannya lagi, jadi ya udah... semua tulisan di sana terhapus. Untungnya saya selalu punya backup-annya di laptop.

Dan sekarang, saya posting lagi dengan revisi sana sini karena seorang adik bertanya tips menjadi MC. Ya sudah, daripada disimpan saja mendingan saya republish. Siapa tahu, ada juga teman-teman di luaran sana yang butuh.



Gimana sih cara jadi MC?

Sebenarnya, tips yang saya bagikan di sini bukan karena merasa sangat ahli, bukaan. Saya cuma sekadar berbagi pengalaman pribadi saja menjadi MC sejak SMP.

Ya, benar. Saya menjadi MC pertama kali memang saat masih SMP di acara Peringatan Maulid Nabi kemudian berlanjut ke Perpisahan Sekolah. Sosok yang berjasa besar dalam membimbing saya waktu itu adalah Pak Zainuddin. Beliau mengajarkan bagaimana teknik pernapasan yang baik agar enggak tersendat pas lagi enak-enaknya ngomong. Beliau juga yang memberikan tips cara mengucapkan kalimat per kalimat dengan jelas. Dan tentu tidak lupa, beliau mengajarkan bagaimana cara mengatasi grogi atau demam panggung. Selain dari beliau, saya juga banyak belajar dari kakak kandung yang lebih dulu terjun.

Bermula dari menjadi MC saat SMP itulah yang kemudian berlanjut menjadi MC di acara-acara yang lain. Misalnya, Peringatan HUT RI, nikahan, perpisahan sekolah lain, moderator Kang Abik di acara bedah film "Cinta Suci Zahrana", hingga acara arisan bulanan sampai peringatan hari besar yang diselenggarakan IWABA dan PIPEBI Balikpapan saat masih aktif sebagai sekretaris di sana.

Meskipun bukan MC skala nasional atau bahkan internasional, ya siapa tahu nanti bisa ya heheheh, tapii... tetap saja butuh effort agar acara yang dipegang lancar.

Dan sebenarnya, tips jadi MC yang baik itu enggak ada selain LATIHAN dan LATIHAN. Jam terbang memang sangat berpengaruh. Ini enggak bisa dimungkiri. Jadi MC enggak jauh beda dengan nyetir kendaraan. Semakin sering praktik, semakin lancar. Bila pun ada tips lain selain latihan, palingan ini (berdasarkan pengalaman pribadi dan ajaran guru):
  1. Kuasai materi, jangan sampai enggak
  2. Lihat siapa audience karena beda audience ya pasti beda gaya bahasa
  3. Lihat juga kita nge-MC-nya untuk acara apa: 17-an atau nikahan atau seminar? Karena beda acara ya pasti beda rasa
  4. Jangan terlalu banyak makan karena bisa cegukan. Mungkin ini sepele dan kadang-kadang enggak diperhatikan, tapi coba bayangkan kalau pas tengah-tengah nge-MC kita cegukan, enggak lucu ya.
  5. Senyum di awal untuk menghindari grogi, tapi jangan terlalu banyak tersenyum. Senyum yang dimaksud di sini adalah senyum berwibawa, bukan tertawa enggak jelas.
  6. Yang membuat seseorang grogi ketika nge-MC kadang-kadang bukan audience-nya apalagi jika sudah saling kenal, tapi lebih ke suasana acaranya yang resmi. Itu sebabnya, penting untuk bersikap santai sejak awal. Santai bukan berarti menyepelekan. Santai, tapi serius tentunya.
  7. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang rapi dan sopan agar audience tidak gagal fokus, maksudnya terlalu mengamati MC-nya sampai enggak ngeh dengan apa yang disampaikan. Enggak lucu, kan.
  8. Sesuaikan juga dengan dress code
  9. Kita bisa survei terlebih dulu sehari sebelumnya atau beberapa jam sebelum acara agar feel atau chemistry atau penjiwaannya dapett. Karena pastinya beda banget ya nge-MC yang sepenuh hati dengan nge-MC yang sekadar menyampaikan tanpa rasa
  10. Catatan kecil is okay buat contekan biar enggak lupa, walau ini optional
  11. Untuk menghindari gagap atau belibet, maka bicaralah yang jelas dan tegas serta jangan terlalu cepat
  12. Jaga sikap selama acara
  13. Berdoa
Nahh, itu tadi tips dari saya berdasarkan pengalaman pribadi jadi MC selama ini. Buat kalian yang punya tips lain, silakan berbagii. Sedangkan buat kalian yang ingin/akan/diberi tugas jadi MC, semoga lancar, ya.

Semoga bermanfaat!



  • Share:

You Might Also Like

1 comments

Makasih udah ninggalin jejak yang baik ya, Teman-teman! :)